Berbagai tanda kemunculan God di awal cerita. Kemunculan God dalam seri manga One Punch Man berhasil merebut perhatian dari para fans. Bahkan, kemunculannya juga menjadi perbincangan hangat para fans. Hal ini wajar karena ada banyak tanda tanya besar terkait dengan sosok God. Baik Yusuke Murata maupun ONE masih belum memberikan penjelasan yang lengkap mengenai siapa sosok God yang sebenarnya.

Di sisi lain, kita juga masih belum mengetahui apakah dia benar-benar merupakan “dewa” atau justru dia merupakan makhluk dari planet lain. Sosok God kembali menjadi perbincangan para fans, setelah sosoknya muncul di puncak pertempuran dalam arc Monster Association. God muncul pertama kali secara fisik di chapter 153, di mana dia muncul untuk mengambil kembali kekuatan dan nyawa Homeless Emperor.

God kemudian kembali muncul saat dia memberikan kekuatan kepada beberapa karakter seperti Psykos-Orochi dan juga yang paling epik tentunya adalah Garou. Yang menarik adalah sosok atau wujud asli dari God sendiri saat ini masih tersegel di sebuah planet yang nampak seperti bulan. Dan sejauh ini, dia terus mengirimkan para bawahannya dan berusaha untuk memengaruhi orang-orang untuk menjadi wadahnya.

Tanda Kemunculan God

Meskipun sosok God baru muncul secara fisik pada chapter 153 kemarin, namun sebenarnya tanda-tanda atau referensi kemunculannya sudah Murata hadirkan bahkan sejak awal serinya. Hal ini bisa kita lihat dalam pertemuan Saitama dengan salah satu monster di awal serinya, Vaccine Man. Dalam ceritanya, sang monster coba untuk menjelaskan tentang siapa dirinya kepada Saitama.

One Punch Man Chapter

Menurutnya, dia adalah perwujudan atau manifestasi dari perilaku buruk manusia terutama bagaimana mereka merusak alam dengan polusi. Vaccine Man juga menjelaskan bahwa dia adalah perwujudan dari kemarahan dari ibu pertiwi (mother earth). Berdasarkan hal tersebut, ibu pertiwi sama sekali tidak memiliki bentuk alias ibu pertiwi adalah alam semesta itu sendiri.

Yang menarik, dalam percakapan itu pun Vaccine Man sempat bertanya tentang sosok Saitama yang dia anggap sebagai sosok yang menentang “sang pencipta.” Siapa kemudian sosok tersebut? Tidak lain adalah karakter yang dianggap sebagai “Tuhan” yaitu God. Selain sosok Vaccine Man, dalam ceritanya juga kita melihat “utusan” dari God lainnya yaitu dua monster epik Evil Ocean Water dan Sage Centipede.

Menurut mereka, keduanya sengaja muncul dan menjadi utusan bagi sang pencipta untuk menghancurkan mereka yang dianggap tidak percaya dengan keberadaannya. Dengan asumsi bahwa God adalah sang pencipta, artinya kemarahan dan kehendak alam yang mereka maksud adalah kehendak dari God. Para monster ini berasal dari alam, dan mereka juga mendapatkan kekuatan dari alam.

Hal ini berbeda dengan Homeless Emperor atau Garou, di mana mereka mendapatkan kekuatan dari God secara langsung. Namun, pada intinya, mereka semua mendapatkan kekuatan dari sosok God. Dan God sendiri kemudian kembali muncul di puncak arc Monster Association dengan menjadi salah satu karakter yang cukup berpengaruh.

Kesimpulannya

Berdasarkan penjelasan di atas, ternyata Murata sudah memberikan petunjuk mengenai kemunculan sosok God sejak awal seri One Punch Man. Namun, petunjuk tersebut memang tidak dihadirkan secara gamblang atau secara jelas. Petunjuk kemunculan God sendiri Murata hadirkan melalui para monster yang ada dalam cerita. Serta, percakapan juga berbagai hal lainnya yang muncul di arc Monster Association.

Spoiler One Punch Man, Ada 2 Versi God, Kekuatan Saitama Merupakan Pemberian Salah Satunya - Pikiran Rakyat Bekasi

Selain mengonfirmasi kemunculan God, para monster ini juga memberikan konfirmasi bahwa mereka kemungkinan merupakan ciptaan dari God. Mereka adalah kaki tangannya yang bertujuan untuk menghancurkan umat manusia, yang menentang atau tidak mengakui keberadaan sosok God. Para fans sendiri masih menantikan informasi lebih lanjut mengenai karakternya. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.