Apa sebenarnya hubungan Jewelry Bonney dan Kuma? Mengapa kemudian Bonney begitu bertekad untuk menyelamatkannya? Hal inilah yang menjadi beberapa pertanyaan besar bagi para fans One Piece. Hubungan antara Kuma dan Bonney memang menjadi salah satu tanda tanya besar yang muncul di sepanjang serinya. Hal ini muncul setelah berbagai hal yang Bonney perlihatkan terkait Kuma.

Seperti yang Geeks ketahui, sosok Jewelry Bonney merupakan salah satu bajak laut Worst Generation. Dia menjadi salah satu bajak laut yang muncul saat arc Sabaody. Pasca timeskip, kita hampir tidak pernah melihat lagi sosok Bonney. Namun, hal ini sebenarnya bukan tanpa sebab. Ada beberapa peristiwa yang terjadi kepada Bonney pada saat itu.

Pertama, Bonney sempat bertarung melawan Blackbeard dan dia kalah. Akhirnya, dia pun tertangkap oleh pihak angkatan laut. Kedua, yang masih menjadi misteri, adalah bagaimana kemudian Bonney begitu sedih dan marah melihat apa yang terjadi kepada Kuma. Dan mengetahui hal tersebut, Bonney pun bertekad untuk bisa membebaskan Kuma.

Masa Lalu Kuma

Koneksi sosok Bartholomew Kuma dengan berbagai karakter penting, seperti Monkey D. Dragon, membuat banyak fans penasaran mengenai masa lalu yang dia miliki. Eiichiro Oda, selaku kreator dari One Piece, sempat memberikan gambaran bagaimana ketika Kuma masih kecil. Dia terlihat seperti seorang anak kurang mampu yang sedang melakukan pekerjaan sehari-hari.

Kita kemudian mengetahui bagaimana dia kemudian pernah menjadi raja atau pemimpin dari kerajaan Sorbet. Kuma juga terafiliasi dengan Pasukan Revolusi sebagai salah satu komandannya. Setelah itu, Kuma nampak menjadi bagian dari Shichibukai dan kemudian dia berubah menjadi sosok Pacifista PX-0, cyborg yang sudah tidak memiliki pikiran dan perasaan yang menjadi buah karya dari sang ilmuwan Dr. Vegapunk.

Mengupas Hubungan Kuma & Bonney di One Piece!, Greenscene

Kemunculan terakhir dari Kuma sendiri diperlihatkan saat dia menjadi budak bagi kaum naga langit. Secara sekilas, memang sepertinya masa lalu Kuma cukup “luar biasa” dengan perubahan besar dalam hidupnya. Untuk memahami hal tersebut, kita perlu kembali menilik ke masa lalunya ketika dia masih kecil. Dalam SBS 63, Kuma dalam versi anak kecil diperlihatkan bersama Shichibukai lainnya ketika mereka masih kecil.

Masa lalu atau masa kecil dari Kuma cukup berbeda dari Shichibukai lain. Kuma diperlihatkan mengenakan baju yang sangat sederhana, dan sedang membawa kayu bakar di punggungnya sambil membaca sebuah buku yang bernama “Ninokin.” Nama tersebut kemungkinan besar adalah nama tokoh besar di Jepang, Ninomiya Sontoku.

Sontoku sendiri adalah seorang filsuf, ahli ekonomi, ahli pertanian, dan seorang moralis. Sontoku terkenal karena kebaikan yang dia lakukan, terutama ketika dia memberi makan orang-orang yang kelaparan di wilayah Odawara, meskipun Shogun setempat tidak setuju dengan cara Sontoku. Kemungkinan besar Kuma juga melakukan hal yang sama kepada para penduduk di Sorbet Kingdom.

Koneksi Kuma dan Bonney

Ketika Bonney muncul di Sabaody, dia mengaku berasal dari South Blue. Kita juga tahu bahwa dia merupakan bagian dari keluarga kerajaan Sorbet, berkat kemunculannya dalam peristiwa Reverie. Karena alasan inilah ada sebuah spekulasi bahwa kerajaan Sorbet berlokasi di wilayah South Blue. Sorbet sendiri adalah nama dari sebuah makanan beku, dan wilayah laut selatan juga merupakan wilayah yang dingin.

Hal inilah yang Oda gambarkan tentang bagaimana wilayah South Blue yang dipenuhi es. Dan karena alasan ini juga besar kemungkinan jika Sorbet Kingdom merupakan sebuah wilayah yang dingin dan beku, seperti yang terjadi di wilayah kutub. Melihat dari nama ‘Kuma,’ yang berarti beruang dalam bahasa Jepang, bisa jadi Kuma berasal dari wilayah tersebut.

Zoro understands Luffy — Jewelry Bonney | requested by anon

Yang menjadi masalah dari wilayah tersebut adalah karena merupakan wilayah dingin dan beku, makanan sulit untuk tumbuh dan sulit untuk dicari. Kesulitan makanan juga bisa juga diakibatkan faktor lain yaitu karena mereka harus membayar “pajak” kepada pihak Pemerintah Dunia agar willayah mereka bisa menjadi bagian dari perlindungan Pemerintah Dunia.

Ada kemungkinan bahwa Kuma memberi makan para penduduk di wilayah Sorbet Kingdom, dengan menggunakan emas yang awalnya akan dia berikan kepada kaum naga langit sebagai “pajak” mereka. Spekulasi tersebut mendapat dukungan dari gambaran sosok Jewelry Bonney saat masih kecil. Meskipun Bonney berasal dari keluarga kerajaan, dia juga tidak luput dari penderitaan yang sama-sama dirasakan oleh penduduk Sorbet lainnya. Bonney juga merasakan kelaparan dan situasinya tidak benar-benar baik.

Sikap yang diperlihatkan Kuma tersebut membuatnya disenangi dan dicintai oleh para penduduk di kerajaan Sorbet. Dan inilah yang kemudian membuatnya menjadi pemimpin. Ini juga bisa jadi alasan mengapa Bonney sangat senang makan dan nafsu makannya sangat tinggi. Selain itu dia juga membenci Pemerintah Dunia dan kaum naga langit.

Kesimpulannya

Berdasarkan penjelasan di atas, ada kemungkinan jika hubungan antara Kuma dan Bonney terkait dengan apa yang terjadi pada masa lalu. Dalam spekulasinya, Kuma sudah melakukan hal baik terhadap berbagai penduduk di pulau Sorbet, termasuk Bonney. Bentuk kebaikannya sendiri adalah dia rela menggunakan emas yang tadinya hendak dia bayarkan kepada para kaum naga langit untuk kemudian dia gunakan membeli makanan.

Mengupas Hubungan Kuma & Bonney di One Piece!, Greenscene

Kebaikan Kuma sendiri bahkan mendapatkan pengakuan dari Koby, yang juga rela menyelamatkan sosoknya. Bonney sepertinya memiliki hutang jasa yang sangat besar terhadap Kuma. Dalam hal ini, dia berhutang nyawa kepada Kuma karena sudah menyelamatkan nyawanya. Inilah yang mungkin menjadi alasan mengapa Bonney begitu bersikukuh untuk menyelamatkan Kuma. Mudah-mudahan saja Oda akan memberikan penjelasan terkait hal ini pasca pertemuan kembali Bonney dan Luffy di chapter 1060.