Setelah sekian lama membuat penggemar penasaran, akhirnya HBO merilis trailer perdana serial The Last of Us di saluran Youtube resminya. Dalam trailernya kita bisa melihat secara sekilas kengerian yang harus manusia hadapi saat wabah zombie Cordyceps menyebar. Wabah yang menular dari sejenis jamur ini telah mengubah sebagian besar manusia menjadi zombie pemakan daging yang mengerikan. Di mana kita bisa melihat contoh zombie Clicker di salah satu cuplikan trailernya.

Clicker sendiri adalah satu dari sekian banyak jenis zombie yang ada di semestanya. Sebagai tayangan yang mengadaptasi kisah dari game berjudul sama, kemungkinan besar serial The Last of Us juga akan menghadirkan zombie selain Clicker. Yang umumnya terbagi menjadi beberapa jenis zombie, mulai dari zombie yang biasa saja sampai zombie yang sangat besar dan mengerikan. Sebelum mereka muncul nanti, alangkah baiknya kita kenali terlebih dahulu lima jenis zombie mengerikan di The Last of Us!

Runner

Runner adalah zombie Cordyceps pertama yang paling sering manusia temui di semestanya. Secara penampilan, Runner sendiri mirip seperti penggambaran zombie pada umumnya. Di mana fisiologi mereka masih mirip seperti manusia, bedanya hanya terletak pada karakteristiknya yang lebih buas. Sesuai dengan namanya, Runner adalah zombie yang akan langsung berlari mengejar mangsanya dengan sangat agresif. Sebenarnya untuk membunuh seorang Runner tidaklah sulit, karena daya tahan tubuh mereka sama seperti manusia biasa. Namun, karena jumlahnya yang sangat banyak, menghindari para Runner akan jauh lebih baik daripada langsung membunuhnya.

Stalker

Jika seorang Runner mampu bertahan hidup untuk waktu yang cukup lama, perlahan-lahan dia akan berubah menjadi Stalker. Ciri-ciri Stalker sendiri dapat dengan mudah kita kenali dari sebagian kepalanya yang sudah ditumbuhi jamur. Tidak seperti Runner, Stalker terbilang lebih cerdas dan mengerti keadaan sekitarnya. Ketika mendengar suara dari manusia dia akan langsung bersembunyi dan menunggu saat yang tepat untuk menyerang. Seakan-akan dia telah beradaptasi dengan manusia yang biasanya langsung membunuh Runner. Hal inilah yang membuat serangan Clicker lebih sulit untuk ditebak.

Clicker

Dari sekian banyak zombie di semesta The Last of Us, Clicker adalah jenis yang paling terkenal. Alasanya karena Clicker sering membaur dengan Runner dan Stalker, sehingga manusia sering lalai dengan keberadaannya. Faktanya, dia jauh lebih agresif dan lebih mematikan dari dua jenis zombie sebelumnya. Namanya sendiri berasal dari suaranya yang mirip seperti suara gigi beradu. Karena jamur besar yang tumbuh di tengkorak kepalanya, Clicker memang tidak bisa melihat keadaan di sekitarnya. Namun, dengan pendengaran yang lebih tajam, Clicker bisa merasakan keberadaan manusia yang sangat jauh sekalipun.

Bloaters

Bloater mungkin tidak selincah Runner, Stalker, dan Clicker, tetapi ukurannya yang besar membuatnya sangat sulit untuk dibunuh. Zombie Cordyceps jenis ini bisanya diam di tempat gelap sampai menunggu mangsanya. Ketika menemukan manusia, Bloater biasanya akan langsung mengejar dengan gerakan yang sangat lambat. Untuk mengatasi menutupi kekurangannya tersebut, Bloater biasanya mempunyai kemampuan untuk melemparkan sejenis jamur yang bisa meledak. Versi yang lebih superior bahkan bisa memuntahkan spora dan melemparkan cairan asam. Jika mati, Bloater akan langsung meledak dan melukai makhluk di sekitarnya.

Rat King

Terakhir, jenis zombie Cordyceps yang paling langka sekaligus paling mematikan adalah Rat King. Pada dasarnya Rat King adalah kumpulan zombie yang bergaung menjadi satu, membentuk penampilan yang abstrak dan sangat mengerikan. Di mana Rat King mempunyai banyak tangan dan gigi yang berfungsi untuk menangkap dan memakan mangsanya. Yang lebih mengerikannya lagi, untuk mempermudah perburuannya, Rat King juga bisa membelah tubuhnya menjadi pasukan Clicker. Hal tersebut membuat siapa pun yang melihat Rat King, kemungkinan besar tidak akan bisa kabur dan akhirnya mati.

Itulah lima jenis zombie utama di semesta The Last of Us yang kemungkinan besar akan muncul juga di serialnya. Karena Clicker sudah menampakan dirinya di trailer The Last of Us, artinya dua fase sebelumnya, yaitu Runner dan Stalker sudah pasti akan muncul juga di serialnya. Tidak menutup kemungkinan serialnya juga akan menghadirkan jenis zombie baru yang dapat membuatnya lebih menarik. Makin tidak sabar ‘kan, Geeks? Serialnya sendiri akan dibintangi oleh sejumlah aktor berbakat. Termasuk Pedro Pascal, Bella Ramsey, Gabriel Luna, Merle Dandridge, Nick Offerman, dan masih banyak lagi. Season perdananya akan debut pada tahun 2023 mendatang, hanya di saluran streaming HBO.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.