Jougan Boruto Belum Aktif, Ini Sebabnya?

Jougan masih menjadi salah satu teka-teki besar dalam cerita di seri Boruto: Naruto Next Generation. Doujutsu eksklusif milik Uzumaki Boruto ini masih tetap menjadi perbincangan di kalangan para fans. Hal ini rasanya wajar mengingat sampai detik ini, kita masih belum tahu tentang asal-usul dari Doujutsu tersebut. Meskipun begitu, ada banyak teori dan spekulasi yang bermunculan terkait Jougan.

Berbicara mengenai Jougan, sampai saat ini Masashi Kishimoto masih belum memperlihatkan bagaimana kemampuan dari Doujutsu ini atau pun kita masih belum lihat bagaimana Boruto membangkitkan kemampuannya tersebut. Masih belum diketahui apa yang kemudian menjadi alasan atau penyebab Boruto belum membangkitkan Jougan miliknya. Namun, terdapat sebuah teori menarik mengenai hal ini.

Masih Belum Dibutuhkan

Di versi manganya, Jougan baru muncul kurang lebih dua kali. Dalam ceritanya, Doujutsu Jougan hanya muncul ketika Boruto berada dalam kondisi terdesak atau dalam kondisi yang berbahaya. Contohnya ketika pertarungan melawan Momoshiki ataupun Urashiki. Dalam versi animenya, Boruto nampak menggunakan Jougan saat dia bertarung melawan Sumire dan Nue.

Pada saat itu, Boruto tidak sengaja menggunakan Jougan yang memindahkannya ke dimensi Nue. Dalam pertarungannya melawan monster itu, lagi-lagi Boruto tidak sengaja membangkitkan kekuatan Jougan. Hal tersebut akhirnya membuat Boruto mampu melihat titik chakra dari Nue, yang kemudian menjadi jalan baginya untuk bisa mengalahkan monster milik Sumire tersebut.

Apa Istimewanya? Ini Kekuatan Jougan Boruto yang Sudah Diketahui

Dalam spekulasinya, hal tersebut menjadi alasan mengapa Jougan masih belum aktif. Apa maksudnya? Jougan memiliki perbedaan besar dengan Doujutsu lain, misalnya Sharingan. Untuk bisa mengaktifkan Doujutsu Sharingan, seorang Uchiha perlu mengalami pergulatan emosi, kesedihan, dan hal lainnya. Contohnya adalah Sasuke Uchiha atau Itachi, yang membangkitkan Sharingan melalui kesedihan.

Bagaimana dengan Jougan? Jougan tidak bangkit melalui emosi atau hasrat. Dalam spekulasinya dijelaskan bahwa Jougan akan aktif ketika penggunanya, dalam hal ini Boruto, merasa terdesak atau membutuhkan. Konsep ini sesuai dengan penjelasan Goku tentang Super Saiyan dalam cerita Dragon Ball. Super Saiyan akan aktif ketika Goku dalam keadaan terdesak atau nyawanya dalam bahaya.

Spekulasinya juga menjelaskan bahwa Jougan merupakan “lawan” dari kemampuan musuhnya. Dan inilah yang kemudian menjadi momen ketika Jougan akan bangkit. Contoh nyatanya adalah pertarungan menghadapi Momoshiki, Urashiki, dan juga Nue. Kita bisa lihat bagaimana ketika Boruto mengaktifkan Jougan, maka Boruto akan menang.

Tidak Aktif Saat Menghadapi Code dan Isshiki?

Geeks mungkin bertanya, mengapa kemudian Jougan milik Boruto tidak aktif saat menghadapi Isshiki dan Code? Spekulasinya menjelaskan bahwa plot menjadi peran penting dalam hal ini. Apa maksudnya? Terkadang Jougan menjadi tidak relevan untuk muncul dalam cerita yang sedang berjalan. Contohnya adalah ketika pertarungan melawan Isshiki Otsutsuki.

Inilah Keistimewaan Mata Jougan Milik Boruto Uzumaki - Dafunda.com

Pertarungan itu memiliki tujuan untuk melemahkan Naruto dan Sasuke, yang mana kita melihat bagaimana Naruto harus kehilangan Kurama. Sedangkan, Sasuke harus kehilangan Rinnegan miliknya. Jika kemudian Boruto muncul dan menggunakan Jougan, maka tujuan utama Kishimoto dan Ikemoto tersebut tidak akan tercapai. Karena, belum waktunya bagi Boruto untuk bersinar atau menjadi fokus utamanya.

Bagaimana dengan pertarungan melawan Code? Bukankah situasinya mirip dengan pertarungan melawan Urashiki? Dalam hal ini, tujuan utama dari alur cerita tersebut adalah untuk memperkenalkan Karma. Kita melihat bagaimana Code memberikan informasi penting mengenai Karma, seperti bagaimana Karma mampu menyimpan data pertarungan seorang Otsutsuki yang kemudian menjadi sumber kekuatan bagi seorang wadah.

Kesimpulannya

Jadi, berdasarkan penjelasan di atas, bisa kita tarik kesimpulannya yaitu Doujutsu Jougan kemungkinan belum bangkit karena Boruto masih dianggap belum membutuhkannya. Di sisi lain, Jougan juga masih belum aktif karena Kishimoto dan Ikemoto masih belum memberikan porsi besar kepada Boruto untuk mengaktifkannya. Mungkin, setelah Naruto dan Sasuke kehilangan kekuatan mereka, maka kekuatan ini akan sangat dibutuhkan.

Apalagi, saat ini Konoha sedang bersiap menghadapi serangan Code yang sudah terlepas limiternya dan pasukan Jyuubi. Dan pada momen inilah kita akan melihat kembali Jougannya aktif. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!

Tags

Related Post