Penggemar setia DC pasti sudah mengatahui bahwa di DC Universe ada banyak sekali Lantern Corps yang tersebar di galaksi. Misalnya Green Lantern yang terkenal memanfaatkan Emotional Spectrum ‘kehendak atau keberanian’ sebagai sumber kekuatannya. Kemudian ada juga Sinestro Corps yang mengandalkan ‘ketakutan dan teror’ untuk meningkatkan kehebatannya. Menariknya, ada satu Lantern Corps lain yang konon jauh lebih kuat dari semua Lantern yang ada DC Universe, yaitu Ultraviolet Corps.

Ultraviolet Corps atau UV Lantern adalah organisasi manusia super DC yang baru terungkap pada abad ke-21. Bedanya dengan semua Lantern Corps yang mengandalkan energi dari Emotional Spectrum, sumber kekuatan UV Lantern justru berasal dari ‘Invisible Emotional Spectrum‘ yang masih menjadi misteri di DC Universe. Tanpa perlu basa-basi lagi, langsung saja simak pembahasan tentang UV Lantern di bawah ini. Termasuk alasan mengapa mereka terkenal sebagai yang terkuat di antara semua Lantern Corps!

UV Lantern Diciptakan Oleh Matahari Hidup

Pertama kali muncul di komik Justice League Vol. 4 #2 (2018) karya Scott Snyder dan Jorge Jiménez, konon UV Lantern baru muncul di galaksi setelah Source Wall yang membatasi multiverse DC retak. Artinya, bukan tidak mungkin bahwa Lantern Corps yang satu ini berasal dari luar DC. Yang jelas, semuanya bermula masuk atau lolosnya ‘matahari hidup’ bernama Umbrax dari dari Source Wall ke galaksi. Sebagai Living Phantom Galaxy alias Hantu Galaksi, Umbrax melanglang buana di luar angkasa secara misterius, mendekati planet-planet yang kekuatan ‘kiamat’-nya paling besar.

Ini Lantern Corps Paling Kuat di DC Universe!, Greenscene

Setelah menemukan targetnya, Umbrax akan menjiwai planet-planet tersebut dengan energinya, untuk kemudian menjadikan seluruh kehidupannya sebagai bagian dari Ultraviolet Corps atau UV Lantern. Pada kemunculan pertamanya, Umbrax pernah merekrut John Stewart, Green Lantern dari Bumi, sebagai anggota pertama UV Lantern. Sinestro yang mengenal John dan mengetahui potensi sekaligus ancaman Umbrax, lantas mencoba memancingnya ke Bumi. Singkat cerita, karena Umbrax tertarik dengan energi kiamat, dia akhirnya hinggap di Bumi sambil menyembunyikan keberadaannya dari semua orang.

Karena masih baru dan belum tereksplor lebih jauh, sulit untuk mengetahui sejauh mana kekuatan UV Lantern di DC Universe. Walaupun begitu, villain tangguh seperti Sinestro dan Lex Luthor pernah mengisyaratkan bahwa tingkat kekuatan Umbrax dan para UV Lantern sangat ‘tidak terduga’ dan ‘tidak terbendung’. Sinestro bahkan pernah berusaha mencoba menguasai kekuatannya, tetapi pada akhirnya menyerah. Dia malah berbalik menjaga sumber kekuatan tersebut agar tetap jauh dan terkunci dari semua orang, termasuk dirinya sendiri.

Salah satu Kekuatan ‘Invisible’ di DC Universe

Berdasarkan sejarah singkatnya di DC Universe, cukup aman untuk kita simpulkan bahwa UV Lantern adalah ancaman besar yang motifnya masih menjadi misteri sampai sekarang. Sejauh ini hanya ada dua karakter populer DC yang pernah menjadi bagian dari UV Lantern, yaitu John dan Sinestro. Pada akhirnya mereka berdua sama-sama menyerah karena merasa ada sesuatu yang ganjil dari kekuatan UV Lanterns. Tidak seperti Lantern Corps lain yang hanya berfokus pada satu kekuatan emosi saja, para UV Lantern justru bisa memanfaatkan ‘semua’ emosi negatif dari dirinya dan sekitarnya.

Ini Lantern Corps Paling Kuat di DC Universe!, Greenscene

Apa pun emosi negatifnya, baik kebencian, ketakutan, maupun kemarahan, seorang UV Lanterns bisa memanfaatkan semuanya. Artinya kekuatan mereka bisa berkali-kali lipat lebih besar dari Lantern lain. Menariknya, Power Ring milik UV Lantern sama sekali tidak berbentuk benda, melainkan tato bersinar yang terdapat di jari penggunanya. ‘Tato’ Power Ring ini memungkinkan penggunanya untuk terbang, mengeluarkan proyektil energi, menciptakan sesuatu dari imajinasinya, menciptakan medan energi, bahkan memengaruhi emosi negatif orang lain. Itulah mengapa mereka terkenal sangat berbahaya.

Sejauh ini masih belum terungkap apa kelemahan dari UV Lantern, begitu juga dengan batas kekuatan maksimalnya. Yang jelas saat ini Umbrax dan para UV Lantern lain tengah menunggu waktu yang tepat untuk melancarkan tujuannya. Di mana tujuannya sendiri masih menjadi misteri sampai sekarang. Hanya waktu yang bisa menjawab apa tujuan mereka yang sebenarnya. Yang jelas untuk saat ini mereka akan terus mengelilingi energi negatif dan energi kiamat dari suatu planet. Semoga kisah DC pada masa yang akan datang dapat segera menjawab keberadaan UV Lantern yang sangat misterius ini.