Penjelasan pedang Sauron di Rings of Power. Terdapat banyak pedang spesial yang telah terceritakan dalam film trilogi The Lord of the Rings, dan juga The Hobbit. Salah satu yang paling terkenal adalah pedang Narsil yang Isildur gunakan untuk melawan Sauron. Lalu, ada juga Glamdring dan Orcrist, pedang elf kuno yang Gandalf dan Thorin Oakenshield temukan di sebuah gua tua. Selain itu, Bilbo Baggins pun mempunyai pedang khusus untuk melawan Orc yang bernama Sting.

Musim pertama serial Rings of Power kemudian juga telah memperkenalkan sebuah pedang khusus ke dalam jalan ceritanya. Pedang yang muncul pada serial ini berwarna hitam pekat, dan bentuknya terlihat sudah tidak utuh lagi. Tetapi, pedang itu nampak memiliki kekuatan yang jahat, dan terhubung dengan Sauron. Lalu, bagaimanakah pengaruhnya terhadap jalan cerita Rings of Power ini? Apakah pedang hitam tersebut mampu membangkitkan Sauron dari tempat persembunyiannya?

Berhasil Ditemukan oleh Manusia

Dalam episode perdana serial Rings of Power, seorang pemuda dari Southlander, Theo, menemukan satu pedang hitam yang telah terkubur lama di bawah lantai gudang milik seorang pria tua bernama Waldreg. Pedang yang ia temukan bentuknya sudah hancur, dan hanya tinggal tersisa gagangnya saja. Tetapi, pedang itu juga ternyata mempunyai simbol Mata Sauron yang jelas terlihat. Saat setetes darah Theo jatuh ke dalam pedang hitam, dengan cepat bilah api merah mulai mengempul mencoba menumbuhkan pedang tersebut secara utuh.

Pedang hitam milik Theo telah menjadi sesuatu bagian yang menarik dalam serial ini. Terlebih, simbol Mata Sauron pada pedang tersebut mengindikasikan jika senjata itu merupakan miliknya. Kita ketahui, jika simbol Mata Sauron sebenarnya menunjukan peta wilayah Southlander, yang kemudian menjadi Mordor. Leluhur Southlander merupakan pengikut setia Morgoth, pemimpin Sauron, dan masuk akal juga jika Waldreg masih menjaga warisan itu dengan memilih tetap setia kepada Raja Kegelapan. Jadi, kemungkinannya Waldreg memang sudah turun temurun menyimpannya untuk kebangkitan Sauron.

Sementara itu, Theo belum mengetahui latar belakang dari pedang tersebut, dan ia menyimpannya hanya sebagai senjatanya saja. Apalagi, Theo melihat bahwa pedang hitam mampu mengeluarkan api, dan dia tentu bisa menggunakannya untuk melawan Orc yang sekarang berada di Southlander. Dalam episode keempat sekarang, Theo sudah mengetahui jika mereka juga sedang mencari pedang hitam. Tetapi, dia masih belum menyadari bahaya besar yang akan terjadi kepadanya, dan para Southlander yang sekarang berlindung di menara tua.

Mempersiapkan Kedatangan Sauron

Pada episode keempat tersebut, Waldreg ternyata sudah mengetahui jika Theo mengambil pedang hitam dari gudanganya. Selama ini, Waldreg pernah menggunakannya, dan terdapat bekas luka simbol Sauron di lengannya. Dia lalu mengatakan kepada Theo bahwa itu bukanlah sebuah pedang biasa, melainkan kekuatan yang dibuat untuk nenek moyang kita oleh tangan tuannya sendiri. Lalu, Waldreg melanjutkan dengan berbicara tentang “pelayan yang indah, dia yang hilang tetapi akan kembali.” Dia menamai pelayan ini sebagai Sauron.

