Pasca kekalahan Big Mom dan Kaido dalam pertempuran di Onigashima, para fans pun penasaran dengan calon musuh Luffy di akhir cerita One Piece. Seperti yang kita ketahui, Kaido dan Big Mom merupakan dua bajak laut kuat di dunia One Piece. Sempat berkuasa sangat lama, namun akhirnya keduanya tumbang di tangan Worst Generation.

Dengan tumbangnya dua kekuatan dahsyat di dunia bajak laut, pertanyaannya adalah apa dan siapa lagi tantangan atau ancaman berikutnya. Dengan alur cerita akhir serinya yang sudah memasuki fase akhir, otomatis hanya tersisa sebagian kecil saja karakter kuat. Ada beberapa karakter yang memiliki potensi untuk menjadi lawan Luffy selanjutnya. Simak rangkuman selengkapnya dibawah ini:

Shanks

Shanks si Rambut Merah merupakan karakter yang masih sangat misterius sampai saat ini. Meskipun begitu, ada beberapa hal yang mungkin sudah menjadi informasi umum dari karakternya. Salah satu hal yang sudah banyak fans ketahui adalah Shanks merupakan sosok yang kuat. Terutama, dia memiliki kekuatan Haki yang sangat dahsyat.

Kekuatan Haki Shanks menjadi salah satu yang terkuat di serinya – atau mungkin bahkan yang paling kuat setelah Roger. Hal ini bisa kita lihat dalam chapter sebelumnya, di mana dia berhasil membuat seorang admiral ketakutan dan memilih untuk kabur. Selain di manganya, kekuatan Haki Shanks juga banyak diakui di berbagai sumber informasi lain. Misalnya, dalam booklet One Piece 4 Billion kemarin.

Calon Musuh Luffy - Greenscene

Selain kemampuan Haki, Shanks juga terkenal karena rivalitasnya dengan Mihawk. Artinya kekuatan berpedang Shanks sangat luar biasa, meskipun dalam spekulasi sebelumnya kemampuan berpedang Shanks sedikit di bawah Mihawk. Kombinasi antara Haki dan kemampuan berpedang membuat Shanks menjadi karakter yang kuat.

Shanks memang dikenal dekat dengan Luffy, dan bahkan dialah yang menginspirasi Luffy untuk menjadi seorang bajak laut. Dan bisa dibilang, kecil kemungkinan mereka berdua akan berakhir sebagai lawan, namun ini bukan sesuatu yang mustahil. Apalagi sang kreator, Eiichiro Oda, dikenal dengan plot twist yang mengejutkan.

Marshall D. Teach

Marshal D. Teach alias Blackbeard merupakan pengkhianat dari kru Whitebeard dan merupakan salah satu villain yang populer saat ini dalam cerita One Piece. Dia juga merupakan karakter yang bertanggung jawab atas kematian dari Whitebeard dan juga Ace. Dan para penggemar kebanyakan yakin bahwa Blackbeard adalah calon musuh Luffy di akhir cerita One Piece.

Calon Musuh Luffy - Greenscene

Melihat bagaimana situasinya saat ini, tentunya ada alasan kuat mengapa Blackbeard bisa menjadi ancaman selanjutnya bagi Luffy. Pertama adalah dendam atas berbagai kesedihan dan kesulitan yang dialami oleh Luffy dkk akibat dirinya. Kedua, bagaimana pun Blackbeard pasti mulai melihat Topi Jerami sebagai hambatan untuk tujuannya.

Pertarungan mereka pun diprediksi akan sangat alot dan dahsyat. Mengingat kekuatan buah iblis dari Blackbeard. Karena seperti yang kita ketahui, Blackbeard adalah satu-satunya karakter yang mampu memakan dua buah iblis. Bahkan, di chapter 1059 kemarin kita melihat bagaimana Blackbeard mengincar buah iblis ketiga dengan berusaha mencuri Mero Mero no Mi dari tangan Boa Hancock.

Kekuatan dari Yami Yami dan Gura Gura no Mi sebagai buah iblis terkuat untuk jenis Paramecia dan Logia, sudah menjadi bukti kuat seberapa mengerikan karakter ini. Luffy jelas akan mengalami kesulitan yang jauh lebih besar daripada saat menghadapi Kaido. Blackbeard berpotensi menetralkan kekuatan dari Luffy, yang mana hal ini tentunya akan sangat berbahaya.

Im

Rasanya kita semua sudah tahu dan paham tentang siapa sosok Im. Meskipun dia adalah salah satu karakter yang sampai saat ini masih misterius dalam cerita One Piece. Bahkan, hampir tidak ada informasi yang kita ketahui tentang sosok Im selain dia merupakan penguasa dunia. Im adalah penguasa tertinggi di seluruh dunia One Piece, yang bahkan Gorosei pun tunduk akan perintahnya.

Calon Musuh Luffy - Greenscene

Dengan tidak adanya informasi konkret atau nyata tentang sosok Im, spekulasi dan teori tentang siapa Im pun akhirnya berseliweran di kalangan fans. Dalam salah satu teori yang berkembang, disebutkan jika kemungkinan Im berasal dari era atau zaman yang sama dengan Joy Boy. Dia mungkin adalah sosok yang selamat dari era abad yang hilang pada 800 tahun yang lalu.

Satu hal yang kemudian membuat Im menjadi sosok berbahaya adalah dia kemungkinan memiliki Senjata Kuno. Hal ini muncul di chapter 1060 kemarin, di mana nampak Im menghancurkan sebuah kerajaan di New World dalam waktu sekejap dan tidak meninggalkan jejak. Melihat bagaimana potensi mengerikan ini, wajar jika kemudian Im menjadi calon musuh Luffy dan kelompok Topi Jerami.

Pemerintah Dunia

Ancaman besar Luffy selanjutnya kemungkinan adalah Pemerintah Dunia. Seperti yang kita ketahui, Pemerintah Dunia adalah organisasi yang mengatur seluruh kehidupan di dunia One Piece. Dengan kata lain merekalah penguasa di dunia tersebut. Hanya saja mereka tidak benar-benar menghadirkan keseimbangan dunia demi sebuah pedamaian, yang tentu bertentangan dengan keyakinan Luffy dan kawan-kawan.

Calon Musuh Luffy - Greencene

Meskipun Im adalah pemimpin dari organisasai ini, namun secara keseluruhan organisasi ini juga bisa menjadi ancaman besar. Pemerintah Dunia adalah kekutan paling besar di dunia. Wajar jika kemudian terdapat kemungkinan bahwa Oda sudah mempersiapkan pertempuran akhir antara kelompok Topi Jerami menghadapi Pemerintah Dunia.

Pertempuran di akhir serinya tentu akan menjadi pertarungan puncak dalam artian yang sebenarnya. Skala pertempuran pun tidak main-main, di mana mungkin akan jauh lebih besar daripada sebelumnya. Penggunaan Senjata Kuno dan juga kekuatan dari para Gorosei menjadi poin utama dari Pemerintah Dunia. Tentunya para fans akan sangat menantikan pertempuran paling epik di abad tersebut.

Itu dia berbagai calon musuh Luffy di akhir cerita One Piece. Meskipun belum ada kepastian kapan itu akan terjadi, namun Oda Sensei sendiri sudah meminta para fans untuk mempersiapkan diri untuk cerita akhir ini. Akan seperti apa pertarungan epik ini? Kita nantikan saja ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.