Momen kebangkitan Mangekyou Sharingan Sarada. Sarada Uchiha adalah salah satu shinobi hebat yang dihadirkan dalam seri Boruto: Naruto Next Generation. Anak dari Uchiha Sasuke dan Haruno Sakura ini merupakan bagian dari Team 7 bersama Mitsuki dan Boruto Uzumaki. Sama halnya seperti Boruto, meskipun usianya masih sangat muda namun kekuatan dari Sarada patut untuk diperhitungkan karena sangat luar biasa.

Salah satu bukti kehebatan dari Sarada sendiri adalah dia berhasil membangkitkan Sharingannya di usia yang masih kecil. Memang masih butuh banyak latihan lagi bagi Sarada untuk membuat kekuatannya sempurna. Namun, sebagian besar fans sendiri banyak yang memprediksi Sarada akan berhasil membangkitkan Mangekyou Sharingan miliknya. Bagaimana kemudian dia melakukan hal tersebut?

Takdir Buruk Sarada

Terdapat sebuah spekulasi yang menarik jika Sarada kemungkinan akan membangkitkan Mangekyou Sharingan miliknya setelah melihat sang ibu tewas. Hal ini berdasarkan takdir buruk yang Sarada lihat dalam sebuah novel yang ditulis oleh Ukyo Kodachi. Seperti yang kita ketahui, sebelum seri Boruto sekarang dikerjakan oleh Ikemoto dan Kishimoto, Ukyo Kodachi sempat memegang proyek ini.

Dia sempat mengeluarkan sebuah novel ringan tentang perjalanannya ke desa Kirigakure. Meskipun alur cerita ini sempat diadaptasi dalam seri anime, namun ada beberapa hal yang tidak muncul di cerita seri animenya. Salah satunya adalah momen Sarada merasakan kematian dari sang ibu. Dalam ceritanya terungkap bahwa Sarada melihat sebuah ramalan tentang takdir buruk yang akan dialami ibunya, Sakura, dalam sebuah mimpi.

Dalam mimpi tersebut Sarada melihat ibunya tewas dalam sebuah peperangan besar. Dan Sakura sendiri tewas akibat melindungi Sarada. Dia tewas di pelukan sang anak, yang mana dalam ceritanya terungkap bahwa momen itu membuat Sarada bergetar hebat. Ketika kemudian Sarada menyadari sang ibu sudah tewas, dia pun merasakan emosi yang memuncak dan hendak menghabisi musuh yang membunuh sang ibu.

au where sakura dies protecting sarada from shin ...

Dan momen inilah yang kemudian menjadi awal kebangkitan Mangekyo Sharingan milik Sarada. Namun, yang masih menjadi pertanyaan kemudian adalah apakah itu hanya sekedar takdir atau benar-benar akan terjadi pada masa yang akan datang? Untuk saat ini, memang kita masih belum mengetahui pasti terkait hal itu. Namun, bukan hal mustahil jika memang takdir buruk itu akan terjadi.

Seperti yang kita ketahui, pada masa depan Konoha akan hancur lebur. Tidak ada orang yang tersisa selain Kawaki dan Boruto. Sayangnya, kita tidak tahu apa yang terjadi kepada Sarada atau pun Sakura. Namun, bukan tidak mungkin jika mereka berdua atau salah satu dari mereka masih hidup. Sarada yang mungkin berpeluang masih hidup pada saat itu, yang mana mungkin dia sudah membangktikan Mangekyou Sharingan miliknya.

Bukti Sarada Bangkitkan Sharingan

Sekitar kurang lebih enam tahun lalu, Kishimoto sempat menghadirkan semacam concept art untuk seri Boruto. Dalam gambar tersebut nampak tiga sosok familiar di seri Boruto, mereka adalah Mitsuki, Sarada, dan Boruto. Mitsuki terlihat menggunakan Sage Mode ular miliknya. Kemudian, Boruto nampak mengaktiflkan Doujutsu Byakugan (atau Jougan) yang menjadi andalannya.

Boruto: Old Kishimoto's Artwork - could it be an hint for the future of the series? : r/Boruto

Dan Sarada sendiri nampak sudah berhasil membangkitkan Mangekyou Sharingan miliknya. Dan pada saat ini, seiring serinya berjalan Mitsuki dan Boruto sudah “mewujudkan” dari concept art tersebut. Hanya tinggal Sarada yang masih belum mewujudkannya, di mana dia akan memiliki kekuatan Mangekyou Sharingan. Apakah Sarada akan berhasil membangkitkan kekuatan epik tersebut? Apakah ramalan buruk yang terjadi di novel akan juga terjadi di cerita utamanya? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.