Klan Otsutsuki diketahui sebagai klan dewa. Pasalnya, kemampuan klan Otsutsuki berada di atas manusia rata-rata. Mereka pun bukan berasal dari bumi, melainkan berasal dari planet yang namanya masih belum diketahui. Dengan sejarah panjang klan Otsutsuki di bumi, ternyata klan Otsutsuki memiliki banyak keturunan. Tetapi sayangnya, sebagian keturunan klan Otsutsuki hampir punah. Siapa saja klan keturunan Otsutsuki yang nyaris punah? Simak berikut ini.

Uzumaki

Klan ini merupakan keturunan dari Asura Otsutsuki, salah satu anak Hagoromo Otsutsuki. Mereka terkenal dengan teknik segelnya yang luar biasa. Hashirama pun pernah meminta bantuan klan Uzumaki untuk menyegel Bijuu. Sayangnya, kemampuan dahsyat ini dianggap ancaman oleh desa-desa lain. Desa lain menganggap kemampuan segel Uzumaki bisa membahayakan keselamatan mereka. Inilah yang menjadi alasan klan Uzumaki dan desa mereka, Uzushiogakure, diserang. Akibatnya, banyak klan Uzumaki yang berpindah desa. Hingga saat ini, hanya ada beberapa anggota klan Uzumaki yang diketahui masih hidup. Mereka yang bertahan adalah Naruto, Boruto, Hinata (setelah menikah dengan Naruto), Himawari, dan Karin.

Uchiha

Klan Uchiha merupakan keturunan anak Hagoromo Otsutsuki lainnya, Indra Otsutsuki. Setelah kematian Indra, keturunannya mewarisi Doujutsu Sharingan alias “mata Hagoromo”. Selain Doujutsu, chakra dan energi spiritual yang dahsyat menjadi warisan terbesar dari Indra. Klan Uchiha sendiri sebenarnya diambang kepunahan, setelah semua anggotanya dibantai Itachi Uchiha dan hanya menyisakan Sasuke Uchiha. Beruntung, akhirnya Sasuke memulai kembali klan ini dengan menikahi Sakura dan memiliki Sarada.

Senju

Klan Senju merupakan keturunan Asura Otsutsuki, anak Hagoromo Otsutsuki. Jika Indra mewarisi mata Hagoromo, maka Asura mewarisi “tubuh Hagoromo”, yang mana klan Senju memiliki kemampuan mental dan kekuatan chakra yang luar biasa. Klan Senju memiliki keunikan dibandingkan klan lainnya. Mereka tidak memiliki Kekkei Genkai atau teknik khusus dari klannya, seperti Sharingan dari klan Uchiha. Namun, Klan Senju memiliki kemampuan untuk menciptakan berbagai Jutsu. Selain itu, mereka juga mampu untuk menguasai berbagai jenis Jutsu dengan sempurna. Inilah alasan mengapa Tobirama dan Hashirama mampu menciptakan tekniknya sendiri. Sayangnya, hanya ada satu anggota klan senju yang bertahan hingga sekarang. Ia adalah Tsunade. Karena Tsunade tidak memiliki keturunan, maka sepertinya keturunan Senju terputus di Tsunade.

Hagoromo

Sampai sejauh ini, tidak banyak yang diketahui tentang klan Hagoromo, termasuk bagaimana nasib dan asal-usul mereka. Tetapi dari namanya, seperti halnya klan Kaguya, klan Hagoromo merupakan keturunan dari keluarga Hagoromo. Klan ini diketahui pernah bekerja sama dengan klan Senju saat perang saudara terjadi di desa Konoha. Aliansi ini benar-benar epik dan memberikan dampak yang mendalam bagi klan Senju dengan tewasnya Kawarama Senju, salah satu anak dari pemimpin klan Senju, Butsuma Senju. Hingga saat ini, tidak diketahui siapa saja anggotanya yang tersisa, tetapi sepertinya tidak adalagi anggota klan Hagoromo yang masih hidup, sama sepeti yang terjadi pada klan Kaguya.

Dengan status mereka yang merupakan keturunan dari klan Otsutsuki, yang dianggap sebagai klan para dewa, rasanya wajar jika kemudian para klan tersebut memiliki kedahsyatan yang luar biasa dan tidak dimiliki oleh klan-klan yang lain. Tetapi memiliki kekuatan besar tidak menjadi patokan bagi klan tersebut untuk terus eksis.

https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/