Sebagai sosok Shinobi paling kuat di dunia sosok Naruto tentunya memiliki banyak Jutsu hebat. Berbagai jutsu dahsyat tersebut membuat Naruto menjadi sulit untuk musuhnya taklukan. Butuh waktu lama dan usaha yang sangat keras dari Naruto untuk kemudian bisa menguasai berbagai Jutsu epik tersebut. Namun, meskipun begitu pada akhirnya Naruto mampu menguasai banyak Jutsu.

Semuanya berawal dari satu jutsu, dan kemudian Naruto menguasai berbagai macam jutsu. Dan jutsu tersebut membuatnya menjadi kuat, berkembang seperti sekarang ini. Jutsu yang dipelajari Naruto dimulai dari yang sederhana, sampai yang paling sulit dan langka. Namun, sayangnya, seiring berjalannya waktu dan cerita sang protagonis sudah mulai jarang menggunakan beberapa Jutsu andalannya. Apa saja?

Jutsu Pemanggil (Kuchiyose No Jutsu)

Jutsu ini membuat penggunanya bisa memindahkan objek apa pun ke posisi mereka atau membuat sebuah kontrak darah dengan spesies spesifik dari binatang, yang akan membantu mereka dalam pertempuran. Semakin besar dan banyak chakra yang penggunanya alirkan pada saat teknik ini mereka gunakan, maka semakin besar juga objek dan binatang yang akan muncul.

10 Fakta Teknik Kuchiyose no Jutsu yang Harus Kamu Ketahui!

Naruto sendiri menjalin kontrak dengan para petapa katak di gunung Myoboku. Dan hal ini juga sebagai bukti bahwa Naruto adalah murid dari Jiraiya. Karena, Jiraiya sendiri menjalin kerja sama juga dengan para petapa katak. Mereka bukanlah katak biasa, melainkan katak ninja yang memiliki berbagai kemampuan dan kekuatan. Namun, teknik ini sudah mulai jarang digunakan karena Naruto lebih sering menggunakan teknik yang lebih efektif lainnya.

BACA JUGA: Resmi, Ini Jadwal Produksi Captain America 4!

Kagebunshin No Jutsu Naruto

Tajuu Kage Bunshin no Jutsu atau yang biasa kita kenal sebagai Kagebunshin no Jutsu atau justru bayangan, merupakan salah satu Jutsu terlarang di universe Naruto. Kagebunshin atau jurus seribu bayangan merupakan jutsu yang dikembangkan oleh Tobirama Senju dari desa Konoha. Jutsu ini sangat kuat karena mampu membuat tubuh penggunanya memiliki “kloning” atau tiruan dari sang pengguna.

Naruto_Gaiden | Episode 9 | Showdown !! Naruto-Sasuke-Sakura Vs Uchiha Shin Army !! - YouTube

Meskipun terlarang, Naruto berhasil menguasai teknik ini. Bahkan, inilah yang menjadi Jutsu pertama yang Naruto kuasai dalam serinya. Bagi seorang shinobi biasa, menguasai jutsu atau teknik ini akan sangat menyiksa dan sulit. Hal itu dikarenakan butuh banyak aliran chakra yang diperlukan untuk membuat setidaknya satu buah bayangan. Naruto sendiri terakhir menggunakan teknik ini saat menghadapi Shin Uchiha.

Rasenshuriken

Rasenshuriken merupakan pengembangan dari Rasengan yang menjadi teknik andalan Uzumaki Naruto pasca berlatih bersama dengan kakashi. Jika teknik dasar Rasengan saja sudah mengerikan, maka Rasenshuriken jauh lebih mengerikan. Teknik ini mampu membuat musuhnya tewas dalam sekejap. Tetapi, jutsu ini juga bisa melukai penggunanya.

Finally! Naruto using the lava style rasenshuriken, a SPSM power. : r/Boruto

Itulah alasan mengapa jutsu ini dilarang. Namun, Naruto sendiri sudah belajar bagaimana caranya untuk bisa melakukan teknik ini dengan meminimalisir kerusakan pada tubuhnya, yaitu dengan cara melemparnya dari jarak yang cukup jauh. Kishimoto sudah mulai tidak pernah menghadirkan Naruto dengan teknik ini. Terakhir kali Naruto menggunakan tekniknya saat menghadapi salah satu Inner Kara, Delta.

BACA JUGA: Marvel Tunjuk Penulis Baru di Film Avengers 5!

Sage Mode

Sage Mode merupakan sebuah form yang spesial di mana hanya segelintir karakter saja yang mampu menguasai atau mendapatkan kekuatan tersebut. Teknik ini menggabungkan energi alam yang ada dengan chakra dari sang pengguna. Dengan bergabungnya dua energi tersebut akan memberikan seseorang sebuah kemampuan baru yang kemudian kita kenal sebagai Sage Mode.

Sage Mode Returns! Boruto: Naruto Next Generations Chapter 64 BREAKDOWN – Demon God Tadd

Kekuatan dari sage Mode sendiri kabarnya tidak memiliki batas, dan penggunanya bisa terus meningkatkan kekuatan ini. Ada berbagai jenis Sage Mode yang sudah muncul dalam ceritanya. Meskipun berbeda-beda, kekuatan dari jenis Sage Mode ini sama-sama dahsyat. Naruto sendiri baru kembali menggunakan Sage Mode saat Kurama sudah tidak ada. Dia menggunakannya untuk mencari keberadaan Boruto. Para fans juga penasaran dengan kedahsyatan lain dari kekuatan Sage Mode terbaru Naruto.

Jutsu Transformasi Naruto

Ini merupakan salah satu teknik dasar yang harus bisa seorang shinobi miliki. Pengguna jutsu ini harus paham transformasi apa yang akan dia lakukan atau dia akan berubah menjadi siapa, sebelum melakukan teknik ini. Karena merupakan salah satu teknik yang sulit, Naruto menghadapi masalah di awal dia mempelajari teknik ini. Tapi, pada akhirnya teknik ini menjadi salah satu teknik yang bisa diandalkan oleh Naruto ketika dia bertarung bersama rekan-rekannya.

Sayangnya, teknik ini sudah mulai jarang Naruto gunakan lagi. Bisa jadi, salah satu alasannya adalah lawan yang sudah semakin kuat. Para karakter seperti Isshiki, Code, Daemon, dan sebagainya merupakan karakter villain yang kuat. Menggunakan teknik ini mungkin akan terlalu mudah bagi mereka. Namun, tentunya sangat disayangkan jika teknik klasik ini menghilang dari serinya.

BACA JUGA: Penjelasan Ending She-Hulk Episode 5!

Menjadi salah satu kekuatan terbesar Konoha, tentunya Naruto memiliki “persediaan” jutsu yang banyak, untuk menghadapi berbagai musuh yang berbahaya. Tapi, dengan musuh yang semakin kuat ada beberapa jutsu lama yang sudah tidak lagi atau jarang digunakan oleh Naruto. Apakah Kishimoto akan kembali menghadirkan berbagai Jutsu tersebut?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.