Pemerintah Dunia saat ini sudah mulai bergerak setelah sebelumnya mereka lebih banyak diam dan mengawasi situasi. Hal ini berawal dengan adanya dugaan keterlibatan mereka dalam insiden di Alabasta pasca Reverie, pertempuran besar di Onigashima, dan yang paling baru tentunya adalah tewasnya Cobra. Banyak spekulasi menyebutkan bahwa Pemerintah Dunia akan menjadi musuh terakhir kelompok Topi Jerami. Jika hal tersebut terjadi, maka yang butuhkan adalah aliansi Luffy yang sangat besar dan kuat.

Dengan kekuatan Pemerintah Dunia yang sangat besar, Topi Jerami tentunya memerlukan lebih banyak lagi tenaga dan pasukan serta kekuatan untuk bisa menghadapi Pemerintah Dunia. Berdasarkan hal tersebut, ada kemungkinan akan muncul pihak-pihak tertentu yang akan membantu Luffy untuk mengalahkan Pemerintah Dunia. Mereka akan menjadi sekutu bagi kelompok Topi Jerami. Lalu, kira-kira siapa saja mereka?

Berbagai Ras dan Kerajaan Yang Luffy Pernah Bantu

Seperti yang Geeks ketahui, sejak petualangannya dua tahun lalu Luffy dan kelompok Topi Jerami sudah banyak mengunjungi berbagai pulau yang ada di Grand Line. Dari berbagai pulau yang sempat mereka singgahi, tentunya ada berbagai cerita yang muncul. Misalnya, kita melihat bagaimana Luffy membantu para penduduk Dressrosa yang tertekan akibat ulah Doflamingo.

Luffy tentunya tidak bisa diam melihat penindasan yag terjadi di berbagai pulau yang ada. Itulah yang kemudian menjadi alasan kemudian Luffy membantu mereka. Melihat hal tersebut tentunya berbagai wilayah yang Luffy sempat bantu itu secara tidak langsung memiliki hutang budi yang besar. Dan cara untuk membayar kebaikan Luffy adalah dengan ikut bergabung dengan aliansi besarnya menghadapi Pemerintah Dunia.

Lalu, apa keuntungannya bagi kelompok Topi Jerami? Tentunya sangat banyak. Contohnya, ketika Wano bergabung dengan aliansi Luffy mereka akan memiliki Momonosuke yang merupakan pengguna buah iblis Zoan yang mirip dengan Kaido. Selain Momonosuke, ada juga para Red Scabbards serta para samurai lainnya yang akan siap membantu Luffy apalagi jumlah mereka banyak.

Selain berbagai wilayah yang pernah Luffy bantu, berbagai ras yang ada di dunia One Piece juga akan membanttu Luffy. Mengapa? Luffy adalah sosok yang tidak memandang ras, seperti yang dia perlihatkan kepada Jinbe. Dan dalam cerita One Piece sendiri, Luffy beruntung memiliki hubungan baik dengan berbagai suku atau ras. Misalnya, suku raksasa memiliki koneksi baik dengan Usopp dan Luffy.

Dengan kekuatan dan kedahsyatan fisik dari suku raksasa, tentunya hal ini akan menjadi keuntungan bagi kelompok Topi Jerami. Kemudian, ada suku Mink yang berperan aktif dalam pertempuran di Onigashima. Dengan teknik Electro dan form Sulong mereka, suku Minks akan menjadi petarung dahsyat yang akan memberikan keuntungan bagi kelompok Topi Jerami seperti di Onigashima. Jika kemudian berbagai ras dan wilayah/kerajaan ini bersatu, maka kelompok Topi Jerami memiliki kekuatan yang sangat besar.

Charlotte Katakuri

Charlotte Katakuri adalah putra kedua dari Big Mom dan komandan terkuat di bajak laut Big Mom. Katakuri memiliki nilai bounty lebih dari satu miliar Bely, dan dianggap sebagai salah satu bajak laut terkuat di One Piece. Meskipun dia adalah anggota bajak laut Big Mom, tetapi Katakuri “terpaksa” menjadi bagian bajak laut Big Mom. Dia sebenarnya tidak terlalu peduli denga sang ibu.

