Haki merupakan sebuah kekuatan yang sangat luar biasa yang ada di seri One Piece. Selain itu, Haki juga merupakan salah satu elemen unik yang muncul dalam ceritanya selain buah iblis. Ada tiga jenis utama Haki dalam ceritanya yaitu Observation Haki, Armament Haki, dan Conqueror Haki. Dua dari tiga Haki tersebut bisa orang-orang pelajari atau latih.

Juga, dua jenis Haki tersebut menjadi yang paling banyak muncul dan dipergunakan dalam ceritanya. Namun, untuk Conqueror Haki tidak semua bisa menggunakannya. Haki mampu menahan segala serangan musuh, baik yang menggunakan buah iblis atau pun tidak. Menurut penjelasan dari Silvers Rayleigh, Haki adalah bentuk manifestasi fisik dari kekuatan spiritual.

One Piece: Haki yang Dimiliki Kru Bajak Laut Topi Jerami hingga Cara Membangkitkannya - Tribunnews.com Mobile

Atau secara simpelnya adalah bentuk atau perwujudan dari terkad atau kekuatan spiritual seseorang. Artinya dengan tekad atau semangat yang besar di dalam diri mereka, maka mereka pun akan memiliki kemampuan Haki yang sangat luar biasa. Dan dengan tekad atau semangat yang tinggi akan memberikan kemampuan dan keuntungan lebih dalam sebuah pertarungan.

Tekad atau semangat tersebut kemudian bisa penggunanya salurkan atau arahkan ke berbagai hal. Misalnya, mereka bisa menggunakan tekad tersebut untuk berubah menjadi armor. Atau bisa juga mengubah sebagian anggota tubuh mereka menjadi keras, misalnya pada bagian kepala atau lengan atau kaki. Dengan demikian, wajar jika kemudian ini menjadi salah satu sumber kekuatan di serinya.

Haki Jadi Bukti Kekuatan Seseorang?

Geeks mungkin sedikit banyaknya sudah mengetahui tentang Haki, jenis Haki, dan bagaimana fungsi Haki dalam ceritanya. Namun, mungkin tidak banyak Geeks yang tahu bahwa sebenarnya Haki bisa jadi bukti level kekuatan seseorang. Kemampuan Haki akan muncul ketika mereka menghadapi lawan yang jauh lebih kuat. Misalnya ketika Luffy harus menghadapi Doflamingo di arc Dressrosa.

Atau ketika menghadapi Katakuri di arc Whole Cake Island dan juga menghadapi Kaido di arc Wano. Dan hal ini pun dikonfirmasi oleh Oda sendiri dalam salah satu kolom SBS. Dalam kolom SBS Volume 65, seorang fan bertanya tentang perbandingan level kekuatan Haki antara Shanks dan Luffy. Oda menjelaskan bahwa meskipun Haki Luffy dahsyat, namun Haki Shanks jauh lebih dahsyat.

Lebih lanjut, Oda juga menjelaskan bahwa kemampuan Haki menunjuk bukti kekuatan seseorang. Menurutnya, mengalahkan seseorang dengan memanfaatkan atau menggunakan Haki merupakan sebuah fenomena atau sesuatu yang hanya akan terjadi ketika penggunanya benar-benar sangat kuat atau jauh lebih kuat dari musuhnya. Dengan demikian wajar jika banyak yang pingsan atau tidak sadarkan diri, ketika seseorang menggunakan Haki.

Manga One Piece: Kala Oda Sensei Bandingkan Haki Shanks dan Luffy - Pro Nusantara - Halaman 3

Hal tersebut karena mereka tidak siap atau tidak cukup kuat untuk menahan kedahsyatan dari Haki sosok tersebut. Bagaimana dengan mereka yang mampu menahan kekuatan Haki tersebut? Hal ini bukan berarti mereka jauh lebih kuat. Bisa jadi juga kekuatan mereka seimbang, atau memang terlatih menghadapi para pengguna Haki. Contohnya adalah ketika Aramaki mampu bertahan dari serangan Yamato.

Dan berbicara mengenai Aramaki, momen ketika dia merasa terintimidasi oleh kemunculan Shanks menjadi konfirmasi lain dari penjelasan Oda. Dia merasa tidak berdaya ketika merasakan Haki Shanks di sekitarnya. Aramaki sadar bahwa level kekuatannya berada jauh di bawahnya, sehingga dia memutuskan untuk menyerah dan pergi. Dia bahkan sampai mengangkat tangannya dalam momen ini. Hal ini juga pernah terjadi kepada Kizaru ketika Benn Beckman mengancamnya.

Kesimpulannya

Jadi, berdasarkan penjelasan di atas, bisa kita simpulkan bahwa pengguna kekuatan Haki adalah mereka yang memang memiliki kekuatan dahsyat. Tanpa kekuatan buah iblis, mereka mampu untuk mengubah tekad mereka menjadi sesuatu yang dahsyat. Pengguna buah iblis juga harus kita akui memiliki kedahsyatan dalam hal kekuatan, seperti misalnya Luffy atau Sakazuki.

One Piece: Shanks Gunakan Voice of All Things? – Aocewe.com

Akan tetapi, berdasarkan dari penjelasan atau informasi tentang Haki yang kita ketahui sejauh ini di ceritanya, level kekuatan pengguna Haki berada di atas pengguna buah iblis. Setelah buah iblis banyak muncul atau memiliki “peran” di momen sebelum timeskip, menarik untuk melihat peran dari Haki di akhir seri One Piece ini. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.