Masih sama seperti episode-episode sebelumnya, She-Hulk: Attorney At Law episode 6 pada dasarnya adalah kisah standalone yang cukup menarik. Di mana Jen alias She-Hulk pergi ke pernikahan sahabat masa kecilnya dan bertemu dengan musuh bebuyutannya, Titania. Dia terpaksa menggunakan kekuatannya untuk mengalahkan Titania yang ternyata memang sejak awal menguntit Jen. Satu-satunya plot yang tampaknya akan berpengaruh pada masa depan serialnya adalah kemunculan ‘Intelligencia’ di ending episode 6.

Kemunculan Intelligencia ini pertama kali terungkap saat sahabat Jen, Nikki, melihat sebuah situs bernama sama, yang di dalamnya banyak ujaran kebencian terhadap She-Hulk. Salah satu postingannya bahkan memperlihatkan ancaman kematian untuknya. Setelah adegan tersebut kita bisa melihat sebuah laboratorium misterius yang tengah mempersiapkan suntikan baru. Di mana suntikan sebelumnya sempat dipakai oleh Wrecking Crew untuk mengambil sampel darah She-Hulk di episode 3.

Pengungkapan tersebut secara tidak langsung telah mengisyaratkan bahwa Intelligencia sepertinya lebih dari sekadar situs aneh. Faktanya, di Marvel Comics sendiri Intelligencia memang terkenal sebagai tim supervillain yang sempat mengincar para sekutu Hulk. Hal serupa juga mungkin akan Marvel Studios angkat di semesta live action, Marvel Cinematic Universe. Sebelum membahas teorinya, mari kita kenali terlebih dahulu Intelligencia di komiknya.

Tim Supervillain Cerdas di Marvel Comics

Di Marvel Comics, Intelligencia adalah tim supervillain yang anggotanya terdiri dari para sosok genius jahat di muka Bumi. Termasuk Leader, Egghead, Wizard, Mad Thinker, bahkan Doctor Doom. Pertama kali muncul di komik Fall of the Hulks: Alpha #1 (2009), tujuan utama mereka adalah mencuri semua pengetahuan dari perpustakaan legendaris Alexandria, yang tersebar di seluruh dunia. Dalam prosesnya, Intelligencia bahkan menciptakan alat canggih untuk menyembunyikan keberadaan mereka. Sambil tetap menjaga satu sama lain agar tidak tertangkap oleh superhero.

Inteliigencia She Hulk

Suatu hari ketika Egghead terbunuh, Leader menunjuk M.O.D.O.K. sebagai penggantinya. Pada titik inilah Intelligencia menjadi lebih kuat dari sebelumnya, di mana M.O.D.O.K. mengajukan rencana yang lebih jahat kepada Leader. Yaitu menggabungkan radiasi gamma dan radiasi kosmik untuk menciptakan mahluk yang sangat kuat. Di komik Hulk Vol. 2 #23 (2010), mereka berhasil meyakinkan General Ross agar mau menjadi Red Hulk, sebagai bagian dari rencana pamungkas untuk mengalahkan Hulk sekaligus menguasai dunia.

Banyak sekutu Hulk yang ditangkap, dicuci otak, dan diubah menjadi monster Gamma Cosmic. Termasuk Beety Ross alias Red She-Hulk dan Amadeus Cho. Namun, pada akhirnya rencana mereka gagal karena Amadeus berhasil mengalahkan M.O.D.O.K., sementara Red Hulk menyerap semua kekuatan Leader dan membuatnya kembali menjadi manusia biasa. Bagi yang penasaran, Leader sendiri adalah sosok villain yang sebelumnya sempat terkena radiasi gamma. Yang pada akhirnya membuat dia mempunyai kecerdasan super, dengan kulit yang menghijau dan kepala yang membesar.

Kemunculan terakhir Intelligencia sendiri terjadi di komik Infamous Iron Man #6 (2017). Di mana Doctor Doom menjadi sosok heroik sebagai Iron Man baru. Tidak lama setelah Doctor Doom menangkap sejumlah anggotanya, termasuk Wizard dan Mad Thinker, tim asli Intelligencia akhirnya bubar. Para mantan anggota yang masih bertahan memutukan untuk kembali bekerja masing-masing seperti sebelumnya.

Masa Depan Intelligencia di MCU

Masih belum terungkap apa sebenarnya rencana Intelligencia di serial She-Hulk: Attorney At Law. Begitu juga dengan para anggota misterius yang tergabung di dalamnya. Ada kemungkinan mereka ingin mendapatkan sampel darah She-Hulk untuk mencapai tujuan asli mereka. Misalnya menciptakan pasukan ‘Hulk’ seperti yang Leader dan M.O.D.O.K. lakukan di komiknya. Jika hal tersebut terjadi, mimpi buruk Bruce Banner alias Hulk (Mark Rufallo) sepertinya akan benar-benar terwujud. Di mana orang jahat akhirnya memanfaatkan darah yang mengandung radiasi gamma untuk kepentingan mereka.

She-Hulk

Leader dan M.O.D.O.K. sendiri sebenarnya adalah dua karakter yang ke depannya sudah terkonfirmasi akan muncul di tayangan MCU lain. M.O.D.O.K. akan melakukan debutnya pada suatu titik di film Ant-Man and the Wasp: Quantumania (rilis 17 Februari 2032). Sedangkan Leader dari aktor Tim Blake Nelson yang sebelumnya terlihat di film The Incredible Hulk (2008), sudah Marvel konfirmasi akan kembali sebagai antagonis di film Captain America: New World Order (rilis 3 Mei 2024). Bukan tidak mungkin nantinya mereka akan muncul terlebih dahulu sebagai dalang Inteligencia di ending serial She-Hulk.

Melihat ending She-Hulk episode 6 yang mengisyaratkan kehadiran tim supervillain cerdas Intelligencia, ada kemungkinan episode-episode selanjutnya akan memulai klimaks dari serialnya. Apalagi serialnya tinggal tersisa empat episode lagi, sehingga sudah saatnya cerita She-Hulk berubah dari yang semula hanya sekadar kasus hukum, menjadi lebih membahas sisi superhero Jen. Kita nantikan saja ya, Geeks, sepertinya kebenaran dari Intelligencia ini akan segera terungkap di episode selanjutnya yang akan tayang pada tanggal 29 September besok, hanya di Disney+.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.