Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa 365 Days adalah judul film asal Polandia yang cukup populer di Indonesia. Plot ceritanya sendiri berfokus pada kisah cinta antara Laura Biel dan Massimo yang ‘memanas’ selama 365 hari. Film garapan sutradara Barbara Białowas dan Tomasz Mandes ini makin viral setelah Netflix menayangkannya ke seluruh dunia. Sejak saat itu banyak yang penasaran dengan industri film Polandia, yang ternyata banyak memproduksi film serupa. Buat kalian yang penasaran, berikut ini sepuluh film menantang Polandia lainnya yang sangat fenomenal!

365 Days: This Day (2022)

Karena film 365 Days cukup sukses, sutradara Barbara Białowas dan Tomasz Mandes langsung memanfaatkan momen tersebut untuk menggarap sekuelnya. Berjudul 365 Days: This Day, film sekuel ini juga telah tayang di Netflix pada bulan April lalu. Masih sama seperti film pertamanya, 365 Days: This Day juga mengadaptasi kisah dari novel trilogi karya Blanka Lipinska. Di mana kali ini Laura dan Massimo sudah menikah dan hampir mempunyai anak. Namun, seiring berjalannya waktu, Massimo malah berhubungan dengan mantannya Anna. Sedangkan Laura berhubungan dengan lelaki lain bernama Nacho.

The Next 365 Days (2022)

Empat bulan setelah film keduanya tayang, trikuel 365 Days yang berjudul The Next 365 Days juga langsung rilis pada bulan Agustus lalu. Film yang kembali tayang di Netlix ini masih mengadaptasi novel ketiga dari trilogi karya Blanka Lipinska. Itulah mengapa karakternya masih sama, yaitu Laura dan Massimo. Nacho juga kembali hadir dengan sejumlah karakter baru lainnya. Meskipun karakternya lebih banyak, hal tersebut tidak menghentikan film dari waralaba 365 Days ini untuk menghadirkan sejumlah adegan yang makin memanas dari sebelumnya.

Love, Sex & Pandemic (2022)

Sebenarnya secara kualitas, film Love, Sex & Pandemic ini lebih mirip seperti film amatir. Namun, karena judul yang relate dengan masa sekarang dan juga adegan pans di dalamnya, banyak penggemar yang menikmati film garapan sutradara Patryk Vega ini. Filmnya sendiri bercerita tentang tiga orang sahabat wanita yang merasa jenuh. Untuk mengusir perasaan tersebut, mereka sepakat untuk berkeliling kota sambil mencari pria yang mau berhubungan dengan mereka.

Girls To Buy (2021)

Kesuksesan waralaba 365 Days secara tidak langsung telah mendongkrak industri perfilman Polandia, khususnya yang bergenre menantang. Salah satu film yang paling merasakan dampaknya adalah Girls To Buy, di mana ada banyak orang-orang yang berbondong melihat film garapan sutradara Maria Sadowska ini. Filmnya bercerita tentang kisah seorang wanita Polandia bernama Emi yang ingin hidupnya lebih baik. Untuk mencapai tujuan tersebut dia merekrut para wanita Polandia dan bersama-sama menjadi wanita tuna susila di Dubai. Di mana pelanggannya adalah para sultan yang kaya raya.

Erotica 2022 (2020)

Erotica 2022 adalah film yang berisikan lima cerita sekaligus, di mana masing-masing digarap oleh sutradara berbeda yang sudah terkenal di industri film menantang Polandia. Adapun lima kisah tersebut adalah ‘Mocno’ oleh Kasia Adamik, ‘Nocna zmiana’ oleh Olga Chajdas, ‘Niedzwiedz’ oleh Anna Jadowska, ‘Znikanie pani B.’ oleh Anna Kazejak, dan ‘Jesli bedziesz’ oleh Jagoda Szelc. Meskipun tidak berhubungan secara langsung, tetapi kelima kisah ini sama-sama mengangkat masalah wanita. Kesamaan lainnya terletak pada plot yang penuh dengan adegan panas.

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.