Organisasi SWORD merupakan organisasi paling rahasia dari markas angkatan laut. Meskipun sudah muncul beberapa kali dalam cerita, detail organisasi ini masih sangat rahasia hingga sekarang. Konon, SWORD diciptakan untuk mengawasi pergerakan para Yonkou. Namun, apakah ada misi atau tujuan lain dari organisasi ini masih harus kita ketahui. SWORD sendiri kembali menjadi sorotan setelah muncul dalam chapter 1061, di mana Oda memperkenalkan anggota SWORD lainnya. Sejauh ini, sudah ada beberapa karakter yang diketahui merupakan bagian dari SWORD. Siapa saja?

X Drake

Sosok bajak laut X Drake yang merupakan bagian dari Worst Generation ternyata adalah pemimpin dari organisasi ini. Saat pertama kali muncul di arc Sabaody, Oda memperkenalkannya sebagai salah satu bajak laut Supernova. Namun, di arc Wano kemudian terungkap bahwa dia adalah pemimpin dari SWORD. Di chapter 990 kemarin Drake sempat menjadi sorotan, di mana dia menjadi target pembunuhan oleh Queen dan Who’s Who.

Mereka ternyata mengetahui identitas asli Drake yang merupakan mata-mata. Namun, mereka tidak tahu untuk siapa Drake bekerja. Nasib dari Drake sendiri saat ini menjadi misteri pasca pertarungannya melawan salah satu anggota CP-0. Namun, besar kemungkinan dia akan kembali muncul menjelang akhir serinya di mana Drake akan memiliki peran penting dalam cerita.

Koby

Selain Drake, Koby merupakan sosok pertama lainnya yang diketahui menjadi bagian dari organisasi ini. Koby adalah salah satu orang yang pertama kali ditemui oleh Luffy di awal petualangannya. Dia sempat berpetualang bersama Luffy, bertindak sebagai navigator untuk membantu Luffy kabur dari kejaran Alvida. Setelah peristiwa Captain Morgan, Koby kemudian memutuskan untuk bergabung dengan pihak angkatan laut.

10 Fakta Koby One Piece, Pahlawan dari Insiden Rocky Port!

Garp yang kemudian melatih Koby yang mana kemungkinan ini juga alasan mengapa dia bisa menjadi bagian dari SWORD. Garp mungkin mengetahui keberadaan organisasi tersebut, yang mana kemudian merekomendasikan Koby untuk bergabung. Meskipun mereka berada di dua pihak yang berbeda, Luffy justru tetap mendukung impian Koby yang ingin menjadi admiral dan akan bertarung menghadapi Luffy.

Helmeppo

Seperti yang kita ketahui, Koby dan Helmeppo sudah sejak dari masih kecil bersama-sama. Bahkan sejak pertemuan pertama Koby dan Helmeppo juga berpetualang di Shell Town, sampai pada akhirnya mereka menjadi bagian dari angkatan laut pun, Helmeppo selalu bersama dengan Koby. Ketika Koby dirawat setelah kejadian besar Marineford, Helmeppo ada di sampingnya.

3 Anggota SWORD One Piece yang Diketahui!

Sebagai seorang rekan yang sangat dekat, tentunya tidak mungkin jika Helmeppo tidak mengetahui jika Koby bergabung dengan SWORD. Dan kemudian, di chapter 1061 kemarin akhirnya terungkap bahwa Helmeppo juga ternyata bagian dari organisasi SWORD. Spekulasi para fans sepertinya memang terbukti, dan menarik tentunya untuk melihat dia beraksi sebagai anggota SWORD.

Hibari

One Piece chapter 1061: Did Oda introduce Akainu's daughter?

Hibari merupakan salah satu karakter yang baru muncul di seri One Piece. Dalam chapter 1061 kemarin, nampak Hibari bersama dengan Helmeppo berada di salah satu pangkalan angkatan laut yaitu G-14. Keduanya memohon untuk meminjamkan Seraphim, demi menyelamatkan Koby. Hibari sendiri menjelaskan bahwa dia memiliki banyak hutang jasa terhadap Koby yang sudah baik kepadanya. Itulah alasan mengapa kemudian dia rela mengorbankan nyawanya demi menyelamatkan Koby. Masih belum banyak informasi yang bisa kita gali dari sosok Hibari.

Prince Grus

Nama Prince Grus juga sebenarnya merupakan karakter baru seperti halnya Hibari. Meskipun begitu, sosok karakternya baru benar-benar muncul dalam cerita di chapter 1061 ini. Fakta menarik mengenai Prince Grus tersebut adalah dia pertama kali muncul dalam cerita sampul Capone Bege dan Chiffon. Dalam chapter kemarin juga terungkap bahwa Prince Grus memiliki pangkat sebagai rear admiral.

One Piece Defender (@OnePieceDefend) / Twitter

Dan melihat dari posisinya, dia kemungkinan adalah pemimpin dari SWORD untuk sektor G-14. Grus sendiri sebenarnya khawatir dengan keberadaan Koby, dan paham dengan situasinya. Namun, dia juga paham bahwa mereka tidak bisa gegabah dan sembarangan untuk menerjunkan Seraphim demi menolong Koby. Dia menantikan kabar dan keputusan dari Drake terkait hal ini.

Dengan alur cerita One Piece yang memasuki fase terakhir membuat sekarang adalah waktu yang tepat untuk menghadirkan informasi tentang SWORD. Bukan hanya itu, mereka juga kemungkinan akan menjadi organisasi penting dalam alur ceritanya. Terdapat spekulasi bahwa mereka mungkin akan membantu Luffy dengan misi besarnya. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.