Sebentar lagi musim Halloween akan segera tiba dan menghantui para pecinta horor di seluruh dunia. Tentunya ada banyak sekali cara yang bisa kita lakukan untuk memeriahkan perayaan ini, baik bersama keluarga maupun sendirian. Salah satunya adalah dengan menonton film horror Hollywood yang mungkin jumlahnya mencapai ratusan bahkan mungkin ribuan. Di antara semua film horor tersebut, beberapa di antaranya terkenal sebagai film paling seram sepanjang sejarah. Seperti tujuh film horor klasik yang akan kita bahas kali ini. Mulai dari film horror psikologi sampai horror thriller, berikut ini film-film klasik yang dapat membuat malam kalian makin mengerikan sekaligus berkesan!

The Exorcist (1973)

7 Film Horror Klasik Wajib Tonton!, GreensceneBanyak yang sepakat bahwa The Exorcist adalah salah satu film terseram sepanjang masa. Film adaptasi novel berjudul sama garapan sutradara William Friedkin ini terbilang mempunyai plot yang cukup sederhana. Di mana ada seorang anak kecil yang dirasuki oleh iblis dan pemuka agama setempat berusaha menyembuhkannya. Pada saat penayangan perdananya di Hollywood, konon saking seramnya film ini banyak sekali penonton yang tiba-tiba berteriak histeris bahkan pingsan. Tidak sedikit juga yang mengaku mual dan merasa ketakutan untuk waktu yang cukup lama, setelah menonton film The Exorcist.

The Texas Chainsaw Massacre (1974)

7 Film Horror Klasik Wajib Tonton!, GreensceneMeskipun dibuat dengan anggaran yang tidak banyak, tetapi film pertama dari waralaba The Texas Chainsaw Massacre ini terbilang cukup berhasil. Di mana ada banyak sekali yang tertarik untuk mengikuti kisah tentang pembunuh berantai kanibal bernama Letherface (Gunnar Hansen). Di tangan sutradara Tobe Hooper, film horror slasher ini dapat membuat siapa pun merasa ketakutan sekaligus ngeri dengan sejumlah adegan brutalnya. Apalagi kabarnya film klasik ini terinspirasi dari seorang pembunuh asli bernama Ed Gein, yang hobi membuat benda-benda dari kulit dan organ para korbannya.

Halloween (1978)

7 Film Horror Klasik Wajib Tonton!, GreensceneBaik musim Halloween maupun tidak, film Halloween selalu berhasil membuat siapa pun yang menontonnya merasa ngeri. Sebagai penulis sekaligus sutradara filmnya, John Carpenter terbilang cukup brilian dalam membangkitkan ketakutan di hati para penontonnya. Salah satunya dengan menghadirkan teriakan dari karakter bernama Laurie (Jamie Lee Curtis), saat bertemu dengan pembunuh bertopeng, Michael Myers. Meskipun topengnya sederhana, tetapi karakter Michael Myers adalah ikon pembunuh yang sampai sekarang masih mampu mempertahankan waralaba Halloween dengan kengeriannya.

The Shining (1980)

7 Film Horror Klasik Wajib Tonton!, GreensceneAda banyak sekali film adaptasi novel karya Stephen King, yang sampai sekarang menghiasi ‘dunia horror’ Hollywood. Termasuk film Mr. Harrigan’s Phone yang sebentar lagi akan tayang di Netflix. Namun, dari semua film adaptasi tersebut, The Shining yang disutradarai oleh Stanley Kubrick adalah salah satunya yang paling menyeramkan. Film ini bercerita tentang karakter Jack Torrance (Jack Nicholson) yang mulai menggila saat menginap di sebuah hotel berhantu. The Shining sangat cocok bagi siapa pun yang ingin merasakan sensasi jump scare yang sesungguhnya.

1
2