James Bond adalah karakter film ikonik yang telah banyak aktor bintangi selama bertahun-tahun ke belakang. Salah satunya adalah Daniel Craig yang baru saja pensiun setelah membintangi film kelimanya, No Time To Die (2021). Berbicara tentang peran James Bond, ternyata ada sejumlah aktor yang pernah mendapatkan tawaran peran James Bond, tetapi menolaknya. Alasannya sendiri terbilang cukup beragam, mulai dari aktor yang merasa tidak layak, sampai yang merasa perannya kurang menjanjikan. Berikut ini para aktor populer yang pernah menolak peran James Bond!

Clint Eastwood

Para Aktor Yang Tolak Peran James Bond dan Alasannya!Clint Eastwood adalah aktor veteran Hollywood yang telah memulai kariernya sejak tahun 50-an. Pada tahun 70-an, dia pernah mendapatkan tawaran untuk berperan sebagai James Bond, yang pada saat itu sangat populer di Hollywood. Namun, tawaran tersebut langsung dia tolak, karena menurutnya yang harus memerankan karakter mata-mata Inggris seperti James Bond adalah aktor Inggris juga. Sebagai aktor Amerika, pada akhirnya Eastwood merelakan peran tersebut. Sekarang, di usianya senjanya Clint Eastwood lebih aktif sebagai sutradara dan produser film-film Amerika.

Clive Owen

Para Aktor Yang Tolak Peran James Bond dan Alasannya!Dari sekian banyak aktor yang pernah mendapatkan tawaran peran James Bond, Clive Owen adalah salah satunya yang cukup penggemar harapkan. Alasannya adalah karena Owen cukup sering tampil memukau di film-film aksi Hollywood, termasuk di Sin City dan Shoot’ Em Up. Sayangnya, Owen tidak jadi memerankan karakter James Bond, sebagai gantinya, Daniel Craig akhirnya mengambil alih peran tersebut. Ada dua alasan yang beredar terkait penolakannya ini, yang pertama adalah karena dia tidak tertarik dengan peran James Bond. Dan yang kedua, kabarnya produser menolak Owen karena dia menginginkan keuntungan yang lebih dari setiap filmnya.

Ewan McGregor 

Para Aktor Yang Tolak Peran James Bond dan Alasannya!

Sebagai seorang aktor Skotlandia, Ewan McGregor terbilang cukup populer di Hollywood. Baru-baru ini dia mengulang perannya sebagai Obi-Wan di serial spinoff Star Wars, Obi-Wan Kenobi. Menariknya, pada awal kariernya di Hollywood, ternyata dia pernah menolak peran James Bond. Lucunya, pada saat itu dia merasa terlalu takut untuk memerankan karakter utama, apalagi sekelas James Bond. Walaupun begitu, sekarang dengan semua pengalamannya, McGregor akhirnya berpikir sepertinya akan menarik jika dia bisa menggantikan Daniel Craig untuk memerankan karakter James Bond di waralabanya.

Hugh Jackman

Para Aktor Yang Tolak Peran James Bond dan Alasannya!Siapa yang tidak kenal Hugh Jackman? Aktor asal Australia ini telah mendulang banyak popularitas di Hollywood. Khususnya setelah dia berperan sebagai Wolverine di waralaba X-Men. Hal ini yang kemudian membuat banyak penggemarnya kecewa setelah mengatahui Jackman menolak peran James Bond. Alasannya sendiri terbilang cukup tegas, pada saat itu Jackman merasa bahwa dia tidak menyukai nuansa komedi dari waralabanya. Dengan kata lain, Jackman sebenarnya bisa saja menerima peran Bond jika nuansa filmnya lebih kelam. Sayangnya, saat harapannya terwujud, peran Bond sudah jatuh ke tangan Daniel Craig dengan film-filmnya yang lebih kelam dan menegangkan.

Liam Neeson

Para Aktor Yang Tolak Peran James Bond dan Alasannya!

Sebagai bitang film Taken, Liam Neeson terbilang cukup memenuhi syarat untuk memerankan karakter James Bond. Faktanya dia memang pernah mendapatkan tawaran untuk peran tersebut pada tahun 90-an. Sayangnya, sama seperti McGregor, Neeson merasa kurang layak untuk mendapatkan peran utama di film mata-mata. Apalagi, pada saat itu tunangannya yang sekarang telah menjadi istrinya, sempat mengatakan bahwa dia tidak mau menikah jika Neeson mengambil peran James Bond. Singkat cerita, Neeson akhirnya bisa menikah, dan peran James Bond jatuh ke tangan Pierce Brosnan.

Mel Gibson

Para Aktor Yang Tolak Peran James Bond dan Alasannya!

Mel Gibson adalah nama aktor populer lainnya yang pernah hampir menjadi James Bond, tetapi menolak peran tersebut. Sebagai aktor yang pada saat itu membintangi banyak film aksi, termasuk Mad Max, cukup masuk akal mengapa Gibson mendapatkan tawaran peran Bond sekitar tahun 80-an. Baru-baru ini, dia mengungkapkan alasan mengapa menolak tawaran emas tersebut. Menurutnya, pada saat itu usianya masih 26 tahun, dia terpaksa merelakan tawaran peran tersebut karena tengah mengerjakan proyek film lain di Australia. Dia merasa beruntung pernah menolak peran Bond, karena sekarang dia tidak perlu khawatir terjebak dalam peran Bond selamanya.

Ralph Fiennes

Para Aktor Yang Tolak Peran James Bond dan Alasannya!

Tidak ada yang menyangka bahwa Ralph Fiennes ternyata pernah mendapatkan tawaran untuk berperan sebagai James Bond. Karena penggemar sendiri sekarang lebih mengenalnya sebagai pemeran bos James Bond, M, di film-film yang Daniel Craig bintangi. Pada kenyataannya, pemeran Voldemort di waralaba Harry Potter ini pernah mendapatkan tawaran sekitar tahun 90-an. Pada saat itu Fiennes terpaksa menolak peran tersebut karena merasa khawatir merusak popularitas karakter James Bond. Di sisi lain, dia juga berpikir bahwa pada saat itu produser lebih tertarik dengan aktor Pierce Brosnan.

Itulah para aktor populer yang tercatat pernah mendapatkan tawaran peran James Bond, tetapi menolaknya karena berbagai alasan. Penolakan mereka ini pada akhirnya justru membuka kesempatan bagi aktor lain untuk mengambil alih perannya. Seperti Pierce Brosnan kemudian Daniel Craig, yang memang terbukti memainkan perannya dengan sangat baik. Karena para aktor ini menolak peran James Bond, sampai saat ini tidak ada yang tahu akan seperti apa jadinya jika mereka mengambil tawarannya. Dari semua aktor ini, Geeks, menurut kalian siapa kira-kira yang akan cocok berperan sebagai James Bond?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.