Mengenal Supervillain di Captain America 4. Setelah penantian yang cukup panjang, akhirnya terungkap siapa yang akan jadi villain di film Captain America 4. Film yang berjudul resmi Captain America: New World Order ini ternyata tidak menghadirkan karakter antagonis baru. Melainkan membawa villain yang sempat debut di film The Incredible Hulk (2008) sebagai musuh selanjutnya bagi Sam Wilson alias All-New Captain America. Dia adalah Sam Stern alias supervillain Leader yang terkenal sangat cerdas.

Mengingat Leader adalah musuh yang tercipta dari radiasi gamma, cukup aneh mengapa dia malah muncul di film Captain America 4 bukan di kisah solo Hulk. Walaupun begitu, tidak sedikit penggemar yang justru menganggapnya lebih menarik. Karena dengan begitu, nantinya kita akan melihat bagaimana Captain America baru menghadapi musuh yang sangat berbahaya baginya. Sebelum melihat kemunculannya nanti, alangkah lebih baiknya kita kenali terlebih dahulu siapa sebenarnya villain ini dan seberapa berbahaya dia?

BACA JUGA: Penjelasan Ending She-Hulk Episode 5!

Origin Leader di Marvel Comics

Di Marvel Comics berjudul Tales to Astonish #62 (1964), karakter yang mempunyai nama asli Samuel Sterns awalnya adalah seorang pegawai di tempat penelitian kimia. Suatu hari ketika dia tengah membawa limbah material, tiba-tiba tubuhnya terkena radiasi gamma sama seperti Hulk. Bedanya, alih-alih menjadi kuat, dia malah menjadi sosok yang sangat cerdas dengan kepala yang membesar dan kulit yang menghijau. Sejak saat itu tingkat kecerdasannya memungkinkan dia untuk mengolah informasi secepat dan seakurat komputer.

Mengenal Supervillain di Film Captain America 4!, Greenscene

Dengan identitas barunya sebagai Leader, dia mulai menjadi seorang dalang kriminal yang mempunyai tujuan untuk menguasai dunia. Hal inilah yang kemudian membuatnya menjadi musuh bagi Bruce Banner/Hulk, termasuk ketika Leader mengacaukan pernikahan Bruce dengan Betty Ross. Dalam sejarahnya, Leader sudah cukup sering mati, tetapi karena dia adalah seorang Hulk, pada akhirnya dia selalu berhasil bangkit kembali setelah melalui Green Door. Karena hal inilah dia juga mulai meneliti Green Door dan berusaha untuk menguasainya seorang diri.

Selain Hulk, Leader juga pernah berurusan dengan superhero lain, termasuk lembaga seperti S.H.I.E.L.D. yang berhasil menangkapnya dan berusaha membawanya ke persidangan. Namun, di persidangan tersebut, Leader dibebaskan karena dia berhasil membuktikan dirinya tidak bersalah. Sayangnya, pembebasan ini justru berujung pada pembentukan tim supervillain Intelligencia oleh Leader. Bersama MODOK, dia berhasil meyakinkan General Ross untuk menjadi Red Hulk sebagai bagian dari rencananya untuk menguasai dunia. Untungnya, Hulk berhasil menggagalkan rencana tersebut.

BACA JUGA: Sutradara Ungkap Arti Judul Captain America: New World Order!

Leader versi komik ini terakhir kali terlihat di komik Immortal Hulk (2020), di mana dia bergabung dengan entitas kosmik One Below All dan berhasil menguasai Green Door. Karena hal ini Hulk terpaksa menghancurkan Green Door sekaligus memisahkan Leader dari One Below All, sehingga dia kembali menjadi manusia biasa. Tidak lama setelah Hulk berhasil mengalahkan One Below All, dia memberikan pengampunan atas semua yang telah dilakukan oleh Leader sambil membawanya ke polisi.

Kecerdasannya Mampu Mengimbangi Kekuatan Hulk

Meskipun tidak mempunyai kemampuan fisik sekuat Hulk, tetapi radiasi gamma berhasil membuatnya menjadi villain yang sangat cerdas. Kecerdasan supernya memungkinkan dia untuk memikirkan strategi yang lebih jauh dari lawannya. Konon dengan kecerdasannya dia dapat menyerap semua informasi dan pengetahuan dengan sangat cepat. Selain itu, dia juga mempunyai ingatan yang sangat jelas dan tidak pernah sedikit pun melupakan detail dari setiap kejadian.

Mengenal Supervillain di Film Captain America 4!, Greenscene

Saking kuatnya otak Leader, dia terbukti mampu melakukan telepati dan telekinesis, untuk mengontrol benda bahkan pikiran orang-orang di sekitarnya. Yang lebih mengerikannya lagi, saat bergabung dengan One Below All, Leader bahkan bisa mengambil semua pengetahuan lawan dengan menyerapnya menggunakan tentakel dan mulut monsternya. Sebagai karakter yang sumber kekuatannya berasal dari radiasi gamma, sama seperti Hulk, dia juga terbilang abadi. Karena saat Green Door belum hancur, dia bisa terus menerus hidup kembali setelah melalui pintu gaib tersebut.

Masa Depan Leader di Marvel Cinematic Universe

Walaupun Leader di MCU belum sekuat Leader versi komik yang akhirnya bergabung dengan One Below All, tetapi bukan berarti dia bisa kita remehkan. Karena setidaknya dia mempunyai kecerdasan super yang dapat menjadi ancaman bagi superhero MCU. Termasuk bagi Captain America Sam Wilson yang mempunyai tugas menjaga Amerika dan juga seluruh dunia dari orang jahat seperti Leader. Untuk saat ini masih belum terungkap di mana keberadaan Leader. Terakhir kali dia diceritakan ditangkap oleh S.H.I.E.L.D. setelah kemunculannya di film The Incredible Hulk.

Mengenal Supervillain di Film Captain America 4!, Greenscene

Sekadar pengingat, di MCU sendiri Sam Stern alias Leader awalnya adalah seorang doktor sekaligus profesor. Di mana dia berhasil menemukan obat penangkal sementara untuk kondisi Hulk. Dia juga adalah orang yang disuruh oleh Ross untuk mengubah Emil Blonsky menjadi Abomination. Ketika luka di kepalanya terkena darah Hulk, dia mulai berubah menjadi sosok yang jauh lebih cerdas dengan kepala membengkak. Tidak lama setelah berubah, kabarnya Black Widow datang dan langsung menyerahkannya kepada S.H.I.E.L.D.

BACA JUGA: Resmi, Ini Jadwal Produksi Captain America 4!

Terlepas dari kemunculannya nanti akan seperti apa, sutradara Captain America 4, Julius Onah belum lama ini menjelaskan bahwa Leader adalah supervillain yang sangat berbahaya. Alasannya adalah karena dia merupakan musuh yang sama sekali tidak pernah Sam Wilson harapkan sebelumnya. Kita nantikan saja kemunculan supervillain Leader selanjutnya di MCU, saat film Captain America 4 rilis pada tanggal 3 Mei 2023 mendatang.