5 series horror garapan Mike Flanagan. Penggemar film bergenre horor, dan juga supranatural pasti tidak akan asing mendengar nama Mike Flanagan. Yups, dia adalah seorang sutradara berbakat yang kerap membuat film-film menyeramkan. Salah satu karya terbaiknya adalah Ouija: Origin of Evil (2016), dan juga Doctor Sleep (2019), sekuel kedua dari film horor klasik berjudul The Shining (1980). Tetapi bukan hanya itu saja, Flanagan juga saat ini menjadi lebih popular karena berhasil membuat sejumlah serial horor yang ternyata digemari oleh para penonton. Nah, seperti apa serial tersebut? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

The Haunting of Hill House (2018)

The Haunting of Hill House merupakan serial horor pertama dari Mike Flanagan. Jalan ceritanya sendiri mengadaptasi novel tahun 1959 dengan judul yang sama karya Shirley Jackson. Serial ini memiliki 10 episode, dan kalian bisa menyaksikan keseluruhan ceritanya pada layanan streaming Netflix.

Secara ringkasnya, serial ini mengisahkan tentang sepasang suami istri, Hugh Crain, dan Olivia Crain yang pindah ke sebuah mansion bernama Hill House pada musim panas 1992. Keduanya pun mengajak kelima anak mereka, Steven, Shirley, Theodora, Luke, dan Eleanor untuk tinggal di sana bersama-sama.

Selama tinggal di sana, seluruh anggota keluarga mulai mengalami kejadian mistis. Mereka kemudian terganggu akan kehadiran hantu-hantu dengan wujud fisik menakutkan. Peristiwa tersebut pada akhirnya membuat Olivia tewas secara misterius, dan seluruh anggota keluarga memutuskan untuk pergi dari mansion.

Dua puluh enam tahun kemudian, Steven dan seluruh saudaranya sudah melupakan peristiwa itu, dan menjalani aktivitas masing-masing. Tetapi, makhluk horor dari Hill House kembali menghantui mereka semuanya. Steven, dan yang lainnya terpaksa kembali ke mansion tersebut untuk mengungkap misteri menakutkan yang ada di Hill House.

The Haunting of Bly Manor (2020)

Kisah horor The Haunting of Bly Manor berlatar belakang tahun 1980an di sebuah pedesaan Inggris. Ceritanya bermulai dari seorang pengasuh anak keluarga Henry Wingrave yang tewas secara tragis. Henry lalu mencari penggantinya dengan memperkerjakan seorang wanita muda dari Amerika yang bernama Danielle Clayton. Ia lalu mendapatkan pekerjaan untuk mengasuh dua keponakannya, Flora, dan Miles.

Mereka kemudian tinggal di Bly Manor bersama seorang koki, Owen, pengurus rumah tangga Nyonya Grosse, dan penjaga lahan, Jamie. Ternyata, tragedi kematian yang terjadi kepada mantan pengasuh keluarga Henry tersebut adalah awal petaka horor yang akan menimpa mereka semua. Selama mereka tinggal di Bly Manor, beragam kejadian menyeramkan pun menyerang mereka semua satu persatu.

Midnight Mass (2021)

Midnight Mass adalah serial horor supranatural berjumlah tujuh episode yang bisa kalian disaksikan di Netflix. Ceritanya sendiri berpusat pada sebuah masyarakat yang tinggal di pulau terpencil bernama Crockett Island. Warga yang tinggal pada pulau tersebut terkenal sangat religius, dan selalu beribadah di Gereja St. Patrick. Pada suatu hari, Pastor Paul Hill datang ke Crockett Island, dan ia menggantikan Monsignor Pruitt, pastor sebelumnya yang tidak bisa beraktivitas lagi karena sering sakit-sakitan.

Semenjak kedatangannya ke Crockett Island, hal-hal ajaib seperti mukjizat terus bermunculan di pulau tersebut. Pastor Paul ternyata bisa menyembuhkan seorang gadis lumpuh untuk bisa berjalan lagi, dan membuat seorang warga yang sudah tua kembali menjadi bugar. Namun, sebagian warga mulai menduga jika sang pastor membawa ajaran sesat, dan mempunyai rencana yang jahat kepada seluruh masyarakat Crockett Island.

The Midnight Club (2022)

The Midnight Club merupakan serial terbaru karya Flanagan di tahun ini, dan akan tayang perdana di Netflix pada tanggal 7 Oktober 2022. Serial ini sendiri merupakan hasil adaptasi dari novel tahun 1994 dengan nama yang sama karya Christopher Pike. Dalam The Midnight Club ini, Flanagan juga bakal menulis naskahnya bersama dengan Leang Fong.

Ceritanya bakal mengikuti sekelompok pasien yang tinggal di rumah sakit bernama Rotterdam Home. Setiap malamnya, mereka selalu bertemu untuk saling menceritakan kisah-kisah menakutkan. Pada suatu malam, mereka lalu membuat tantangan dengan salah satu diantara mereka harus berani untuk berkomunikasi dengan arwah dari dunia lain. Setelah salah satu dari mereka ditemukan meninggal, kejadian horor pun mulai menghantui mereka.

The Fall of the House of Usher (2022)

Serial ini menjadi acara horor kedua karya Flanagan setelah The Midnight Club. The Fall of the House of Usher masih akan tetap rilis di Netflix pada tahun ini, namun sampai sekarang sayangna belum ada kabar yang pasti terkait tanggal penayangannya. Selain itu, belum ada plot resmi untuk serial ini, tetapi Flanagan pasti akan kembali menghadirkan atmosfer horor yang tidak kalah menyeramkan dari karya-karya sebelumnya.

Nah, itulah deretan serial horor karya Flanagan yang bisa menjadi rekomendasi daftar tontonan kalian. Sutradara ini memang piawai dalam membuat cerita-cerita menakutkan, dan berhasil mengadaptasi sejumlah novel horor ke dalam layar sinematik. Dari daftar serial tersebut, kira-kira kalian penasaran menonton yang mana Geeks!