Ini sumber kekuatan Doctor Fate di Black Adam. Tinggal kurang dari sebulan lagi, kita akan segera bisa melihat penampilan perdana live action Doctor Fate di film Black Adam. Sebagai bagian dari Justice Society versi DCEU, bersama Cyclone, Atom Smasher, dan Hawkman, Doctor Fate adalah karakter yang cukup membuat penggemar penasaran. Karena di komiknya sendiri dia adalah sosok superhero penyihir yang sangat misterius. Mulai dari latar belakangnya sampai sumber kekuatannya.

Secara spesifik, Warner Bros. sendiri telah mengonfirmasi bahwa Doctor Fate yang akan muncul di Black Adam adalah versi Kent Nelson. Di DC Comics, Kent adalah Doctor Fate pertama yang terkenal sangat sakti. Hal yang sama juga sempat terlihat sekilas di trailer Black Adam. Di mana dia bisa menggandakan diri, terbang, dan mampu menahan kekuatan powerful Black Adam. Karena dia baru akan muncul di DCEU, mari kita bahas sumber kekuatan Doctor Fate yang pada akhirnya membuat dia sakti mandraguna!

Mendapatkan Kesaktian Dari Nabu

Meskipun ada sedikit penyesuaian di DCEU, tetapi kemungkinan besar sumber kekuatan Doctor Fate masih tetap sama seperti di komiknya. Muncul pertama kali di komik More Fun Comics #55 (1940), kisah origin Kent bermula saat dia tidak sengaja bertemu dengan Nabu. Sebagai entitas kuno dari Planet Cilia, Nabu lantas menunjuk Kent sebagai agen baru dari kelompok penyihir Lords of Order untuk melawan kejahatan di alam semesta. Hal ini ditandai dengan penyerahan tiga artefak sakti, yaitu kalung, jubah, dan helm.

Tiga artefak sakti inilah yang kemudian memungkinkan Doctor Fate untuk mengeluarkan berbagai macam jenis sihir mandraguna, di antaranya:

  • Amulet of Destiny: Sekitar tahun 2030 sebelum masehi, Dewa Anubis awalnya menciptakan kalung sakti ini untuk para firaun, sebelum akhirnya jatuh ke tangan Nabu. Saat menggunakan Amulet of Destiny, Doctor Fate mampu mengeluarkan sinar mistik Eldritch Blast yang sangat mematikan. Dia tidak mudah terdeteksi oleh penyihir lain dan kebal terhadap pengendalian pikiran. Dalam suatu kisah disebutkan juga bahwa di dalam Amulet of Anubis terdapat pocket universe yang terpisah dengan universe utama.
  • Cloak of Destiny: Nabu sengaja memberikan jubah saktinya ini agar Doctor Fate kebal terhadap berbagai macam sihir. Termasuk sihir kekacauan dari para agen Lords of Chaos. Dalam beberapa kesempatan Doctor Fate juga pernah menggunakan Cloak of Destiny untuk melindunginya dari api.

  • Helm of Fate: Banyak penyihir yang percaya bahwa helm ciptaan Nabu ini adalah artefak tersakti di alam semesta. Ada banyak sekali kehebatan yang Doctor Fate dapatkan saat mengenakan Helm of Fate. Mulai dari meningkatnya kecerdasan sampai ke tingkat pengetahuan gaib. Kemudian cosmic awareness yang memungkinkan Doctor Fate untuk mengetahui apa yang terjadi di alam semesta. Sampai kemampuan mengendalikan elemen api, air, tanah, dan udara.

Ada lebih banyak lagi sihir yang bisa Doctor Fate keluarkan dengan mengombinasikan kekuatan dari ketiga artefak ini. Misalnya seperti kemampuan terbang, teleportasi dan telekinesis.

Artefak Doctor Fate di DCEU

Berdasarkan apa yang terlihat dari berbagai promosi film Black Adam, Doctor Fate memang mengenakan tiga artefak seperti di komiknya. Sementara warna emasnya masih sama, bedanya hanya terletak pada desain dan juga pemakaian artefaknya. Di DCEU, Helm of Fate terlihat mempunyai bentuk yang tidak simetris dan tidak mempunyai lubang untuk mata. Desain ini secara tidak langsung mengisyaratkan bahwa kemampuan cosmic awarness Doctor Fate sangat luar biasa. Cloak of Destiny juga tidak jauh berbeda, dengan bagian atas yang menempel langsung dengan bahunya.

Yang paling berbeda dari ketiga artefak ini adalah Amulet of Destiny. Karena seperti yang bisa kita lihat pada poster di atas, posisinya pindah ke bagian pinggang dan lebih terlihat seperti sabuk. Batu permata emas di tengahnya seakan menegaskan bahwa Doctor Fate masih bisa mengeluarkan sinar mistik Eldritch Blast. Penyesuaian ini mungkin sengaja DCEU lakukan untuk membedakan Doctor Fate dengan Doctor Strange di MCU yang memang menggunakan kalung sakti sebagai salah satu kekuatannya.

Itulah pembahasan mengenai sumber kekuatan Doctor Fate, baik di DC Comics maupun DCEU. Meskipun ada sedikit penyesuaian desain, tetapi tidak sedikit yang menganggap kostum Doctor Fate di film Black Adam ini adalah yang terbaik. Apalagi yang akan memerankan karakternya adalah aktor veteran Pierce Brosnan. Jangan lewatkan aksi Doctor Fate bersama Justice Society of America (JSA) dan Black Adam, saat filmnya tayang di bioskop pada tanggal 21 Oktober nanti.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.