Marvel Comics mengumumkan sosok karakter baru dalam jajaran pahlawan mereka yaitu Kushala. Sosoknya muncul di beberapa judul komik terbaru Marvel dan bahkan menjadi bagian dari kelompok Midnight Suns. Seperti yang kita ketahui, kelompok tersebut mengumpulkan para pahlawan dari seluruh dunia untuk menjaga kedamaian dunia dari berbagai ancaman sihir.

Sosok seperti Blade atau Wolverine merupakan beberapa nama yang sudah sangat familiar di tengah fans. Namun, tentunya tidak semua nama familiar diantara para fans. Salah satu nama yang muncul dari kelompok ini adalah Kusahala, sang Spirit of Vengeance alias Ghost Rider sekaligus Sorcerer Supreme yang baru.

Siapa Kushala di Marvel Universe?

Kushala merupakan karakter hasil karya Robbie Thompson dan Javier Rodriguez yang muncul pertama kali pada 2016. Kushala merupakan seorang wanita dari suku Apache yang hidup di tahun 1800an. Yang menarik adalah dia pernah menjadi sosok Spirit of Vengeance, akibat kemarahannya ketika kedua orang tuanya tewas akibat ulah pasukan Amerika.

Dia pun kemudian mendapatkan julukan sebagai Demon Rider. Yang luar biasa adalah dia pergi ke berbagai masa untuk mempelajari tentang berbagai ilmu sihir demi bisa memahami kutukan Spirit of Vengeance tersebut. Kemampuan dan keahlilannya dalam mengendalikan dan menggunakan ilmu sihir tersebut membuat Kushala akhirnya menjadi sosok Sorcerer Supreme baru.

Dalam petualangannya, Kushala sempat bertemu dengan Merlin dan tergabung dalam kelompok Sorcerer Supreme yang berasal dari berbagai timeline. Tujuannya tidak lain untuk mengalahkan sosok kuat dan mengerikan yang bernama The Identity. Namun, sayangnya, setelah semuanya selesai justru Kushala harus mendapatkan fakta menyedihkan. Dia harus dikhianati oleh rekan-rekannya yang lain.

Cover to SPIRITS OF VENGEANCE: SPIRIT RIDER (2021) #1

Pada tahun-tahun berikutnya, Kushala cukup memiliki peran yang penting dalam berbagai peristiwa di Marvel Comics. Misalnya War of the Realms. Fakta menarik lainnya dari sosok Kushala adalah ternyata Leviathan, sisa dari planet yang hancur yang membawa pecahan Sixth Cosmis, merupakan sosok yang menguasai Kusha untuk kemudian menjadikannya Spirit of Vengeance.

Ini juga yang pada awalnya menjadi pemicu Ghost Rider pertama, dan kemudian Leviathan tersebut masuk ke tubuh Kushala secara tidak sadar. Meskipun dia memiliki sosok iblis dalam dirinya, namun dia membuktikan bahwa kekuatan dan kesadarannya yang perlu orang-orang perhatikan. Dia membuktikan bahwa tidak peduli di zaman mana atau era mana, dia tetap mampu untuk keep up dan mampu mengalahkan berbagai ancaman yang ada.

Kushala Di Berbagai Komik

Seperti yang disebutkan di atas, Kushala pertama kali muncul pada 2016 dan sejak itu dia sudah sering muncul di berbagai cerita komik Marvel. Kushala pertama kali muncul pada komik Doctor Strange and the Sorcerer Supreme. Selain itu, dia juga memiliki seri komiknya sendiri yaitu Ghost Rider: Kushala yang rilis pada Oktober 2021 kemarin.

Versus the Leviathan in SPIRITS OF VENGEANCE: SPIRIT RIDER (2021) #1.

Kushala juga muncul dalam seri komik Spirit of Vengeance: Spirit Rider yang juga rilis pada 2021 kemarin. Dalam komik inilah Kushala diperlihatkan menghadapi Leviathan. Dan juga  alasan mengapa kemudian dia menjadi sosok “Spirit Rider.” Dua tahun sebelumnya, Kushala terlibat dalam perang besar di alam raya Marvel di mana dia bertarunga menghadapi Ares dalam komik War of the Realms: Journey Into Mystery yang rilis pada 2019. Yang paling baru adalah Kushala muncul dalam komik Midnight Suns #1 karya Ethan Sacks dan Luigi Zagaria yang rilis pada tahun ini.

Sekuat Apa Sosok Kushala?

Dalam poin di atas terdapat penjelasan bahwa Kushala adalah salah satu kekuatan dahsyat yang muncul dalam cerita Marvel. Dan hal ini memang benar-benar terjadi. Terbukti bagaimana dia memiliki dua kekuatan dan dua julukan, yaitu sebagai Spirit of Vengeance dan juga Penyihir Agung. Saat dia berubah menjadi sosok iblis, Kushala akan mampu mengendalikan api.

Forbidden Whispers from the North Pole in DOCTOR STRANGE AND THE SORCERERS SUPREME (2016) #6.

Kekuatan pengendalian api atau pyrokinesis dari Kushala benar-benar dahsyat, di mana dia mampu menggunakan api untuk membuatnya terbang. Dan seperti sudah menjadi ciri khas Spirit of Vengeance, dia juga bisa merasuki apa pun seperti kuda peliharaanya yang dia buat sebagai transportasinya. Kekuatan Kushala selanjutnya adalah kekuatan sihir. Dalam komik, Doctor Strange and The Sorcerer Supreme #2 terungkap bahwa Kushala tahu dan paham semua jenis sihir.

Inilah yang kemudian menjadi alasan mengapa Kushala menjadi sosok Penyihir agung. Dia tahu bagaimana menggunakan peningkatan dari proyeksi astral yang biasa penyihir lain lakukan. Kushala sendiri kemudian menyebut kemampuan tersebut sebagai “Riding the Spirit.” Dengan menggunakan kemampuan ini, Kushala akan mampu masuk ke alam bawah sadar setiap makhluk hidup yang ada, terlepas ruang dan waktu.

https://www.greenscene.co.id/author/irvan-sukmaningrat/