Sejarah hubungan She-Hulk & Daredevil di Marvel. Minggu ini Marvel Studios akan menayangkan serial She-Hulk: Attorney At Law episode 6 di saluran streaming Disney+. Di mana kemungkinan besar nantinya karakter Matt Murdock alias Daredevil (Charlie Cox) akan menampakan diri di hadapan She-Hulk (Tatiana Maslany. Spekulasi tersebut bermula dari penampakan helmnya di ending sebelumnya yang mengindikasikan bahwa sang Man Without Fear sudah siap untuk muncul.

Kemunculan Daredevil di She-Hulk memang sudah terkonfirmasi melalui berbagai promosinya. Termasuk di trailer yang memperlihatkan sosoknya dengan kostum baru berwarna merah dan kuning. Para penggemar sendiri sudah tidak sabar ingin segera melihat penampilan barunya tersebut.

Terlepas dari kemunculannya nanti seperti apa, tidak sedikit yang bertanya-tanya apakah She-Hulk dan Daredevil juga pernah bertemu di kisah komiknya? Faktanya, mereka memang pernah bertemu lebih dari satu kali. Sebelum melihat pertemuan perdana mereka di MCU, berikut ini pembahasan mengenai sejarah She-Hulk dan Daredevil di Marvel Comics yang perlu kalian tahu. Check this out!

Berbagai Kesamaan She-Hulk dan Daredevil

Baik She-Hulk maupun Daredevil, mereka adalah dua karakter Marvel yang sudah tidak perlu kita ragukan lagi popularitasnya. Matt Murdock alias Daredevil sendiri adalah superhero Marvel yang melakukan debutnya pada tahun 1964 di komik solo Daredevil #1. Sedangkan She-Hulk muncul lima belas tahun setelahnya, tepatnya pada tahun 1979 di komik Savage She-Hulk #1. Sebagai superhero, mereka berdua mempunyai beberapa kesamaan. She-Hulk dan Daredevil sama-sama anggota Avengers dan mempunyai karier yang cukup cemerlang sebagai pengacara andal di Marvel Universe.

Menurut sejarahnya, Matt sering kali tampil sebagai pengacara profesional di berbagai kasus manusia super. Mulai dari persidangan White Tiger yang dituduh membunuh polisi. Sampai membela Human Torch karena tidak sengaja membakar kampus Universitas Empire State. Di sisi lain She-Hulk juga pernah terlibat beberapa persidangan kasus besar sebagai pengacara. Seperti membela Speedball di kisah Civil War, menjadi kuasa hukum Spider-Man di persidangan melawan J. Jonah Jameson, dan menjadi jaksa penuntut di kasus pelecehan tingkat kosmik yang dilakukan oleh Starfox.

Pertemuan Antara She-Hulk dan Daredevil

Meskipun sama-sama terdaftar sebagai anggota Avengers, sebenarnya cukup aneh mengapa She-Hulk dan Daredevil tidak pernah berinteraksi secara langsung dalam pertempuran. Untungnya, di dunia pengacara dan hukum mereka berdua pernah bertemu setidaknya dua kali. Yang pertama di komik She-Hulk Vol. 3 #4 yang rilis pada tahun 2014. Di mana She-Hulk bertemu Matt untuk meminta saran terkait kariernya sebagai pengacara profesional. Matt bahkan sampai bercanda bahwa dia akan memberikan harga ‘keluarga’ untuk sesi konsultasi She-Hulk.

Pertemuan kedua mereka terbilang lebih intens dari sebelumnya. Masih di komik yang sama edisi kedelapan, di mana untuk pertama kalinya mereka bertemu sebagai lawan persidangan terkait kasus kematian palsu Steve Rogers alias Captain America di era Perang Dunia II. Pada titik ini karena bukti-bukti terkait kasus tersebut dirahasiakan pemerintah, She-Hulk sempat kewalahan dalam membela Captain America. Namun karena berhasil memenangkan hati para juri, pada akhirnya She-Hulk berhasil memenangkan persidangan.

Menariknya, setelah persidangan selesai, Matt mengaku pada She-Hulk bahwa yang menyuruh melawannya adalah Captain America sendiri. Jadi sepertinya kekalahan di persidangan tersebut memang sudah Matt rencanakan sebelumnya. Sejak saat itu She-Hulk dan Matt alias Daredevil tidak pernah lagi bertemu, khususnya dalam persidangan. Namun, sejarah singkat mereka ini secara tidak langsung telah menjelaskan bahwa dalam dunia pengacara Matt memang lebih senior. She-Hulk juga tampaknya sangat senang karena ada superhero lain yang seprofesi dengannya.

Masa Depan Keduanya di MCU

Masih menjadi misteri bagaimana She-Hulk dan Daredevil akan bertemu di MCU, khususnya di serial She-Hulk: Attorney At Law. Entah mereka akan bertemu pertama kali sebagai superhero atau sebagai pengacara di persidangan. Yang jelas, pertemuan mereka sudah tidak terelakan lagi dengan sisa episode serialnya yang tinggal lima episode lagi. Berdasarkan potongan adegan yang rilis secara eksklusif di acara D23 kemarin, kabarnya She-Hulk dan Daredevil akan mempunyai hubungan yang cukup unik.

Dalam potongan adegan tersebut kedua superhero sedang berada di atap sebuah gedung. Sambil mengenakan kostum superhero masing-masing, mereka terlihat tengah memperdebatkan perbedaan antara ‘orang jahat’ dan ‘antek penjahat’. Di tengah-tengah perdebatan, Daredevil mengatakan bahwa dia mendegar suara detak jantung She-Hulk yang emosional. Hal tersebut menyebabkan momen canggung di antara keduanya. Sejurus kemudian mereka langsung bertarung bersama melawan para penjahat yang berada di bawahnya.

Jika hubungan mereka terus berkembang di sepanjang serialnya, bukan tidak mungkin ke depannya She-Hulk dan Daredevil akan lebih sering bertemu daripada di komiknya. Misalnya di tayangan MCU mendatang, seperti serial Daredevil: Born Again (2024) atau bahkan di film Avengers: The Kang Dynasty dan Secret Wars (2025). Yang jelas kita lihat saja terlebih dahulu seperti apa pertemuan perdana mereka di serial She-Hulk: Attorney At Law. Episode 6 sendiri akan tayang di Disney+ pada tanggal 22 September besok.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.