7 Hacker paling ditakuti di DC Universe. Dalam DC Universe terdapat banyak sekali karakter yang terkenal karena kemampuan dan kekuatan supernya. Namun, faktanya sedikit sekali dari mereka yang mempunyai kemampuan meretas alias hacking. Padahal kemampuan unik ini adalah salah satu aset yang paling berharga ketika berbicara tentang semesta DC yang penuh dengan teknologi. Di mana kemampuan ini mirip seperti pisau bermata dua yang dapat digunakan untuk menyelamatkan dan juga mengancam Bumi. Meskipun tidak banyak, berikut ini segelintir karakter DC yang ternyata terkenal sebagai hacker andal sekaligus berbahaya!

Bat Family

Hampir semua anggota Bat Family terkenal sebagai hacker andal. Seakan kemampuan ini menjadi salah satu syarat bagi siapa pun yang ingin menjadi bagian dari keluarga Batman. Sebagai pemimpin Bat Family dan detektif terbaik di dunia, kita sudah tidak perlu lagi meragukan kemampuan hacking Batman. Melalui gadget dan juga Bat Computer canggihnya, hampir tidak ada teknologi yang tidak bisa Batman retas. Kemampuan hacking ini menurun kepada sebagian besar sidekick-nya. Termasuk pada Tim Drake alias Red Robin yang pernah berhasil meretas misil yang tengah mengarah kepadanya.

Sidekick lainnya yang terbukti mampu mempunyai kemampuan hacking sangat andal adalah Barbara Gordon alias Batgirl. Di mana dia pernah berhasil meretas Cyborg yang tengah tertidur untuk mengakses databasenya. Saat menjadi Oracle, dengan kemampuan hackingnya Barbara bahkan masih mampu menjadi sidekick Batman, meskipun tengah duduk di kursi roda. Anggota Bat Family lainnya yang terbukti mempunyai kemampaun hacking di antaranya adalah Damian Wayne/Robin, Jason Todd/Red Hood, dan Dick Grayson/Nightwing.

Mister Terrific

Mister Fantastic mungkin tidak seterkenal Superman, Martian Manhunter, atau superhero kuat lainnya. Walaupun begitu, hampir semua orang yang mengenalnya mengakui kehebatan Mister Fantastic dalam bidang teknologi. Sebagai salah satu orang tercerdas di Bumi, karakter yang mempunyai nama asli Michael Holt ini berhasil menciptakan bola-bola robot T-Sphere yang menjadikannya superhero tangguh. Di mana salah satu fungsi T-Sphere adalah untuk meretas berbagai teknologi di sekitarnya, termasuk kunci elektronik dan bahkan satelit.

Steel

John Henry Irons alias Steel adalah seorang perancang senjata genius yang pada akhirnya menjadi superhero setelah Superman tewas di kisah Death of Superman. Sebagai salah satu pengganti Superman, Steel berhasil menciptakan armor logam dan juga palu raksasa yang memungkinkannya untuk terbang dan juga mengeluarkan kekuatan super. Karena kecerdasannya, Steel terkenal sebagai salah satu ‘Super-Man’ yang mempunyai kemampuan hacking. Di mana kemampuan ini terbukti berguna ketika dia bertarung melawan kejahatan saat Superman yang asli tidak ada.

Ghost-Maker

Ghost-Maker adalah salah satu vigilante Kota Gotham yang terkenal sangat cerdas sekaligus brutal. Berbagai kemampuannya dia dapatkan dengan berlatih langsung pada semua guru Batman di seluruh dunia. Hal inilah yang pada akhirnya membuat karakter yang mempunyai nama asli Khoa Khan ini menjadi salah satu saingan Batman paling tangguh. Bukan hanya dari segi kekuatan dan juga bertarung, tetapi juga dari segi kemampuan hacking tingkat tinggi. Dengan kostum canggihnya yang disebut Ghostnet, dia bahkan pernah berhasil mengakses banyak informasi dari komputer Oracle.

The Calculator

Dari para superhero dan vigilante, sekarang kita beralih ke para supervillain hacker. Salah satunya yang cukup populer di kalangan penggemar adalah Noah Kuttler alias The Calculator. Sebagai supervillain brilian, The Calculator terkenal sebagai musuh yang sangat berbahaya bagi Mister Terrific dan bahkan Justice League. Dengan kemampuan hacking-nya yang sangat andal dia pernah berhasil menghancurkan pusat penelitian milik Mister Terrific dan mencuri teknologi T-Sphere.

Anarky

Sesuai dengan namanya, Anarky adalah seorang pecinta kekerasan yang berbasis di Kota Gotham. Selain kejam, dia juga terkenal sebagai seorang hacker yang kemampuannya sangat berbahaya. Dari sekian banyak musuh Batman, Anarky adalah salah satu dari segelintir orang yang pernah berhasil mengakses Wayne Tech. Tidak berhenti sampai di situ saja, dia juga pernah menggunakan kemampuan hacking-nya untuk membobol keamanan markas Justice League, JLA Watchtower. Kemampuan ini sering kali dia manfaatkan untuk mengetahui semua kelemahan dari para superhero yang dia hadapi.

Lex Luthor

Mengingat Lex Luthor adalah salah satu orang tercerdas di Bumi, tidak aneh jika dia masuk di daftar ini. Karena dengan kemampuan hacking-nya dia terbukti mampu meretas hampir semua teknologi di muka Bumi. Lebih parahnya lagi, dengan kekayaannya yang tidak terbatas, Lex sering kali berhasil mendapatkan apa yang dia mau. Dari mulai informasi rahasia sampai informasi alien yang tidak bisa diakses oleh manusia biasa. Itulah mengapa pada akhirnya dia terkenal sebagai manusia biasa yang mampu mengimbangi kekuatan seorang Kryptonite seperti Superman.

Itulah para hacker tangguh DC. Dengan kemampuan hacking yang sangat andal sekaligus berbahaya, tidak ada satu pun teknologi yang tidak bisa mereka bobol keamanannya. Dengan kemampuan yang sangat unik ini mereka terbilang mampu melakukan semua hal. Dari mulai membuka pintu yang tidak bisa terbuka. Kemudian menggunakan teknologi untuk kepentingan mereka sendiri. Sampai mengakses aspek termahal di seluruh alam semesta, yaitu data dan informasi.