Kelemahan Senrigan Eida terungkap? Cerita terbaru dari petualangan Eida dan Daemon kembali berlanjut di chapter terbaru dari seri manga Boruto: Naruto Next Generation. Seperti kita ketahui di chapter 72 kemarin, Eida dan Daemon memutuskan untuk pergi ke Konoha setelah memutuskan hubungan kerja samanya dengan Code. Hal ini karena Amado menjanjikan kepada Eida bahwa dia akan membuat Kawaki jatuh cinta kepadanya.

Eida pun setuju dan akhirnya dia ikut bersama Amado untuk kembali ke Konoha. Di sisi lain, Amado sendiri nampaknya berusaha untuk membantu Konoha dengan membuat Eida berada di pihak mereka. Seperti yang dia ucapkan kepada Shikamaru, bahwa Eida dan Daemon bisa menjadi “senjata andalan” bagi mereka untuk mengalahkan Code dan ancaman lainnya.

Boruto: Kelemahan Senrigan Eida Terungkap?, Greenscene

Fakta bahwa Eida menyetujui untuk bergabung dengan Amado demi Kawaki ini sebenarnya sangat luar biasa, meskipun tidak mengherankan. Seperti yang kita ketahui, bahwa Eida begitu jatuh cinta terhadap sosok Kawaki. Apa yang kemudian membuat Eida jatuh cinta terhadap Kawaki masih belum kita ketahui. Namun, Sumire sendiri di chapter 73 sempat menjelasakan bahwa mungkin Eida ingin merasakan jatuh cinta seperti orang kebanyakan.

Eida memiliki kemampuan untuk membuat semua orang jatuh cinta kepadanya, yang mana menurutnya hal itu menjadi sangat tidak murni dan memuakan. Dia sendiri membenci kekuatan pemberian Amado tersebut, yang mana ini juga yang membuat Eida sangat ingin menghabisi Amado. Fakta bahwa Eida setuju untuk bergabung dengan Konoha demi Kawaki ini menarik, sekaligus juga mengundang tanda tanya.

Eida Tidak Bisa Lihat Takdirnya?

Kawaki memang sudah sangat jelas menjadi alasan utama Eida bergabung dengan Konoha. Tetapi, hal ini juga memunculkan banyak tanda tanya. Apakah dengan keputusannya bergabung dengan Konoha merupakan keputusan yang tepat? Apakah Eida sudah melihat apa yang akan terjadi pada masa yang akan datang? Jika ya, mengapa kemudian Eida butuh bantuan Amado untuk membuat Kawaki jatuh cinta?

Ada satu hal yang sangat luar biasa dari sosok Eida. Hal tersebut adalah kemampuan Doujutsu Senrigan yang dia miliki. Senrigan secara harfiah memiliki nama “Clairevoyant” atau bisa berarti mata yang bisa/mampu meramal. Dan apa yang Kishimoto hadirkan dalam ceritanya pun memang demikian, di mana Eida mampu melihat apa yang sedang terjadi di dunia ini.

Amado yang mengungkapkan kekuatan dari Senrigan secara langsung kepada Shikamaru dalam chapter sebelumnya. Menurut Amado, Senrigan yang membuat Eida bukan hanya mampu melihat apa yang sedang terjadi di seluruh dunia. Senrigan juga mampu membuat Eida bisa melihat ke masa lalu. Kekuatan ini sudah beberapa kali muncul dalam ceritanya.

Boruto: Kelemahan Senrigan Eida Terungkap?, Greenscene

Dengan kekuatan ini, Eida mampu untuk memprediksi apa yang akan menjadi tindakan selanjutnya dari Kawaki. Dia juga bisa mengetahui bahwa Boruto meminum obat khusus yang diberikan oleh Amado. Dan dia pun menggunakan kekuatan ini untuk melihat apa yang terjadi selanjutnya jika dia menerima tawaran Shikamaru untuk bertemu Kawaki.

Melihat hal itu, bagaimana kemudian Eida ingin bantuan Amado untuk membuat Kawaki jatuh cinta kepadanya tentunya cukup mengherankan. Hal ini diluar konteks bahwa Kawaki sudah menjadi seorang Otsutsuki. Padahal, sebelum Eida memutuskan untuk menerima tawaran Amado, dia bisa saja melihat apa yang akan terjadi di masa depan. Bukan mustahil jika di masa depan justru apa yang dia lihat malah tidak sesuai dengan apa yang dia inginkan.

Berdasarkan hal tersebut, bisa kita asumsikan bahwa kemungkinan jika Eida tidak mampu untuk melihat takdirnya sendiri. Dia mungkin bisa melihat apa yang akan terjadi selanjutnya, atau apa yang akan terjadi kepada seseorang. Namun, untuk melihat peristiwa yang berkaitan dengannya hal itu tidak bisa terjadi.

Senrigan Eida Mirip Byakugan Otsutsuki

Kemungkinan Eida yang tidak bisa melihat takdirnya sendiri ini mirip dengan Doujutsu Byakugan yang Momoshiki miliki. Dalam pertarungan melawan Boruto, kita sempat melihat bagaimana Momoshiki meramalkan bahwa akan ada sesuatu yang dahsyat dan mengerikan terjadi kepada Boruto. Dan semuanya akan berkaitan dengan mata biru milik Boruto, yang mana hal ini masih menjadi sebuah misteri besar lainnya.

Darkside 🇯🇲 on Twitter: "Timeskip but now Boruto has to worry about his tragic future and fate and this could be a great turning point in introducing the Jougan in the manga

Namun, Momoshiki sendiri kemudian dengan jelas menegaskan bahwa dia tidak bisa melihat apa yang akan terjadi kepadanya pada masa depan. Yang jelas, Boruto akan mengalami penderitaan yang luar biasa. Mungkin, ini juga yang terjadi kepada Senrigan milik Eida. Dia bisa melihat apa yang terjadi pada masa lalu dan masa depan serta masa sekarang, tetapi dia tidak bisa melihat apa yang akan terjadi kepada dirinya. Kita nantikan saja ya Geeks penjelasan mengenai Senrigan ini di chapter selanjutnya.