Disadari atau tidak Eiichiro Oda sepertinya perlahan mulai menghancurkan berbagai kekuatan besar di seri One Piece. Kehancuran tersebut terbagi ke beberapa tahapan, hingga pada akhirnya Oda akan menghancurkan semuanya saat One Piece ditemukan.

Mereka semua memiliki peran dan juga pengaruh masing-masing dalam ceritanya. Beberapa kekuatan besar yang kita ketahui sejauh ini adalah Shichibukai, Yonko, dan tentunya adalah Pemerintah Dunia, yang merupakan pemilik kekuasaan paling besar. Semua kekuatan besar tersebut sudah bertahan cukup lama. Ada yang puluhan tahun dan ada yang ratusan tahun.

Namun, sepertinya sebuah era baru akan muncul pada masa mendatang. Dan untuk menyambut era tersebut, berbagai hal-hal yang lama tentunya akan hancur. Oda Sensei sendiri sudah melakukan hal tersebut sejak sebelum timeskip. Jika melihat lini masa yang ada, Oda kemungkinan membaginya ke dalam beberapa tahapan sebelum kemudian benar-benar hancur.

Tahap Pertama

Tahap pertama ini terjadi bahkan sejak awal serinya mulai. Contoh pertama adalah bagaimana Crocodile mengambil alih wilayah Alabasta. Namun, setelah cukup lama berkuasa akhirnya Crocodile berhasil Luffy kalahkan. Kelompok Baroque Works pun akhirnya ikut bubar. Momen selanjutnya adalah bagaimana Blackbeard berhasil mengalahkan Portgas D. Ace.

Kekuatan Dunia One Piece

Dia kemudian menyerahkannya kepada pihak angkatan laut, dan berhasil mengisi kekosongan tempat Crocodile di Shichibukai. Whitebeard kemudian pergi ke Marineford demi membebaskan Ace dan pertempuran besar pun tidak terhindarkan. Dalam momen itu, Blackbeard kemudian menggunakannya untuk merekrut kru baru di Impel Down. Dan puncaknya adalah dia berhasil membunuh Blackbeard dan mencuri buah iblisnya.

Fase atau tahapan pertama dari proses kehancuran dunia One Piece pun selesai. Dalam tahapan ini, seorang Yonko berhasil tumbang namun sistem Shichibukai dan Yonko sendiri masih tetap stabil. Akhir tahap pertama ini juga menjadi tanda dimulainya timeskip.

Tahap Kedua

Tahap kedua terjadi pada momen timeskip dan pasca timeskip. Fase ini dimulai dengan Sengoku, yang merupakan pemimpin angkatan laut pusat, memutuskan untuk mundur dari jabatannya pasca pertempuran di Marineford. Setelah itu, momen epik selanjutnya adalah pertarungan antara Sakazuki dan Kuzan yang memperebutkan posisi Fleet Admiral.  Namun, sayangnya, Kuzan harus kalah.

Kekuatan Dunia One Piece

Sakazuki pun kemudian menjadi pemimpin baru angkatan laut dan Kuzan memutuskan untuk mundur dari angkatan laut. Aramaki dan Fujitora kemudian mengisi kekosongan dua admiral itu. Dan kekosongan posisi Whitebeard sebagai Yonko kemudian berhasil Blackbeard isi, yang menjadikannya sosok Yonko baru. Posisi kosong di Shichibukai kemudian terisi oleh Trafalgar Law.

Doflamingo sendiri pada akhirnya berhasil untuk dikalahkan oleh Luffy dalam arc Dressrosa. Dan puncaknya, Fujitora kemudian mengajukan ide untuk membubarkan sistem Shichibukai ini. Pada tahap ini, sudah dua Yonko yang berhasil tumbang. Sistem Yonko dan admiral masih stabil, meskipun terguncang. Namun, lain halnya dengan Shichibukai yang benar-benar terguncang.

Tahap Ketiga

Tahapan ini terjadi pasca apa yang terjadi di Dressrosa. Pemimpin dari kerajaan Alabasta dan Dressrosa mengajukan suara untuk membubarkan sistem Shichibukai. Dan akhirnya, pada momen Reverie kemarin setelah semua suara setuju akhirnya sistem ini pun bubar. Momen yang paling baru di tahapan ini adalah ketika dua Yonko tumbang secara bersamaan oleh Worst Generation.

Kekuatan Dunia One Piece

Selain tumbangnya dua Yonko sekaligus, momen epik juga terjadi di Maru Geoise. Pasukan Revolusi berhasil menyusup ke sana dan menyelamatkan rekan mereka. Mereka juga berhasil membakar bendera yang menjadi pertanda perang dengan Pemerintah Dunia. Fujitora dan Aramaki sendiri kalah dalam pertempuran untuk menghadapi Pasukan Revolusi.

Status saat ini di tahap ketiga adalah dua Yonko tumbang secara bersamaan, dan sistem Shichibukai akhirnya bubar. Para admiral dan Pemerintah Dunia mulai terguncang dengan fakta ini dan mereka pun menyadari bahwa mereka kekuarangan kekuatan. Situasi sendiri sekarang sudah mulai tidak seimbang, sesuai dengan apa yang mereka perkirakan di mana keseimbangan dunia akan terganggu dengan aliansi dua Yonko.

Tahap Keempat

Kekuatan Dunia One Piece

Ini merupakan tahap terakhir yang akan terjadi pada Saga terakhir sekarang. Momen awalnya sendiri sekarang kita sudah mulai memasuki fasilitas milik pemerintah lainnya yaitu Egg Head. Kemudian, kita juga mungkin sudah mengetahui satu Senjata Kuno terakhir yang sempat menjadi misteri. Namun, masih belum kita ketahui apa lagi yang akan terjadi selanjutnya. Yang pasti, puncak dari tahapan keempat dan tahapan terakhir adalah sebuah kehancuran dunia dan juga sistem yang ada untuk kemudian melahirkan sesuatu yang baru.

https://www.greenscene.co.id/author/irvan-sukmaningrat/