Meskipun sudah dua dekade lebih seri One Piece berjalan, namun masih ada banyak misteri besar yang belum terungkap dan juga berbagai pertanyaan lainnya yang belum terjawab. Salah satunya adalah sosok Dr. Vegapunk, sosok paling cerdas di seluruh lautan. Sampai saat ini, Vegapunk menjadi salah satu karakter yang misterius, yang identitasnya masih belum terungkap.

Informasi yang bisa ada tentang Vegapunk sejauh ini adalah dia bekerja untuk angkatan laut dan Pemerintah Dunia. Di angkatan laut sendiri, Vegapunk memiliki posisi yang sangat penting. Hal ini wajar mengingat semua hasil riset dan juga berbagai kreasinya sangat luar biasa. Bahkan, bisa kita katakan, hampir semua benda yang dia ciptakan selalu memiliki manfaat yang luar biasa, baik untuk masa sekarang atau masa depan.

Malah, terkadang teknologi yang diciptakan oleh Dr. Vegapunk terlalu canggih, sehingga membuat banyak orang terheran-heran. Tidak sedikit juga orang yang beranggapan bahwa penemuan atau hasil riset dari Dr. Vegapunk sebagai sesuatu yang berbahaya dan bisa mengancam keselamatan dunia. Lalu, apa saja hasil ciptaan Vegapunk yang jenius?

Teknologi Batu Laut

Sebenarnya, batu laut bukan merupakan sesuatu yang spesial. Material ini biasa kita temukan di Wano, karena dalam arc Wano kita mendapatkan penjelasan bahwa Wano merupakan penghasil batu laut di dunia One Piece. Meskipun batu laut banyak di Wano, namun baru Vegapunk yang berhasil melakukan berbagai riset yang membuat batu laut itu menjadi sebuah teknologi.

Seastone Originates from Wano | One Piece | Know Your Meme

Contoh nyata dari hal ini adalah Vegapunk menciptakan sebuah borgol yang terbuat dari batu laut. Angkatan laut akan memborgol targetnya yang terlapisi oleh batu laut, dengan tujuan menetralisir kekuatan buah iblis mereka. Hal ini pernah terjadi kepada Marco dalam perang di Marineford. Selain borgol, Vegapunk juga memanfaatkan batu laut untuk melapisi kapal perang angkatan laut sehingga mereka bisa aman melintasi Calm Belt.

Menciptakan Buah Iblis Buatan

Ini merupakan salah satu pencapaian besar yang Vegapunk lakukan di serinya. Seperti yang kita tahu, buah iblis masih menjadi misteri besar yang belum terpecahkan sampai sekarang. Kita belum tahu dari mana asal-usulnya, bagaimana buah iblis ada di dunia One Piece, dan sebagainya. Dan ini juga yang coba untuk Vegapunk pecahkan dengan menciptakan tiruan buah iblis.

Artificial Devil Fruits | 10 facts About Artificial SMILE Devil Fruits One Piece

Sampai sejauh ini, Vegapunk masih bisa kita katakan gagal untuk melakukan hal tersebut. Karena, Oda sendiri masih belum memberikan konfirmasi mengenai hal ini. Namun, dari apa yang kita lihat dari sosok Momonosuke, yang memakan buah iblis buatan/tiruan Uo Uo, sepertinya riset Vegapunk ini sudah berhasil. Kita bisa membandingkan dengan buah iblis buatan SAD dan SMILEs milik Caesar Clown yang justru gagal besar.

Membuat Senjata

Seperti yang kita ketahui dalam kilas balik Queen, dia dan beberapa ilmuwan lain seperti Judge, Vegapunk, dan bahkan Caesar pernah tergabung dalam kelompok ilmuwan MADS. Mereka banyak melakukan penelitian, di mana salah satunya adalah senjata kimia atau biologis. Bukti nyata dari hal ini adalah bagaimana Queen mampu menciptakan berbagai senjata kimia yang dia gunakan dalam pertempuran di Onigashima.