Jadi, kita tahu bahwa pedang hitam ini memang ada hubungannya dengan Sauron, dan sepertinya juga Morgoth memang membuatkan khusus untuknya. Selain itu, Waldreg juga mengungkapkan kepada Theo bahwa waktu kedatangan Sauron sudah dekat. Ia lalu meminta Theo untuk menyimpan seluruh kekuatannya, dan bersiap menghadapi sesuatu yang akan datang. Ketika Waldreg berbicara, Theo nampak ketakutan, dan dirinya belum pernah mendengar nama Sauron sama sekali.

Masih belum pasti apakah Theo akan menjadi bagian pengikut Sauron. Tetapi yang jelas, Waldreg sepertinya berusaha untuk menanaman gagasan kegelapan kepada anak muda ini. Di sisi lain, dengan terungkapnya pedang hitam Sauron, ini bakal menimbulkan konflik menegangkan antara manusia dan Orc. Sekarang, para Southlander tengah berada dalam ancaman karena pasukan Orc akan menyerang meraka untuk mengambil pedang hitam tersebut.

Mengapa Adar Menginginkan Pedang Sauron

Episode keempat Rings of Power akhirnya mengungkap identitas asli dari sosok yang bernama Adar. Dia merupakan seorang peri yang sepertinya telah tersesat ke dalam jalan kegelapan. Dalam bahasa elf Quenya, namanya mempunyai arti sebagai ayah. Pada serial ini, ia merupakan pemimpin kaum Orc di Southlander. Dalam mitologi Tolkien, kaum Dark Elves memang ada, dan telah eksis selama Zaman Pertama. Salah satu sosok peri dari kaum tersebut yang terkenal bernama Maeglin. Dia kemudian berkonspirasi dengan Morgoth dalam kehancuran Kerajaan Gondolin. Adar bisa jadi berasal dari kaum Dark Elves, dan dapat menjadi karakter elf jahat pada serial ini.

Sementara itu pada Rings of Power, Adar kemungkinan terbesarnya bukanlah sosok Sauron, dan ia lebih mungkin terlihat sebagai pengikutnya. Adar sekarang akhirnya sudah mengetahui keberadaan pedang hitam Sauron lewat informasi dari para Orc. Adar sudah sejak lama mencari pedang hitam itu, dan nampaknya dia membutuhkannya untuk membangkitkan Sauron. Akan tetapi, dia sepertinya mempunyai rencana pribadinya sendiri dengan pedang hitam itu. Sebelum Adar membangkitkan sang Pangeran Kegelapan tersebut, dia lebih berpotensi untuk memanfaatkan kekuatan pada pedang hitam untuk kepentingannya.

Saat ia berbicara dengan Arondir, Adar mengakui bahwa dia membutuhkan penciptaan dunia baru. Namun hal itu hanya bisa dilakukan oleh para dewa. Adar merasa saat ini masih “belum” memiliki kekuatan seperti dewa. Mungkin saja darah elf dalam dirinya bisa membuka kekuatan terbesar pada pedang tersebut. Bilah api merah kemudian akan mengempul, dan membentuk kembali pedang hitam secara utuh. Setelah itu terjadi, Adar dapat menghancurkan Southlands hingga tidak tersisa lagi, dan membuka jalan bagi pembangunan Mordor. Pada akhirnya, Adar bisa memanfaatkan pedang hitam untuk meningkatkan kekuatannya seperti pada dewa. Dia kemudian bakal menjadi salah satu karakter jahat yang sangat berbahaya dalam keseluruhan Rings of Power.

Kesimpulan

Perebutan pedang hitam Sauron sepertinya bakal menjadi salah satu konflik yang terjadi dalam serial ini. Pertarungan antara penduduk Southlander dengan Orc sepertinya bakal menjadi momen menarik untuk kita lihat pada episode mendatang. Di lain sisi, Galadriel kini telah mendapatkan kebebasan dari Numenor untuk menuju Middle-earth. Selain itu, Kerajaan Numenor telah setuju bergabung bersama dengannya untuk melindungi Southlander. Episode mendatang dalam Rings in Power pastinya bakal lebih seru lagi. Jadi, jangan lewatkan kelanjutan ceritanya ya Geeks!