Sekitar 24 tahun yang lalu sebelum cerita saat ini mulai, sosok raja bajak laut, Gol D. Roger, harus merima hukuman mati oleh angkatan laut. Dalam proses eksekusinya sendiri, Roger memintanya untuk dilakukan di Logue Town. Kematian dari Roger ini menjadi awal dari sebuah era baru bajak laut di dunia One Piece. Namun, ada banyak misteri yang kemudian muncul dari peristiwa ini.

Seperti yang kita ketahui, bahwa Roger menderita sebuah penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Selain itu, Roger juga merasa bahwa dia sudah mendapatkan semua yang dia inginkan setelah berhasil menaklukan seluruh Grand Line termasuk pulau terakhir, Laugh Tale. Sebelum hidupnya benar-benar berakhir, Roger membubarkan kru bajak lautnya karena dia merasa semuanya sudah selesai.

Berbicara mengenai petualangan Roger, seperti yang kita ketahui bahwa Roger dan krunya berhasil pergi ke Laugh Tale. Namun, mereka datang terlalu cepat yang mana akhirnya membuat kedatangan mereka seolah tidak terlalu memberikan arti. Karena, bukan sosok Roger yang dicari. Ada sosok lain yang akan muncul pada 800 tahun yang akan datang, di mana sosok tersebut akan membawa perubahan.

Saat Roger berada di Laugh Tale, dia kemudian mengetahui tentang sosok Joy Boy. Untuk saat ini, siapa sebenarnya Joy Boy masih menjadi misteri besar. Yang pasti, dia adalah seseorang yang penting bagi perubahan besar dunia. Dan yang menarik adalah ada spekulasi yang menyebutkan bahwa Roger sengaja mencari keberadaan buah iblis Nika untuk mewujudkan mimpi Joy Boy.

Mimpi Joy Boy

Oda Sensei sendiri masih belum memberikan informasi lengkap apa yang kemudian menjadi mimpi dari Joy Boy. Namun, dalam Poneglyph permintaan maaf yang ada di pulau manusia ikan bisa kita tarik kesimpulan bahwa dia ingin menghadirkan perubahan besar di dunia. Hal ini bisa kita lihat dari bagaimana upayanya untuk membawa para manusia ikan ke daratan.

Namun, karena satu hal, rencana besar tersebut tidak pernah terwujud. Inilah yang kemudian menjadi alasan mengapa Joy Boy membuat permintaan maaf. Roger dan kru lainnya yang berada di Laugh Tale tentunya sudah tahu apa yang kemudian menjadi keinginan Joy Boy. Dan karena mereka datang terlalu cepat, mereka ingin generasi selanjutnya – yang tidak lain adalah anaknya – yang kemudian akan mewujudkan mimpi tersebut.

Lalu, bagaimana kemudian Roger berusaha mewujudkan mimpi Joy Boy itu? Tidak lain dengan mencari keberadaan buah iblis Gomu Gomu no Mi/Hito Hito no Mi, Model: Nika. Roger kemungkinan membaca Poneglyph yang mana isinya menjelaskan bahwa Joy Boy memiliki koneksi dengan buah iblis tersebut. Dengan kata lain, dia adalah pengguna sebelumnya dari buah iblis itu. Atau bisa juga buah iblisnya memiliki semangat atau tekad dari Joy Boy.

One Piece: Fakta dan Teori dari Joy Boy Terungkap - Ekstensium

Inilah yang kemudian menjadi misi terakhir Roger yang dia berikan kepada krunya, yaitu mencari keberadaan buah iblis Nika. Ada kemungkinan jika Roger memberikan tugas ini kepada Shanks, yang mana kemudian dia dan krunya lakukan pada 12 tahun yang lalu. Shanks mencuri buah iblis tersebut dari kapal Pemerintah Dunia. Ada kemungkinan jika Shanks hendak memberikannya kepada Ace, anak dari Roger.

