Sri Asih adalah film adisatria alias pahlawan super Indonesia yang mengadaptasi kisah komik berjudul sama karya R.A. Kosasih. Film garapan sutradara Upi ini akan berfokus pada salah satu titisan Dewi Sri Asih yang bernama Alana. Karakter dari Pevita Pearce ini nantinya akan menemukan takdir baru yang langsung mengubah kehidupannya. Di mana dia harus menegakkan keadilan sebagai adisatria Sri Asih. Sekarang pertanyaannya, siapa villain yang akan Sri Asih hadapi di filmnya nanti?

Sejauh ini masih belum terungkap siapa yang akan menjadi musuh pertama Sri Asih di Jagat Sinema Bumilangit. Baik kru maupun para pemerannya film Sri Asih masih menutup rapat-rapat identitas dari villain di filmnya. Walaupun begitu, sebenarnya ada beberapa petunjuk penting yang bisa kita lihat dari berbagai promosi JSB. Siapakah ‘mereka’? Langsung saja simak pembahasan teorinya di bawah ini, Geeks!

Doktor Setan

Petunjuk pertama terkait villain di film Sri Asih dapat kita lihat di trailernya, di mana ada sosok berjubah hitam yang mengeluarkan aura kegelapan dari tubuhnya. Sosok misterius ini terlihat mengenakan sebuah kalung permata merah yang mirip seperti artefak Batu Setan di komik Godam: Memburu Doktor Setan (1969) karya Wid NS. Artefak ini memungkinkan penggunanya untuk menyatukan jiwanya dengan arwah jahat yang ada di dalam Batu Setan.

Inikah Villain di Film Sri Asih?, Greenscene

Meskipun telah dihancurkan Batu Setan akan terus menemukan jalan untuk kembali ke tangan orang-orang jahat pada suatu masa. Semuanya bermula dari kisah Culuikha, putra dari penguasa Planet Godam yang sangat jahat. Yang diceritakan bunuh diri karena merasa malu setelah Godam menolak tantangan duelnya. Sejak saat itulah arwah Culuikha bersatu dengan Batu Setan dan mulai merasuki penggunanya dari masa ke masa. Siapa pun yang menggunakan Batu Setan ini akan mendapatkan kesaktian dan menjadi sosok penjahat super bernama Doktor Setan.

Kesaktian utama Doktor Setan sendiri biasanya meliputi kekuatan fisik super dan kemampuan bertarung yang sangat hebat. Jika benar Doktor Setan akan muncul di film Sri Asih, sepertinya kita akan melihat berbagai kemampuan lainnya yang lebih hebat. Dugaan sementara, sosok yang akan menjadi Doktor Setan di filmnya nanti adalah karakter bernama Prayogo Adinegara yang diperankan oleh aktor Surya Saputra. Alasannya adalah karena di cuplikan trailernya dia terlihat menembak seseorang dengan sangat kejam. Atau mungkin karakter kejutan lain yang sampai saat ini masih rahasia.

Dewi Api

Villain lainnya yang berpotensi untuk muncul di film Sri Asih adalah Dewi Api. Hal ini sudah lama menjadi rumor di kalangan penggemar yang telah melihat berbagai twit dengan emoji api dari sutradara Upi. Karakter Dewi Api sendiri pertama kali muncul di komik Nusantara: Dewi Api Dari Mahameru karya Mater yang rilis pada tahun 70-an. Sesuai dengan judul komiknya, Dewi Api ini adalah musuh adisatria bernama Nusantara. Dia adalah seorang penyihir jahat bertubuh api yang mempunyai kemampuan memanipulasi api dan bahkan mengeluarkan api dari mulutnya.

Inikah Villain di Film Sri Asih?, Greenscene

Setelah berhasil keluar dari penjara abadinya di Gunung Mahameru, Dewi Api ini kembali menciptakan kekacauan di muka Bumi. Sehingga mau tidak mau Nusantara harus mengalahkannya. Meskipun belum pernah bertemu dengan Sri Asih di buku komik, bukan berarti dia tidak bisa muncul di filmnya. Bisa saja nantinya Dewi Api ini muncul sebagai big bad villain JSB yang mendukung Doktor Setan, mirip seperti Thanos dari Marvel atau Darkseid dari DC. Alasannya cukup sederhana, karena karakternya diperankan oleh Dian Sastrowardoyo yang talentanya akan terasa sia-sia jika hanya muncul di satu film saja.

Baik Dewi Api maupun Doktor Setan memang bukan musuh Sri Asih di komiknya. Namun, karena JSB telah berjanji akan melakukan pendekatan cerita yang lebih baru dan lebih segar, bukan tidak mungkin formula pahlawan dan penjahat supernya akan berubah juga. Itulah para villain yang berpotensi muncul di film Sri Asih. Perlu kita catat bahwa pembahasan kali ini masih bersifat teori, sehinga tidak menutup kemungkinan nantinya akan muncul villain lain di film Sri Asih. Kebenarannya akan segera terungkap saat filmnya tayang di bioskop pada tanggal 6 Oktober besok. Kita nantikan saja ya, Geeks.