Tanda kemunculan Momoshiki. Sosok Momoshiki Otsutsuki sempat menghilang pasca proses Otsutsukifikasinya di tubuh Boruto akhirnya harus terhenti di angka 82%. Hal ini terjadi setelah Kawaki berhasil “membunuh” Boruto saat mereka berdua berusaha untuk mengalahkan Code. Saat itu, Momoshiki berusaha kembali untuk bisa mengendalikan Boruto. Namun, seperti yang muncul dalam chapter sebelumnya di seri manga Boruto: Naruto Next Generation kita akhirnya melihat kembali sosok Momoshiki.

Momoshiki Otsutsuki merupakan salah satu dari tiga anggota klan Otsutsuki yang datang ke bumi untuk mencari kekuatan Chakra terbesar di planet ini – yang mana kekuatan tersebut ada dalam diri Naruto. Momoshiki sempat bertarung melawan Naruto dan Sasuke sekaligus, tapi nyatanya mereka berdua masih bukan tandingan seorang Momoshiki.

Gawat, Momoshiki Ambil Alih Boruto?

Namun, kemudian Momoshiki pada akhirnya berhasil Boruto, Naruto, dan Sasuke kalahkan di awal serinya. Sebelum “kematiannya” Momoshiki sempat menanamkan segel Karma ke tubuh Boruto. Hal ini membuat Momoshiki terkadang mampu untuk mengambil alih tubuh Boruto, karena pada dasarnya dia bersemayam di tubuh sang protagonis utama. Meskipun begitu, banyak fans menduga bahwa dia sudah tewas pasca peristiwa pertarungan melawan Code.

Tetapi, kejutan pun terjadi di mana ternyata Momoshiki masih belum tewas. Hal ini bisa kita lihat di chapter 72 kemarin di mana dia kembali muncul dan berbincang dengan Boruto. Dan yang mengejutkan adalah di chapter 73 ini pun sosok Otsutsuki tersebut kembali muncul, meskipun tidak ada percakapan sama sekali. Hal ini benar-benar diluar perkiraan para fans.

Tanda Kemunculan Kembali Momoshiki?

Dalam chapternya kita bisa melihat bagaimana dua sosok utama, Kawaki dan Sasuke, mampu melihat dan merasakan keberadaan Momoshiki. Kawaki mampu melihat sosok Momoshiki yang berada di pinggir Boruto dan Sarada. Namun, Kawaki sendiri seolah tidak percaya dengan apa yang dia lihat karena tidak berlangsung lama. Namun, hal berbeda dialami oleh Sasuke.

Sasuke memang tidak melihat keberadaan sosok Momoshiki, namun dia merasakan hawa keberadaanya. Bahkan, dia pun mengaku bahwa apa yang dia rasakan saat itu mirip seperti pengalamannya saat pertarungan menghadapi Momoshiki. Apa yang terjadi kepada kedua karakter ini seolah menjadi tanda kemunculan kembali Momoshiki pada masa yang akan datang.

Manga Boruto Chapter 72, Code Bikin Pasukan Monster dari Ekor Sepuluh! - Hai

Mengapa? Artinya Momoshiki Otsutsuki kemungkinan tidak benar-benar tewas meskipun kemudian proses Otsutsukifikasinya tidak sempurna. Hal ini pun menjadi bukti ucapannya di chapter sebelumnya, bahwa dia masih akan memberikan mimpi buruk terhadap Boruto. Dan puncaknya adalah bagaimana dia tidak sabar untuk menyaksikan momen kehancuran hidup Boruto dan juga seluruh dunia.

Apakah artinya Momoshiki akan menjadi villain terakhir yang akan Boruto hadapi? Bisa jadi. Mungkin Momoshiki akan menunggu waktu yang tepat untuk kemudian bisa kembali bangkit, seperti yang dia ucapkan di chapter 72. Berdasarkan hal tersebut, hanya tinggal masalah waktu bagi Momoshiki untuk kemudian bisa kembali muncul dan menghancurkan seluruh dunia.

Bagaimana Cara Keduanya Merasakan Momoshiki

Pertanyaan lain yang juga muncul terkait apa yang terjadi kepada Sasuke dan Kawaki. Mengapa kemudian mereka berdua bisa merasakan dan juga melihat sosok Momoshiki? Padahal, sosoknya sendiri sudah dianggap “tewas.” Meskipun masih sekedar spekulasi, ada kemungkinan bahwa Kawaki mampu melihat sosok Momoshiki karena dia memiliki Karma dalam tubuhnya.

Seperti yang kita ketahui, Amado kembali mengaktifkan Karma Isshiki tanpa sepengetahuannya. Artinya, dengan aktifnya kembali Karma Isshiki dia sudah menjadi seorang Otsutsuki. Hal ini berefek pada Kawaki yang kemudian mampu melihat keberadaan Momoshiki. Bagaimana dengan Sasuke? Dia memang tidak memiliki Karma seperti halnya Kawaki, namun dia tetap memiliki chakra seorang Otsutsuki.

Hal ini ada di dalam tubuhnya, yang mana hal ini juga yang kemudian menjadikannya mampu untuk memiliki Rinnegan. Dengan kata lain, Sasuke memiliki chakra seorang Otsutsuki yang mana membuatnya bisa juga merasakan hawa keberadaan Momoshiki. Namun, masih belum diketahui apakah dia juga mampu melihat sosoknya seperti Kawaki.

https://www.greenscene.co.id/author/irvan-sukmaningrat/