Dalam gelaran acara D23 Expo 2022 kemarin, Marvel Studios resmi memperkenalkan tim baru bernama The Thunderbolts. Dengan diumumkannya Thunderbolts di MCU, itu berarti mereka akan terlibat dalam Multiverse Saga yang tengah berlangsung saat ini. Film Thunderbolts sendiri rencananya akan dirilis pada akhir Phase 5, tepatnya di bulan Juli 2026. Sebenarnya nih Geeks, dikenalkannya Thunderbolts di MCU bukan sesuatu yang mengejutkan. Pasalnya, sudah ada beberapa tanda yang mengindikasikan kemunculan mereka.

Tanda lahirnya Thunderbolts di MCU pertama kali terlihat saat Valentina Allegra de Fontaine alias Val muncul dan mulai merekrut karakter-karakter penting di MCU. Val sudah merekrut beberapa villain seperti Us. Agent, dan Yelena Belova untuk bergabung ke Thunderbolts. Dan di acara D23 kemarin, Marvel Studios sudah memperkenalkan sisa anggota Thunderbolts. Mereka yang bergabung adalah Red Guardian, Taskmaster, Ghost, dan Bucky Barnes. Lantas yang menjadi pertanyaan adalah, kemana Baron Zemo? Padahal di komik ia memiliki sejarah yang panjang dengan Thunderbolts.

Mengenal Thunderbolts di Marvel Comics

Sebelum membahas tentang menghilangnya Baron Zemo dari Thunderbolts MCU, ada baiknya kita berkenalan singkat dengan mereka. Sebenarnya, ada banyak inkarnasi berbeda Thunderbolts di Marvel Comics. Tetapi, sosok yang pertama kali menciptakan mereka di komik adalah Kurt Busiek dan Mark Bagley. Thunderbolts muncul pertama kali dalam komik The Incredible Hulk yang rilis tahun 1997. Mereka dikenalkan sebagai tim superhero baru yang berusaha mengisi kekosongan Avengers, yang saat itu sempat menghilang sementara.

Mengapa Baron Zemo Tidak Gabung Thunderbolts?, Greenscene

Sebenarnya nih Geeks, Thunderbolts adalah tim berisi para villain, dan nama awal mereka adalah Master of Evil. Tetapi para villain tersebut kemudian menyamar menjadi superhero dan mengganti nama timnya menjadi Thunderbolts. Motivasi mereka melakukan hal tersebut adalah untuk berkuasa dan menjadi tenar setelah berpura-pura menjadi pahlawan super. Saat Thunderbolts pertama kali beraksi, kursi kepemimpinannya dipegang oleh Baron Zemo, sebelum akhirnya ia dilengserkan. Nah karena Thunderbolts cukup identik dengan Baron Zemo, lantas muncul pertanyaan sekali lagi. Mengapa Baron Zemo tidak dilibatkan di Thunderbolts MCU?

Baron Zemo Ditahan

Geeks tentunya sudah tidak asing dengan Baron Zemo. Di MCU, dia telah membuat beberapa kekacauan besar. Walaupun tidak memiliki kemampuan super, tetapi Zemo terkenal pandai mengadu domba. Masih ingat dengan peristiwa di film Civil War? Yap, itu adalah ulah dari Zemo yang mengadu Domba para superhero. Usahanya pun terbukti di mana dia berhasil memecah Avengers menjadi dua kubu yang saling bersebrangan, dan berdampak langsung pada keseluruhan cerita di MCU.

Ada alasan kuat yang membuat Baron Zemo tidak dilibatkan di Thunderbolts sebagai anggota. Mungkin alasan tersebut adalah karena Baron Zemo saat ini tengah berada di penjara. Masih ingat kan Geeks, bahwa Zemo dipenjara oleh Dora Milaje? Yap, Milaje memejarakannya di penjara Raft. Kejadian tersebut terjadi di ending series The Falcon and the Winter Soldier. Bisa jadi filmnya nanti akan menceritakan perjuangan para anggota Thunderbolts untuk membebaskan Baron Zemo dari penjara Raft.

Mengapa Baron Zemo Tidak Gabung Thunderbolts?, Greenscene

Jika tidak mendapat bantuan, tentu saja Baron Zemo harus segera mencari jalan keluar dari Raft seorang diri. Dengan kehebatannya keluar dari beberapa penjara dengan tingkat keamanan yang tinggi, maka sepertinya tidak ada penjara di dunia yang bisa menghentikan Baron Zemo. Bisa jadi Bucky Barnes akan membantunya keluar dari sana, seperti yang dia lakukan di awal series The Falcon and the Winter Soldier. Dengan terbebasnya Baron Zemo dari penjara, mungkin dia akan menjadi pemimpin Thunderbolt selanjutnya, dan Thunderbolts akan mulai melancarkan agenda jahat mereka.

Marvel Studios kemungkinan ingin memberikan kejutan dengan tidak memperkenalkan Baron Zemo di acara D23 kemarin. Bisa jadi karakternya baru akan muncul ketika trailer perdananya dirilis. Atau bahkan Baron Zemo baru akan muncul saat filmnya mendatang dirilis. Kita tunggu aja ya Geeks apa yang akan terjadi selanjutnya pada Baron Zemo dan Thunderbolts.

Restu is a general trouble maker of Greenscene.co.id, he's operate on movie review and original content with some reporting job. He think that he is Tony Stark, with semi-bald head.