6 karakter ini pernah jadi wadah God. Kemunculan sosok God dalam puncak cerita di arc Monster Association benar-benar mengubah keseluruhan seri One Punch Man. Murata memperkenalkan kekuatan dahsyat lainnya yang ada dalam cerita selain sosok Saitama. Dalam ceritanya, kita melihat bagaimana God muncul dan menghadirkan kekacauan di dunia. Dia juga adalah sosok yang menjadi dalang dari beberapa momen mengerikan.

Sampai sejauh ini, Murata Sensei masih belum memberikan informasi mengenai sosok God. Beberapa informasi yang kita ketahui adalah dia masih tersegel di bulan, dia mampu memberikan kekuatan kepada orang lain, dan yang paling penting adalah dia memiliki bawahan dan juga wadah untuk mewujudkan misinya. Berikut adalah bawahan atau avatar dari God yang sudah muncul di serinya.

Homeless Emperor

Sosoknya adalah avatar atau wadah pertama dari God yang diperkenalkan di serinya. Saat pertama kali muncul di chapter 109, God muncul sebagai sekumpulan angin yang kemudian membentuk tubuh manusia. Saat itu, dia memberikan kekuatan dahsyat kepada Homeless Emperor. Masih belum kita ketahui apa yang menjadi alasan dibalik God memberikan kekuatan kepada sang karakter.

Power of Homeless Emperor in One Punch Man Explained - Seinen Manga

Namun, God nampaknya setuju dengan apa yang dipikirkan oleh Homeless Emperor pada saat itu. Dalam kilas baliknya, Homeless Emperor merupakan korban perilaku buruk manusia di mana dia hendak mengakhiri hidupnya. Namun, kemudian God muncul dan menyatakan bahwa dia setuju apa yang dipikirkan oleh Homeless Emperor terkait dengan umat manusia. Karena itulah, God kemudian memberikan kekuatan dahsyat kepada Homeless Emperor dengan tujuan untuk membalas dendam apa yang sudah mereka lakukan.

Psykos-Orochi

Pertarungan antara Tatsumaki melawan Psykos menjadi salah satu pertarungan yang paling epik dari arc Monster Association dan juga dari seluruh seri yang ada. Tatsumaki untuk pertama kalinya benar-benar harus mengerahkan semua kekuatannya untuk melawan Psykos. Dia sendiri merupakan salah satu esper atau ahli telekinsesis terkuat di serinya.

One Punch Man 132 Lanjutan Pertempuran Psykos-Orochi dan Tatsumaki!

Saat pertarungan melawan Tatsumaki, Psykos hampir saja kalah. Namun, dia kemudian memutuskan untuk menyatu dengan sang raja monster, Orochi. Saat momen menyatu tersebut terjadi, seperti yang muncul dalam chapter 132, Psykos kemudian mendapatkan tambahan tenaga baru yang tidak lain berasal dari God. Meskipun begitu, dia masih tetap tidak mampu mengalahkan Tatsumaki.

Vaccine Man

Sosok monster yang Saitama hadapi di chapter 1 dalam versi manganya, Vaccine Man. Dia merupakan monster yang pertama kali muncul di serinya. Dalam pernyataanya kepada Saitama, Vaccine Man mengatakan bahwa dia merupakan perwujudan dari amarah alam semesta dan ibu pertiwi (mother earth). Hal ini berkaitan dengan sosok God, yang mana dia adalah alam raya itu sendiri alias sang pencipta.

Vaccine Man (Awakened Ver.) | One Punch-Man | Minecraft Skin

Sosok Vaccine Man sangat mirip dengan monster lainnya yaitu Evil Ocean Water dan juga Sage Centipede, yang memiliki misi untuk menghancurkan umat manusia. Dalam artikel lainnya sempat ada pembahasan bahwa ini menjadi petunjuk awal kemunculan sosok God tanpa kita sadari. Dalam ceritanya, Vaccine Man sendiri terbentuk atau tercipta akibat polusi yang umat manusia lakukan.

Evil Ocean Water

Evil Ocean Water merupakan salah satu dari dua monster baru yang muncul dalam chapter 155 kemarin. Sejauh ini memang masih belum banyak informasi yang Murata hadirkan di manganya mengenai monster ini, selain dia adalah perwujudan dari polusi air yang manusia ciptakan. Level ancaman dari monster ini sendiri tidak ada informasinya. Monster mengaku sebagai perwakilan dari sosok Tuhan.

opm155 - Twitter Search / Twitter

Monster tersebut mengaku bahwa dia adalah bawahan atau kaki tangan dari “Tuhan” atau “God” yang bertujuan untuk menghancurkan umat manusia. Menurutnya, para manusia yang menentang atau menolak keberadaan dari sosok God maka wajib untuk dihancurkan. Dan dialah salah satu monster yang God utus untuk menghancurkan para manusia tersebut.

Sage Centipede

Sage Centipede vs Platinum Sperm, Metal Bat, Bang and Flashy Flash - Battles - Comic Vine

Selain Evil Ocean Water, Sage Centipede juga adalah monster yang muncul di puncak pertempuran dalam arc Monster Association. Jika Evil Ocean Water merupakan perwujudan dari polusi air yang manusia lakukan, maka monster Sage Centipede merupakan perwujudan dari polusi daratan yang dilakukan oleh umat manusia. Monster ini juga menjadi salah satu bawahan dari God untuk menghancurkan umat manusia. Sayangnya, meskipun mereka merupakan perwakilan dari sosok God untuk menghancurkan manusia, monster ini harus hancur berkat kerja sama Metal Bat dan juga Garou.

Cosmic Garou

Sosok Garou sempat mengalami evolusi kekuatan yang dahsyat. Berawal dari awakened Garou, dia kemudian berakhir memiliki kekuatan God dan berubah menjadi sosok Cosmic Garou. Ketika dia masih berada di form Awakened Garou, hampir tidak ada pahlawan yang sanggup menandingi kecepatannya. Bahkan, para pahlawan lain pun terkejut dengan kekuatan dan kecepatan Garou.

One Punch Man 166: Aura Pancaran Garou Membuat Para Pahlawan Tak Berdaya, Blast Akhirnya Tiba! - Kabar Besuki

Setelah kemudian Garou mendapatkan kekuatan dari God, kecepatannya semakin meningkat drastis. Sosok Garou mendapatkan kekuatan ini setelah God mendengar keluhannya yang merasa tidak sanggup untuk bisa menandingi kekuatan Saitama. Dan God sendiri mengaku bahwa Garou bisa menjadi wadah yang apik untuknya.

Sosok God masih menjadi misteri besar untuk saat ini. Kita masih belum banyak tahu mengenai kekuatan dan semua hal tentang karakternya. Saat ini, God sendiri masih terjebak di bulan dan hanya mengandalkan para bawahannya serta para avatar atau wadah sebagai jembatan untuknya berkomunikasi. Menarik untuk melihat apakah akan ada monster atau karakter lain yang menjadi wadah dan avatar bagi God.

https://www.greenscene.co.id/author/irvan-sukmaningrat/