Bagaimana nasib Viserys di House of the Dragon? Serial House of the Dragon episode 5 akhirnya memperlihatkan pernikahan Putri Rhaenyra Targaryen dengan Laenor Velaryon. Setelah di episode sebelumnya banyak pria Seven Kingdom yang mengantri untuk menjadi suaminya, akhirnya pilihan King’s Landing jatuh pada putra pertama Corlys Velaryon. Pernikahan antara dua klan terkuat di Westeros ini mempunyai pengaruh yang cukup banyak untuk masa depan serialnya. Salah satunya yaitu menjadi pemicu perang saudara Targaryen, khususnya dengan keadaan terakhir King Viserys di ending episode kemarin.

Setelah sempat terjadi keributan besar, di mana Ser Criston Cole membunuh kekasih Laenor, pernikahan Rhaenyra pun ditutup dengan sangat dramatis. Di mana Viserys tiba-tiba jatuh tak sadarkan diri dan membuat semua yang menghadiri upcara pernikahan terlihat panik. Hal tersebut bisa terjadi karena Viserys memang telah sakit jauh sebelum pernikahan putrinya. Yang sekarang jadi pertanyaan, apakah akhirnya Viserys menemui ajalnya? Jika iya, apa yang selanjutnya akan terjadi setelah kematiannya? Mari langsung saja kita bahas takdir yang menimpa Viserys tersebut.

Apa yang Terjadi Pada King Viserys?

Sejak episode perdana sampai episode 5 House of the Dragon kemarin, cukup jelas bahwa King Viserys dari aktor Paddy Considine telah menderita penyakit parah yang membuat tubuhnya melemah. Tidak ada satu pun maester kerajaan yang mengetahui penyakit yang Viserys derita. Di serialnya juga tidak ada satu pun percakapan yang membahas nama dari penyakit tersebut. Yang pasti penyakit Viserys ini telah menyebabkan banyak luka yang muncul secara tiba-tiba di kulitnya. Meskipun Viserys berusaha terlihat kuat sebagai raja, tetapi saat sendirian dia terlihat sangat kesakitan.

Dalam acara podcast EW’s West of WesterosConsidine sempat menggambarkan bahwa penyakit yang menimpa karakternya mirip seperti lepra atau kusta. “Dia menderita penyakit sejenis kusta. Tubuhnya dan tulangnya makin rusak,” ungkap Considine. “Dia sebenarnya tidak terlalu tua, di dalam tubuhnya dia masih seorang pria muda. Sayangnya, dia mempunyai penyakit yang mengabil alih tubuhnya. Itu merupakan perwujudan metafora dari tugasnya sebagai seorang raja yang pikirannya stres dan tegang. Apa yang terjadi menimpa mentalnya, berpengaruh juga pada fisiknya.”

Seperti yang kita tahu, Viserys memang telah menderita stres yang berkepanjangan. Semua bermula dari harapannya yang ingin mempunyai anak pria sebagai penerusnya. Sampai akhirnya terpaksa menunjuk Rhaenyra sebagai ahli waris, sekaligus berjuang dengan sekuat tenaga agar putrinya tersebut dapat menjadi ratu yang sesuai dengan harapannya. Karena penyakit dan puncak stresnya lah akhirnya dia tumbang di saat Rhaenyra menikah. Di mana ending dari episode 5 tersebut menyisakan misteri gantung, apakah dia benar-benar mati atau tidak?

Bagaimana Nasib Viserys Selanjutnya di House of the Dragon?

Jika mengacu pada materi aslinya, Viserys seharusnya tidak mati di pernikahan putrinya. Di novel Fire & Blood karya George R.R. Martin, pernikahan Rhaenyra dan Laenor terjadi sekitar tahun 114 AC, dan Viserys meninggal dunia pada tahun 129 AC. Artinya dia masih mampu melawan penyakitnya sampai lebih dari satu dekade setelah pernikahan putrinya. Berdasarkan hal tersebut kemungkinan besar karakternya masih akan muncul di House of the Dragon episode selanjutnya. Kabarnya episode 6 nanti akan mengambil latar sepuluh tahun setelah pernikahan Rhaneyra dan Laenor.

Sebelum ajalnya menjemput, Viserys masih akan bertindak sebagai raja Seven Kingdom. Di mana nantinya dia telah menjadi ayah dari empat anak dan kakek dari tiga cucu. Namun karena pada titik ini ketegangan antara kubu Rhaenyra dan Ratu Alicent Hightower makin memanas. Nantinya saat kematian Viserys benar-benar terjadi, perang saudara Targaryen sudah tidak mungkin terelakan lagi. Karena Alicent akan berusaha membuat anak pertamanya dari Viserys, yaitu Aegon Targaryen, untuk naik takhta. Sedangkan di sisi lain Rhaenyra merasa bahwa dia adalah pewaris King’s Landing yang sebenarnya.

Terlepas dari apakah serialnya akan mengabil arah yang sama seperti di novelnya atau tidak, perang saudara Targaryen memang seharusnya terjadi setelah kematian Viserys di House of the Dragon. Jadi kita lihat saja nanti kapan tepatnya Viserys mati, yang jelas dia masih mempunyai kesempatan untuk muncul kembali di episode minggu depan. Serial House of the Dragon episode 6 yang berjudul ‘The Princess and the Queen‘ akan tayang pada tanggal 25 September besok, hanya di saluran streaming HBO.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.