Bahkan, sebenarnya, dia justru sangat membenci Big Mom. Namun, karena kekuatannya tidak cukup kuat untuk menghadapi Big Mom akhirnya dia pun tidak bisa berbuat banyak. Meskipun begitu, kekuatan Mochi Mochi no Mi miliknya terbukti tangguh saat menghadapi Luffy. Belum lagi, dia memiliki Observation Haki tingkat tinggi yang membuatnya bisa melihat ke masa depan.

Kombinasi kekuatan tersebut terbukti sanggup membuat Luffy kewalahan. Artinya, Katakuri tentunya bisa menjadi andalan bagi aliansi Luffy untuk menghadapi kedahsyatan Pemerintah Dunia. Katakuri mungkin bisa menghadapi salah satu sosok penting di organisasi tersebut, meskipun rasanya untuk menghadapi Gorosei peluang menang Katakuri tidak terlalu besar.

Selain kekuatannya, Katakuri adalah sosok pelindung bagi adik-adiknya. Artinya, semua adik-adiknya, yang notabene juga adalah bagian dari kelompok bajak laut Big Mom, bisa menjadi tambahan pasukan lainnya. Charlotte Oven, Smoothie, dan sebagainya tentu akan sangat berguna dalam menghadapi ancaman dari Pemerintah Dunia.

Pasukan Revolusi

Bergabungnya Pasukan Revolusi untuk menjadi bagian dari aliansi besar Luffy adalah sebuah keniscayaan. Pasalnya, seperti yang Geeks ketahui jika Pasukan Revolusi sengaja dibentuk untuk menggulingkan Pemerintah Dunia. Lebih tepatnya, kaum naga langit. Selama ini mereka sudah berjuang untuk membantu berbagai wilayah di Grand Line untuk mendapatkan kebebasannya seperti semula.

Dengan semangat yang sama itulah Pasukan Revolusi akan membantu Luffy menghadapi Pemerintah Dunia. Lagipula, ada beberapa faktor utama yang menjadi alasan mengapa kemudian Pasukan Revolusi akan bergabung dengan aliansi Topi Jerami. Pertama, Monkey D. Dragon merupakan pemimpin Pasukan Revolusi yang juga adalah ayah dari Luffy. Tentunya, Dragon tidak akan membiarkan anaknya berjuang sendirian.

Lagipula, seperti yang dijelaskan di atas, mereka memiliki musuh yang sama. Selain itu, Pasukan Revolusi memiliki kekuatan dahsyat dan juga hal luar biasa lain. Misalnya, informasi atau intelijen yang akan membantu kelompok Luffy untuk bisa menyerang dengan lebih efektif. Dengan demikian, artinya peluang menang juga menjadi jauh lebih besar.

Selain itu, mereka memiliki Lindbergh yang sangat ahli dalam menciptakan berbagai alat canggih. Dia bisa saja meminjamkan atau membuat alat yang akan membantu kru Topi Jerami atau pasukan aliansi lain untuk memenangkan pertempuran. Dengan kata lain, Pasukan Revolusi memberikan banyak benefit bagi kelompok Topi Jerami dan aliansinya.

Germa 66

Germa 66 merupakan divisi militer dari kerajaan Germa. Ini merupakan organisasi yang dipimpin oleh ayah biologis Sanji, Vinsmoke Judge. Organisasi atau kelompok ini memiliki keunggulan dalam sisi teknologi. Oleh karena itu, mereka memiliki pasukan kloning yang sangat kuat dan dahsyat. Bahkan, kedahsyatan dari teknologi Germa 66 merupakan alasan mengapa Sanji dan Pudding dijodohkan.

Inikah Aliansi Luffy di Pertarungan Akhir?

Selain Vinsmoke Judge, anak-anaknya seperti Reiju dan saudara lainnya merupakan pasukan Germa 66 yang selalu diandalkan. Dengan pasukan kloning mereka, tentunya hal tersebut akan menambah pasukan aliansi Luffy semakin banyak. Belum lagi, kekuatan mereka juga tentunya tidak kalah mengerikan. Selain pasukan kloning, tentunya mereka memiliki rahasia lainnya yang masih tersimpan.

Misalnya, teknologi Raid Suit yang akan mereka berikan kepada aliansi Luffy yang lain. Mengapa kemudian dia harus bergabung? Karena, Judge memiliki dosa dan rasa bersalah kepada anaknya, Sanji. Seperti halnya karakter lain terhadap Luffy, Judge pun akan berhutang kepada Sanji yang mana inilah yang menjadi alasannya untuk membantu Topi Jerami. Lagipula, Judge adalah ayah dari Sanji.

