Sebentar lagi kita akan bisa menyaksikan film terbaru Bumilangit Universe yang berjudul Sri Asih. Film Bumilangit kedua setelah Gundala ini akan berfokus pada adisatria (pahlawan super) wanita yang berasal dari buku komik karya R.A. Kosasih, yaitu Sri Asih. Yang akan memerankan karakter Alana alias Sri Asih adalah Pevita Pearce. Di film garapan sutradara Upi ini nantinya Pevita akan beradu akting dengan sejumlah aktor papan atas Indonesia. Salah satunya adalah Jefri Nichol yang akan berperan sebagai karakter bernama Tangguh.

Berbicara tentang karakter Tangguh, dia sebenarnya adalah calon adisatria lain di Bumilangit Universe. Nama superheronya adalah Sembrani, yang kekuatan supernya tidak kalah hebat dari Sri Asih dan Gundala. Untuk itu, sebelum melihat debutnya di film Sri Asih nanti, mari kita kenali lebih jauh karakter Sembrani dari Jefri Nichol dan potensi masa depannya di Bumilangit Universe.

Sembrani, Adisatria Ciptaan Hasmi

Karakter yang mempunyai nama asli Tangguh ini adalah salah satu adisatria Indonesia yang latar belakangnya terbilang cukup unik. Sebagai karakter ciptaan komikus Hasmi, yang terkenal sebagai pencipta Gundala, Tangguh alias Sembrani pertama kali muncul di komik Gundala: 1000 Pendekar (1974). Awalnya Tangguh adalah seorang pemuda yang terkenal penakut dan juga sering mengalami patah hati. Untuk menghibur hatinya, Tangguh sering kali melakukan perjalanan jauh sebagai pelariannya. Suatu hari ketika dia memutuskan untuk pergi ke Dieng, semua kehidupannya perlahan-lahan mulai berubah.

Mengenal Sembrani, Karakter Jefri Nichol di Bumilangit Universe!, Greenscene

Kisah origin adisatrianya bermula saat mobilnya mogok di tengah perjalanan menuju Dataran Tinggi Dieng. Di mana dia secara tidak sengaja melihat sebuah pesawat luar angkasa yang jatuh tepat di gua fiktif Sumur Upas. Melihat hal tersebut, dia lantas bergegas pergi ke kawah tersebut dan mencoba menuruninya meskipun dia terkenal penakut. Anehnya, ternyata gas beracun di kawah tersebut menjadi tidak berbahaya dengan keberadaan pesawat luar angkasa tersebut. Ketika sampai dia langsung disambut oleh panglima alien dari Planet Rhistuty bernama Otorhb yang tengah sekarat.

Sejurus kemudian, Otorhb langsung mengangkat Tangguh sebagai ahli waris kekuatan supernya dengan memberikan sebuah kalung sakti. Pada titik inilah dia akhirnya menjadi adisatria Bumi yang dapat berubah menjadi sosok bernama Sembrani ketika mengenakan kalungnya. Singkat cerita, dengan identitas dan kekuatan barunya ini, Sembrani berhasil membantu Gundala yang pada saat itu tengah kewalahan melawan penjahat super bernama Ghazul.

Si Penakut yang Terkenal ‘Tangguh’

Meskipun terkenal sebagai penakut, tetapi ketika menjadi Sembrani, dia langsung berubah menjadi sosok yang sesuai dengan namanya, Tangguh. Ketangguhannya terbukti melalui berbagai kekuatan supernya yang terbilang cukup lengkap. Kekuatan dasar Sembrani adalah mampu memanipulasi medan magnet sesuka hatinya. Dengan kekuatan super ini dia bisa menciptakan dan mengendalikan material logam di sekitarnya, seperti besi, baja, nikel, can campuran logam lainnya.

Mengenal Sembrani, Karakter Jefri Nichol di Bumilangit Universe!, Greenscene

Ketika dia mengenakan kalung sakti pemberian Otorhb, tidak ada satu pun racun yang dapat melukainya. Karena kalung tersebut mampu menetralisir segala jenis racun. Yang lebih menariknya lagi, Sembrani juga ternyata bisa terbang, sama seperti Sri Asih. Dengan semua kekuatan super ini, bisa kita simpulkan bahwa Sembrani tidak kalah hebat dari adisatria lain, termasuk Gundala yang faktanya tidak bisa terbang. Walaupun begitu, di balik semua kekuatan ini, ternyata Sembrani juga lemah terhadap emas. Jika dia bersentuhan dengan emas, maka kekuatan supernya akan hilang selama seminggu.

Masa Depan Sembrani di Bumilangit Universe

Mengenal Sembrani, Karakter Jefri Nichol di Bumilangit Universe!, Greenscene

Berdasarkan daftar pemeran film Sri Asih, Jefri Nichol sudah pasti akan memerankan karakter bernama Tangguh yang tidak lain adalah ‘calon’ adisatria Sembrani. Namun, sejauh ini masih belum terungkap apakah di filmnya nanti dia akan langsung muncul sebagai adisatria atau tidak. Kemungkinan besar Tangguh akan lebih dahulu muncul sebagai kenalan Anala alias Sri Asih yang sisi penakutnya akan lebih dieksplorasi. Jika beruntung, menjelang akhir filmnya atau di adegan pasca kredit, mungkin kita baru akan melihat origin adisatrianya sebagai Sembrani.

Bagaimana pun kisahnya nanti, keterlibatan Tangguh ini dapat menjadi salah alasan mengapa kita harus melihat film Sri Asih. Selain bisa melihat kehebatan adisatria wanita Sri Asih, kita juga bisa melihat potensi karakter Tangguh yang mungkin akan menjadi bagian penting pada masa depan Bumilangit Universe. Selain Jefri dan Pevita, di film Sri Asih nanti kita akan bisa melihat penampilan dari aktor papan atas lainnya. Termasuk Reza Rahadian, Christine Hakim, Dimas Anggara, Surya Saputra, dan masih banyak lagi. Filmnya sendiri akan tayang pada tanggal 6 Oktober besok, di seluruh bioskop Indonesia.