Sejak pertama kali berdiri pada tahun 1939, DC Comics telah menghadirkan banyak sekali superhero menarik di semestanya. Misalnya seperti Batman dan Superman yang kemudian terus berkembang dengan sidekick, keluarga, dan sekutu mereka. Beberapa di antaranya sampai membentuk tim superhero, termasuk Justice League dan Justice Society. Tidak jarang juga mereka membentuk tim keluarga super sendiri, karena banyaknya yang menjadi superhero di ‘rumah’ mereka. Seperti tujuan keluarga superhero yang akan kita bahas kali ini. So, check this out, Geeks!

Aqua-Family

7 Keluarga Superhero di DC Universe!, Greenscene

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa ada banyak sekali superhero DC yang aktif di kedalaman laut Bumi. Sebagian besar di antara mereka bahkan mempunyai hubungan langsung dengan Arthur Curry alias Aquaman. Di mana pada akhirnya, sang raja Atlantis tersebut memproklamirkan mereka sebagai bagian dari Aqua-Family. Para anggotanya sendiri terdiri dari para superhero yang umumnya mempunyai kekuatan fisik super, kemampuan bernapas di dalam air, dan bisa memanipulasi air. Seperti Aquaman, istrinya Mera, anaknya Andy Curry, sidekicknya Aqualad, saudari tirinya Tula, dan Dolphin.

Gotham Knights

7 Keluarga Superhero di DC Universe!, Greenscene

Dari sekian banyak superhero DC, Batman adalah sosok yang pertama kali mempopulerkan keluarga superhero di semestanya. Di mana semuanya bermula dari kebiasaannya yang terbilang cukup sering merekrut sidekick. Sampai sekarang ada banyak sekali superhero dari tergabung dengan Gotham Knight atau Bat-Family. Termasuk Robin Damian Wayne, Nightwing, Red Robin, Red Hood, Batgirl, Alfred, Ghost-Maker, Catwoman, dan bahkan anjing Batman yang bernama Ace the Bat-Hound. Umumnya mereka terkenal sebagai vigilante yang mempunyai kemampuan bela diri dan mampu mengoperasikan teknologi.

Flash Legacy

7 Keluarga Superhero di DC Universe!, Greenscene

Kecepatan super adalah salah satu kemampuan yang terbilang cukup langka di DC Universe. Menariknya, sebagian besar pemilik kemampuan ini adalah para speedster yang menjadi bagian dari Flash Legacy atau Flash Generation. Yaitu tiga generasi Flash (Jay Garrick, Barry Allen, Wally West), Kid Flash, Jesse Quick, Impulse, dan masih banyak lagi. Dengan kecepatan supernya, mereka adalah para karakter DC yang terkenal mampu melakukan time travel. Itulah mengapa tidak jarang penggemar yang menganggap Flash Legacy sebagai keluarga superhero yang tak terkalahkan.

Super-Family

7 Keluarga Superhero di DC Universe!, Greenscene

Meskipun awalnya Superman terlihat muncul seorang diri di Bumi, tetapi seiring berjalannya waktu perlahan-lahan mulai terungkap bahwa ada banyak kryptonian lain yang menjadikan Bumi sebagai tempat tinggal barunya. Mulai dari Supergirl, Power Girl, Supeboy, sampai anjing kryptonian bernama Krypto. Belum lagi pada akhirnya Superman menikah dengan manusia Bumi, Lois Lane, dan mempunyai anak bernama Jon Kent. Mereka semua pada akhirnya menjadi bagian dari Super-Family, yang terkenal sebagai keluaga paling powerful di DC Universe.

Team Arrow

7 Keluarga Superhero di DC Universe!, Greenscene

Sebagai superhero Green Arrow, Oliver Queen sejatinya adalah seorang manusia biasa yang mempunyai kebutuhan bersosial dengan orang lain. Hal ini pertama kali terungkap dari perekrutan sidekick pertamanya, Roy Harper alias Speedy. Perkumpulan para ahli memanah ini kemudian berubah menjadi keluarga Team Arrow setelah Oliver menikahi Black Canary. Di mana selanjutnya dia merekrut lebih banyak lagi ahli memanah, termasuk anaknya Connor Hawke, Mia Dearden, Emiko Queen, dan Red Arrow. Satunya-satunya anggota keluarga yang bukan ahli memanah adalah Black Canary. Di mana dia terkenal dengan kemampuan teriakan supernya yang disebut canary cry.

Marvel Family

7 Keluarga Superhero di DC Universe!, Greenscene

Marvel Family atau Shazam Family mungkin adalah keluarga super yang paling sering terlihat bersama ketika beraksi. Faktanya, mereka memang sudah menjadi keluarga jauh sebelum berbagi kekuatan Solomon, Hercules, Atlas, Zeus, Achilles, dan Mercury. Sehingga ketika sama-sama menjadi superhero, Billy Batson alias Shazam dan para saudaranya ini tidak pernah merasa canggung satu sama lain. Kebersamaan mereka dapat menjadi bukti bahwa keluarga ada sumber kekuatan yang sebenarnya. Itulah mengapa Billy tidak pernah jauh dari Mary Bromfield, Darla Dudley, Eugene Choi, Pedro Pena, dan Freddy Freeman.

Wonder Family 

7 Keluarga Superhero di DC Universe!, Greenscene

Meskipun sudah lama tidak terlihat bersama, bukan berarti Wonder Woman tidak mempunyai keluarga supernya sendiri. Pada kenyataannya DC pernah memperkenalkan keluarga superhero Wonder Family yang terdiri dari Wonder Woman, Queen Hypolyta, Wonder Girl, dan Wonder Tot. Ciri-ciri mereka dapat dengan mudah kita kenali dari kekuatan fisik supernya yang tidak kalah dari para supehero pria. Sekarang bahkan ada lebih banyak lagi wanita perkasa yang menjadi bagian dari Wonder Family, termasuk Donna Troy dan Nubia. Umumnya mereka berasal dari Themyscira seperti Wonder Woman.

Itulah tujuh keluarga superhero di DC Universe, yang tidak jarang anggotanya terdiri dari para karakter kuat dan populer. Keberadaan ketujuh keluarga superhero ini tidak kalah hebat dari tim superhero. Bahkan dalam kondisi tertentu, mereka bisa saja lebih kuat dari tim super yang tidak mempunyai hubungan kekeluargaan. Sebagai keluarga mereka umumnya mempunyai cara pandang, visi, dan misi yang hampir sama. Sehingga hal tersebut lebih memudahkan mereka untuk saling berkoordinasi dan menyamakan pikiran ketika beraksi. Khususnya ketika menumpas kejahatan di DC Universe.