Should Luffy Meet Vegapunk In Wano | One Piece Amino

Hal ini bisa kita lihat dalam teknologi yang digunakan oleh angkatan laut baik di prajurit mereka atau pun kapal perangnya. Meskipun dia menciptakan senjata, namun dia masih memiliki moral jika membandingkannya dengan para ilmuwan lain. Dia menolak segala bentuk uji coba untuk dilakukan terhadap anak-anak. Hal ini justru berbanding terbalik dengan Caesar atau pun Queen.

Meneliti Tentang DNA

Cetak biru kehidupan atau DNA merupakan satu hal besar yang juga Vegapunk riset bersama ilmuwan MADS lainnya. Selama puluhan tahun, mereka mencoba memecahkan misteri dan teka-teki tersebut. Dan hasilnya cukup luar biasa, di mana mereka bisa dikatakan berhasil untuk riset tersebut. Buktinya, Judge mampu memodifikasi Sanji dan anak-anaknya yang lain.

One Piece Chapter 840 – Judge and Vegapunk | 12Dimension

Bagaimana kemudian untuk Vegapunk? Bukti nyata dari bagaimana Vegapunk berhasil tentang riset DNA ini adalah dia berhasil membuat atau menghidupkan naga raksasa yang sempat menjadi penjaga Punk Hazard. Padahal, naga sendiri – dalam cerita One Piece – diceritakan sudah punah. Belum lagi, dia berhasil memodifikasi berbagai makhluk hidup lainnya seperti sosok Bartholomew Kuma.

Pacifista

Ini mungkin adalah salah satu hasil penelitian paling populer yang Vegapunk pernah kerjakan dalam seri One Piece. Seperti yang kita ketahui, Pacifista menjadi senjata andalan para angkatan laut saat mereka harus menghadapi bajak laut kuat. Butuh satu kapal perang besar untuk membuat Pacifista. Dan berdasarkan reaksi Blackbeard di chapter 1059 kemarin, bahkan Yonko pun sangat memperhitungkan senjata angkatan laut ini.

Joe) Three Skull Theories on Twitter: "One Piece Analysis & Theory The Seraphim Project #ONEPIECE #ONEPIECE1059 https://t.co/LFrJQFqilF" / Twitter

Pacifista sendiri berawal dari hasil riset dan juga modifikasi tubuh dari Kuma. Sayangnya, sampai saat ini kita masih belum mengetahui informasi jelas mengenai awal mula momen tersebut. Yang pasti, Kuma merelakan tubuhnya untuk dia rubah menjadi Pacifista. Dan di chapter 1060 kemarin, Vegapunk bahkan berhasil menghadirkan model terbaru yang kita kenal dengan nama Seraphim.

Special Science Group

Selain beberapa hal yang sudah disebutkan di atas seperti naga raksasa, teknologi batu laut, dan sebagainya, hasil karya besar dari Dr. Vegapunk lainnya adalah Special Science Group atau yang biasa disingkat SSG. Ini merupakan kelompok ilmuwan jenius yang menciptakan berbagai senjata atau hal lainnya. Berdasarkan informasi yang ada, kelompok ini sengaja dibentuk untuk menggantikan posisi Shichibukai yang sudah bubar.

Sora Muscles on Twitter: "@TypicalJAnt Sanji Saves GZoro" / Twitter

Ada kemungkinan bahwa semua proyek yang yang dikerjakan oleh SSG, merupakan kulminasi atau puncak dari hasil penelitian dan pekerjaanya selama ini. Seraphim menjadi bukti nyata dari kedahsyatan SSG, di mana Dr. Vegapunk sudah menemukan cara untuk bisa memasukan DNA orang lain untuk dimasukan ke versi baru Pacifista. Sampai saat ini, para fans sendiri masih menantikan apa yang akan dilakukan oleh pihak angkatan laut dengan pihak SSG.

Dr. Vegapunk merupakan ilmuwan yang berjasa bagi Pemerintahan Dunia dan Angkatan Laut. Dia telah melakukan banyak penelitian untuk memajukan teknologi Pemerintah Dunia. Menarik tentunya untuk menantikan kemunculan Vegapunk secara fisik dalam cerita One Piece. Kita nantikan saja ya Geeks kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.