Namun, justru yang terjadi adalah Luffy tidak sengaja memakannya. Dan akhirnya, singkat cerita, dengan Luffy sudah memakan buah iblisnya dia pun seperti yang kita lihat sekarang. Meskipun pada awalnya dia marah dan kecewa, namun Shanks sepertinya sudah mulai berani bertaruh terhadap Luffy setelah apa yang terjadi di mana dia sangat mirip dengan sosok Roger.

Buah Iblis Nika

Selama ini, para fans selalu diperkenalkan buah iblis Luffy tersebut sebagai Gomu Gomu dan merupakan buah iblis berjenis Paramecia. Ternyata, buah iblis Luffy tersebut adalah Hito Hito no Mi, Model: Nika dan buah iblis ini adalah buah iblis berjenis Zoan. Gorosei sendiri menyebutkan bahwa buah iblis ini adalah buah iblis paling mengerikan di dunia.

Menurut penjelasan Gorosei, buah iblis Nika memberikan penggunanya kemampuan untuk menjadi manusia karet dan bertarung dengan rasa kebebasan yang tinggi. Yang lebih penting adalah buah iblis ini memiliki sebuah kekuatan besar yaitu mampu menyebarkan kebahagiaan dan tawa kepada semua orang, dan mampu membebaskan mereka yang tertekan.

Read One Piece 1044: Gomu Gomu's Devil Fruit True Power Revealed | Dunia Games

Tentunya ada alasan mengapa kemudian Roger mencari buah iblis tersebut, dan kemudian dia serahkan kepada generasi selanjutnya. Seperti yang Gorosei pernah ungkapkan, mereka sudah sejak 800 tahun lalu mencari buah iblis itu. Namun, buah iblisnya selalu menghindar dan berhasil untuk “kabur”dari upaya Pemerintah Dunia mendapatkannya. Artinya, mereka sadar akan kedahsyatan buah iblis tersebut.

Dari mana mereka tahu? Karena, Joy Boy kemungkinan menggunakannya pada zaman dahulu untuk menghadirkan perubahan besar dunia. Sayangnya, karena alasan tertentu Joy Boy kemudian kalah dan tewas. Buah iblisnya pun menghilang, sebelum kemudian Pemerintah Dunia berhasil mendapatkannya dan kembali hilang setelah Shanks curi. Buah iblis Nika adalah salah satu kunci terwujudnya mimpi Joy Boy itu.

Luffy dan Joy Boy

Kejutan besar kemudian muncul di chapter sebelumnya, di mana Zunesha mengonfirmasi bahwa Luffy adalah sosok Joy Boy yang baru. Apakah ini ada kaitannya dengan buah iblis Nika yang dia konsumsi? Bisa jadi. Meskipun begitu, tetapi Luffy sepertinya adalah sosok yang sudah sejak lama dinantikan untuk mewujudkan mimpi Joy Boy tersebut. Dan sosok itu bukanlah Ace seperti dugaan Roger.

Seperti yang kita ketahui, bahwa Oda sangat senang menghadirkan paralel atau kesamaan antara satu peristiwa dengan peristiwa lain. Atau antara satu karakter dengan karakter lain. Luffy memiliki kesamaan dengan sosok Roger sang raja bajak laut, namun Luffy memiliki apa yang tidak Roger miliki yaitu buah iblis Nika. Seperti yang disebutkan di atas, bahwa buah iblis ini kemungkinan adalah salah satu kunci perubahan dunia.

Dengan Luffy yang memiliki kekuatan buah iblis Nika dan terkonfirmasi bahwa dia adalah Joy Boy selanjutnya, artinya hanya tinggal masalah waktu sebelum Luffy benar-benar mewujudkan mimpi Joy Boy sebelumnya. Jadi, kesimpulannya adalah alasan Roger mengincar buah iblis Nika adalah karena ingin mewujudkan mimpi besar Joy Boy yang mana dia ingin anaknya yang melakukannya. Namun, faktanya, justru Luffy yang akan mewujudkan hal tersebut. Salah satu alasannya adalah karena dia memiliki kekuatan buah iblis Nika.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.