Angkatan Laut

Meskipun angkatan laut adalah instrumen dari Pemerintah Dunia, tapi tidak semua angkatan laut setuju dengan jalan pikiran dan apa yang dilakukan oleh organisasi itu. Beberapa dari mereka terbukti bahkan “membangkang” kepada Pemerintah Dunia, dengan membentuk sebuah organisasi rahasia yaitu SWORD. Masih belum ada konfirmasi resmi mengenai berapa jumlah anggota lengkap kelompok rahasia ini.

Inikah Aliansi Luffy di Pertarungan Akhir?

Bebeberapa karakter yang sudah pasti menjadi bagian dari organisasi ini adalahi X-Drake, Koby, Helmeppo, Hibari, dan Prince Gus seperti yang muncul di chapter 1061 kemarin. Beberapa anggota angkatan laut non SWORD juga kemungkinan akan mengikuti jejak SWORD, diantaranya adalah Smoker, Garp, Fujitora, dan juga Aokiji. Mereka memang angkatan laut, tapi mereka tidak menganut keadilan absolut seperti sebagian besar perwira angkatan laut lainnya.

Mereka bahkan terbukti memiliki kepedulian yang mendalam. Inilah yang kemudian menjadi alasan mengapa sebagian dari mereka akan bergabung dengan Luffy. Dengan reputasi mereka sebagai angkatan laut, tentunya sudah tidak perlu kita ragukan lagi kekuatannya. Saat mereka berbalik menjadi musuh Pemerintah Dunia, para angkatan laut tersebut akan menjadi salah satu sumber kekuatan dahsyat aliansi Luffy. Mereka mungkin tidak memerlukan armada besar, namun mereka memiliki kekuatan yang dahsyat yang mampu menghancurkan armada besar itu.

Jewelry Bonney

Setelah sempat lama “menghilang” akhirnya Bonney kembali muncul di chapter 1061 kemarin. Jewelry Bonney adalah salah satu anggota dari Worst Generation, sama seperti Luffy. Masih belum banyak informasi yang kita ketahui mengenai sosok Jewelry Bonney. Para fans sendiri berspekulasi bahwa Bonney memiliki koneksi dengan Pasukan Revolusi.

Hal ini terlihat dari bagaimana Bonney begitu marah dan sedih saat mengetahui kondisi Kuma. Dia juga berusaha untuk membebaskan Kuma dengan datang ke Mary Geoise. Bonney tampaknya menyimpan dendam terhadap Pemerintah Dunia dan karena alasan itulah Bonney bisa membangun aliansi dengan Luffy. Keduanya memiliki niat untuk menjatuhkan Pemerintahan Dunia untuk selamanya.

Inikah Aliansi Luffy di Pertarungan Akhir?

Tentunya aliansi keduanya akan memberikan dampak yang signifikan bagi Pemerintah Dunia. Pasalnya, Bonney memiliki kekuatan buah iblis misterius yang membuatnya bisa merubah usia siapa pun. Dengan kekuatan ini, dia bisa saja merubah seluruh pasukan angkatan laut menjadi bayi atau orang tua dengan sangat mudah. Selain itu, dia juga bisa saja memengaruhi Gorosei atau Im dengan kekuatannya.

Pertemuannya dengan Luffy di chapter 1061 kemarin, sepertinya menjadi konfirmasi terkait hal ini. Pasalnya, seperti yang disebutkan di atas, Bonney menjadi salah satu Worst Generation yang jarang muncul dalam cerita. Karena itu, pertemuannya dengan Luffy ini bisa jadi adalah petunjuk kerja sama epik dalam menghadapi Pemerintah Dunia.

Seperti yang pernah diungkapkan oleh Mihawk, kekuatan terbesar Luffy bukan terletak di kemampuan buah iblisnya tetapi bagaimana dia mampu merubah musuh menjadi teman. Dia mampu membuat orang lain mau membantunya, Itulah yang membuat Luffy menjadi sosok yang paling mengerikan di lautan. Berbagai pihak di atas adalah bukti bahwa Luffy bisa memiliki aliansi yang sangat besar.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.