Avengers dan Fantastic Four adalah dua tim super Marvel yang sangat populer di kalangan penggemar. Perbedaan antara kedua tim ini hanya terletak pada status keanggotaannya. Di mana Fantastic Four sering kali melabeli diri mereka sebagai tim ‘keluarga’ super yang anggotanya hanya terdiri dari para orang-orang terdekat saja. Seperti Reed Richards alias Mister Fantastic, Sue Storm alias Invisble Woman, Johnny Storm alias Human Torch, dan Ben Grimm alias The Thing.

Walaupun begitu, karena Fantastic Four cukup sering berinteraksi dengan para anggota Avengers, pada akhirnya Avengers dan Fantastic Four menjadi seperti keluarga besar Marvel. Itulah mengapa pada suatu titik, ada beberapa anggota Avengers yang juga sesekali menjadi bagian dari Fantastic Four. Berikut ini 5 anggota Avengers yang tercatat pernah menjadi anggota resmi dari Fantastic Four di Marvel Universe!

BACA JUGA: Ini Lineup Baru Avengers di MCU?

Ant-Man (Scott Lang)

Meskipun Scott Lang mungkin bukan Ant-Man pertama di Marvel Universe, tetapi dia adalah satu-satunya pemilik kekuatan Pym Particle yang pernah menjadi bagian dari Avengers dan Fantastic Four sekaligus. Perekrutannya terjadi tidak lama setelah Mister Fantastic tewas akibat ulah supervillain masa depan Hyperstorm. Berkat kemampuan dan kecerdasannya, anggota Fantastic Four yang tersisa sepakat untuk menunjuk Ant-Man sebagai anggota pengganti di komik Fantastic Four #384 (1994). Di mana dia juga bertindak langsung sebagai pengawas tim Fantastic Four yang baru.

Black Panther

T’Challa alias Black Panther adalah raja monarki Wakanda yang juga tercatat sebagai anggota resmi Avengers di Marvel Universe. Suatu hari ketika pertempuran antara superhero Civil War pecah, dia memutuskan untuk keluar dari Avengers yang memang pada saat itu secara tidak langsung telah bubar. Sebagai gantinya, setelah Civil War berakhir dia mulai bergabung dengan Fantastic Four di komik Fantastic Four #543 (2007). Menggantikan Mister Fantastic yang sempat menghilang pasca Civil War, sebagai pemimpin baru di Fantastic Four.

She-Hulk

BACA JUGA: Penjelasan Ending She-Hulk Episode 5!

Sama seperti sepupunya Bruce Banner alias Hulk, Jennifer Walters alias She-Hulk adalah salah satu anggota yang mempunyai pengaruh di Avengers. Menariknya, selain Avengers, She-Hulk juga ternyata pernah bergabung dengan Fantastic Four di komik Fantastic Four #265 (1984). Semuanya bisa terjadi karena pada saat itu The Thing masih terjebak di Battleworld pasca peristiwa Secret Wars. Dalam rangka menyusun kekuatan untuk mencari The Thing, anggota yang tersisa memutuskan untuk merekrut She-Hulk sebagai anggota pengganti sementara.

Luke Cage

Karakter yang mempunyai nama asli Lucas Cage alias Luke Cage ini adalah salah satu anggota Avengers yang terkenal karena kekuatan fisiknya. Terkenal dengan julukan ‘superhero for hire’, suami dari Jessica Jones ini pernah disewa oleh Mister Fantastic untuk menjadi anggota tim keluarga super Marvel di komik Fantastic Four #168 (1975). Perekrutannya ini bisa terjadi karena pada saat itu Thing tengah kehilangan kekuatan supernya untuk sementara waktu. Sehingga Mister Fantastic menunjuk Luke sebagai tonggak kekuatan baru menggantikan Thing di Fantastic Four.

Spider-Man

Peter Parker alias Spider-Man adalah superhero remaja yang sepak terjangnya di Marvel Universe sudah tidak perlu kita ragukan lagi. Selain menjadi anggota resmi Avengers, Spider-Man juga pernah bergabung dengan Fantastic Four di komik Amazing Spider-Man #657 (2011). Hal tersebut bisa terjadi karena Human Torch sempat menunjuknya sebagai pengganti sebelum dia mati. Mister Fantastic, Invisible Woman, dan The Thing yang menyaksikan hal tersebut lantas mengganti nama tim mereka menjadi Future Foundation. Di mana kali ini anggotanya terdiri lebih dari empat orang, termasuk Spider-Man.

BACA JUGA: Mengenal Supervillain di Film Captain America 4!

Itulah lima anggota Avengers di Marvel Universe yang pernah bergabung juga dengan Fantastic Four. Melihat perekrutan sejumlah anggota dari Avengers ini cukup jelas bahwa Fantastic Four ternyata memang tidak bisa lepas dari keberadaan superhero lain. Meskipun label mereka adalah tim keluarga super, pada kenyataannya mereka juga membutuhkan anggota yang awalnya bukan bagian dari kelurga mereka. Seperti kelima superhero Avengers ini yang pada akhirnya justru menjadi seperti keluarga sendiri.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.