Dalam cerita Marvel, ada beberapa kelompok atau tim rahasia pelindung Bumi. Marvel Universe adalah rumah bagi banyak tim ata kelompok super yang mempunyai motivasi dan juga tujuannya masing-masing. Mulai dari kelompok superhero yang ingin melindungi Bumi beserta semua isinya. Sampai kelompok para villain yang ingin menguasai Bumi demi kepentingan mereka sendiri. Di antara para kelompok super tersebut, terdapat juga sebuah kelompok lainnya yang memisahkan diri dari masyarakat umum, bahkan cenderung menyembunyikan keberadaannya. Di mana mereka diam-diam melakukan banyak hal agar Bumi menjadi tempat yang lebih baik. Seperti keenam kelompok atau tim rahasia Marvel yang bertugas sebagai pelindung Bumi. Langsung saja simak daftar di bawah ini, Geeks!

S.H.I.E.L.D.

Strategic Homeland Intervention, Enforcement and Logistics Division alias S.H.I.E.L.D. adalah organisasi top-secret internasional. Yang mempunyai tujuan untuk mencegah sekaligus menanggulangi masalah yang dapat membahayakan Bumi. Musuh bebuyutan Hydra ini sejatinya adalah kelompok mata-mata yang bergerak secara diam-diam mengikuti perkembangan manusia super di Bumi. Pada akhirnya tidak jarang juga mereka akan melibatkan para superhero untuk melindungi Bumi. Beberapa anggota S.H.I.E.L.D. yang cukup populer di antaranya adalah Nick Fury, Maria Hill, dan Phil Coulson.

S.W.O.R.D.

Setelah keberadaan S.H.I.E.L.D. terekspos kepada dunia, ada sejumlah turunan kelompok lainnya yang meneruskan kerahasiaan mereka. Salah satunya adalah S.W.O.R.D., singkatan dari Standing for Sentient World Observation and Response Department. Bedanya dari kelompok induk mereka, S.W.O.R.D. bermarkas di stasiun luar angkasa. Di mana hal tersebut memudahkan mereka untuk mencapai tujuannya, yaitu melindungi Bumi dari ancaman luar angkasa. Di tangan Abigail Brand, kelompok atau tim rahasia ini terus berkembang dengan anggota yang terdiri dari para manusia super, termasuk para mutan Bumi.

S.T.A.K.E.

Kelompok rahasia lainnya yang merupakan turunan dari S.H.I.E.L.D. adalah Special Threat Assessment for Known Extranormalities alias S.T.A.K.E. Jika Sword mengawasi acaman dari luar angkasa, S.T.A.K.E. bertugas untuk menghalau segala jenis bahaya dari dunia gaib. Itulah mengapa para anggotanya terdiri dari para agen yang cukup erat dengan dunia supernatural. Termasuk Warwolf, Hit-Monkey, Man-Thing, Jasper Sitwell dan sebagainya. Alasan mengapa Dum Dum Dugan mendirikan kelompok rahasia yang satu ini adalah karena dia merasa bahwa dunia gaib adalah suatu ancaman yang serius bagi Bumi.

Illuminati

Sama seperti mitos di dunia nyata, Illuminati di Marvel Comics juga merupakan kelompok rahasia yang keberadaan dan motifnya sangat misterius. Kelompok yang pertama kali muncul setelah perang Kree-Skrull ini terdiri dari para supehero cerdas yang merupakan bagian dari kelompok lain. Seperti Iron Man dari Avengers, Mister Fantastic dari Fantastic Four, Black Bolt dari Inhuman, Professor X dari X-Men, Doctor Strange dari Kamar-Taj, Black Panther dari Wakanda, dan Namor dari Atlantis. Tujuan utama mereka adalah mencegah semua ancaman Bumi bahkan jauh sebelum terjadi.

Atlas Foundation

Kelompok yang pertama kali muncul pada era Kekaisaran Mongol ini awalnya mempunyai nama Eternal Empire. Di mana tujuan awalnya adalah menguasai dunia. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, nama kelompok mereka telah berubah menjadi Atlas Foundation. Dengan tujuan yang jauh lebih mulia, temasuk menggunakan kekuatan dan pengaruhnya untuk kebaikan umat manusia. Kelompok atau tim rahasia yang sekarang dipimpin oleh Jimmy Woo ini telah melahirkan tim super Asia Agent of Atlas. Yang anggotanya terdiri dari Aero, Crescent, Luna Snow, Silk, White Fox, Sword Master, dan masih banyak lagi.

Brotherhood of the Shield

Meskipun belum bisa dibuktikan, tidak sedikit yang percaya bahwa Brotherhood of the Shield adalah kelompok leluhur S.H.I.E.L.D. yang mengabdikan dirinya untuk melindungi Bumi secara diam-diam. Apalagi musuh abadi mereka adalah Brotherhood of Spear yang merupakan awal mula Hydra. Terlepas dari misteri tersebut, Brotherhood of the Shield sendiri dikenal sebagai kelompok rahasia kuno yang telah merekrut sejumlah sosok cerdas dan kuat untuik menjamin keselamatan Bumi. Bahkan mereka pernah merekrut Apocalypse dan Moon Knight untuk melindungi Bumi dari invasi alien Brood pada tahun 2620 BC.

Itulah enam kelompok atau tim rahasia di Marvel Universe yang diam-diam menjadi pelindung Bumi beserta semua isinya. Sampai sekarang keberadaan dari sebagian besar kelompok ini bahkan masih menjadi misteri bagi orang awam. Hanya segelintir orang yang yang mengetahui bahwa mereka benar-benar eksis. Misalnya seperti Atlas Foundation dan tim super Agent of Atlas-nya yang mungkin sampai sekarang tidak banyak yang tahu, bahkan penggemar Marvel sekalipun. Itu artinya, mereka telah berhasil mencapai tujuan kelompoknya, yaitu tetap menjadi rahasia sambil menjalankan misinya untuk menjaga Bumi.