Kekuatan bukan satu-satunya faktor yang menentukan kehebatan seorang karakter di Marvel Universe. Terkadang ada juga faktor lain yang justru terbilang jauh lebih hebat dari kekuatan, yaitu kekuasaan. Dengan kekuasaan, seseorang terbukti dapat mengakses berbagai jenis ‘kartu as’ yang bisa dia manfaatkan untuk mencapai tujuannya. Misalnya menyewa tentara bayaran atau sekelompok manusia super sebagai pasukannya, atau mendapatkan teknologi yang tidak bisa dimiliki oleh orang biasa. Berbagai hak istimewa ini tidak hanya berlaku pada seorang raja saja, tetapi juga bagi para ratu yang mempunyai wilayah kekuasaan yang sangat besar. Seperti para karakter Ratu ‘Marvel’ di bawah ini!

Storm

Awalnya mungkin tidak ada yang mengira bahwa Ororo Monroe alias Storm dapat menjadi seorang ratu di kemudian hari. Faktanya dia memang pernah menjalani hidupnya sebagai seorang mutan pencopet di jalanan Kota New York dan juga Kairo. Kehidupannya mulai berubah setelah dia bergabung dengan X-Men sebagai mutan pengendali cuaca. Karena sepak terjangnya inilah dia akhirnya bertemu dengan superhero lain, termasuk T’Challa alias Black Panther, yang pada akhirnya menikahi dia. Pada titik inilah dia menjadi ratu Wakanda yang wilayah kekuasaannya mencakup sebagian besar benua Afrika.

Shuri

Selain Storm, wanita lain yang pernah merasakan takhta Wakanda adalah adik T’Challa sendiri, yaitu Shuri. Ketika T’Challa absen dari negaranya, Shuri sempat mengisi kekosongan penguasa Wakanda sebagai seorang ratu di kisah New Avengers Vol. 3. Pada titik ini dia harus bertindak sebagai seorang ratu yang harus segera mengambil keputusan cepat dan tepat dalam perang melawan Namor dan Atlantis. Dengan wilayah kekuasaaanya yang sangat besar dia berhasil mengumpulkan banyak pasukan tangguh. Tidak berhenti sampai di situ saja, dia bahkan sampai menciptakan berbagai teknologi canggih untuk melindungi negaranya.

Medusa

Medusalith Amequelin alias Medusa adalah seorang Inhuman yang cukup populer di Marvel Universe. Dia adalah bagian dari Attilan Royal Family yang pada akhirnya mendapatkan kesempatan untuk menikah dengan Inhuman terkuat Blackagar Boltagon. Saat Black Bolt menjadi raja dari semua Inhuman Bumi dan memindahkan kekuasaannya ke Bulan, secara otomatis Medusa juga menjadi ratu yang kekuasaannya meliputi seluruh Bulan. Dengan jabatannya ini tidak jarang dia menjadi pengganti Black Bolt sebagai penguasa tertinggi bagi para Inhuman, bukan hanya berlaku di Bulan saja, tetapi juga di seluruh penjuru Bumi.

Lilandra

Dari Bumi, sekarang kita beralih ke luar angkasa Marvel, di mana Ratu Lilandra tercatat sebagai penguasa dari intergalactic empire, Shi’ar. Yang secara besar-besaran memperluas wilayah kekuasaanya di galaksi, sampai mencapai jutaan planet. Sebagai seorang ratu yang ditunjuk langsung oleh High Council, Lilandra berhasil melakukan apa pun di wilayahnya yang sangat luas tersebut. Dengan kekuasaanya ini dia bahkan pernah menghukum Mister Fantastic karena menyelamatkan Galactus. Dalam kesempatan lain dia bahkan pernah memanfaatkan kekuasaanya untuk menikahi Professor X di Bumi.

Veranke

Selain Shi’ar Empire, ada satu kerajaan intergalactic lain yang terkenal di Marvel Universe, yaitu Skrull Empire. Penguasa dari kerajaan Skrull ini tidak lain adalah Veranke yang sempat memimpin pasukannya untuk menginvasi Bumi di kisah Secret Invasion. Saat dipimpin olehnya, ras alien Skrull berhasil menguasai hampir seluruh planet di galaksi Andromeda. Yang lebih menariknya lagi, konon Skrull Empire adalah kerajaan tertua di seluruh alam semesta. Karena hal tersebut, Veranke tercatat sebagai ratu yang wilayah kekuasaannya paling besar di Marvel Universe.

Itulah lima ratu yang mempunyai kekuasaan terbesar di Marvel Universe. Dengan cakupan wilayah yang sangat besar, tentunya kekuatan sudah bukan lagi masalah bagi kelima ratu ini. Seandainya mereka lemah sekali pun, kekuasaan sudah pasti dapat mewujudkan semua tujuan mereka. Apalagi untuk para ratu sekelas Lilandra dan Veranke yang menganggap Bumi tidak lebih dari satu planet kecil di galaksi. Begitu juga dengan Shuri, Storm, dan Medusa yang kekuatan dan kekuasaanya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi.