Monkey D. Luffy merupakan protagonis utama dalam seri One Piece karya Eiichiro Oda. Luffy adalah sosok yang bercita-cita untuk menjadi raja bajak laut, dan menjadi sosok yang paling bebas di dunia. Dengan kekuatan buah iblis Gomu Gomu/Nika yang dia miliki, serta berbagai kemampuan lainnya, Luffy pun menjadi salah satu karakter terkuat di serinya.

Bukti kedahsyatan dari Luffy sendiri bisa kita lihat dalam peningkatan kekuatan yang terjadi di sepanjang serinya. Dalam sebuah cerita seperti halnya One Piece, peningkatan kekuatan merupakan sesuatu yang umum terjadi. Dalam beberapa tahun belakangan, Luffy diperlihatkan sudah mengalami beberapa kali peningkatan kekuatan. Hal ini karena ancaman dan musuh yang dia hadapi pun semakin kuat dan dahsyat dalam setiap petualangannya.

Meskipun begitu, kedahsyatan dari Luffy sendiri sudah terlihat sejak lama. Bahkan, sejak awal serinya. Hal ini bisa kita lihat bagaimana Luffy kebal terhadap dua kekuatan buah iblis yang ada di ceritanya. Dengan hal tersebut, Luffy pun berhasil untuk mengalahkan musuhnya. Ini membuktikan bahwa kekuatan Luffy memang sangat luar biasa, selain karena keuntungan dari buah iblis yang dia miliki.

BACA JUGA: One Piece: Berhasilkah Koby Menangkap Boa Hancock?

Luffy Kebal Buah Iblis Enel

Bukti kedahsyatan Luffy pertama kita lihat di arc Skypiea. Saat itu, Luffy dan kelompok Topi Jerami harus menghadapi Enel dan juga anak buahnya. Seperti yang kita ketahui, Enel merupakan pemimpin tiran di pulau langit. Dia berkuasa dengan sangat kejam, di mana dia membuat semua penduduk pulau langit menderita. Enel mampu berkuasa dengan dahsyat berkat kekuatan buah iblis, Goro Goro no Mi.

Buah iblis Goro Goro no Mi merupakan salah satu buah iblis yang unik yang muncul dalam cerita One Piece. Buah iblis tersebut bisa memberikan penggunanya sebuah kekuatan menarik yaitu mampu mengendalikan, menciptakan, dan merubah dirinya menjadi listrik sesuka hati. Dengan kata lain, penggunanya sudah berubah menjadi seorang manusia listrik. Hal ini membuat penggunanya menjadi sangat sulit untuk dilukai.

Closed account on Twitter: "The connection to Enel brings us to another example of foreshadowing but this one is currently less tangible than the other examples. In hindsight, the Luffy vs Enel

Enel menggunakan kekuatan ini ketika dia bertarung melawan musuh-musuhnya, dan ketika dia menghukum para penduduk pulau langit yang melanggar aturan, menjadikannya sosok dewa/penguasa di pulau langit tersebut. Namun, ketika menghadapi Luffy, Enel harus menerima fakta yang tidak dia duga di mana kekuatan listrik miliknya tersebut sama sekali tidak bekerja terhadap Luffy.

Hal tersebut karena kekuatan karet yang Luffy miliki. Karet sendiri bukanlah penghantar listrik yang baik, sehingga dia sama sekali tidak terluka dan terpengaruh oleh kekuatan Enel. Dengan demikian, Luffy pun mampu mengalahkan Enel meskipun dia harus menghadapi kesulitan lainnya yaitu di mana Enel menguasai Observation Haki. Akibatnya, Luffy kesulitan untuk menyerang Enel.

BACA JUGA: One Piece: Mengapa Wajah Seraphim Mirip Shichibukai?

Luffy Kebal Buah Iblis Boa Hancock

Selain buah iblis Goro Goro milik Enel, Luffy juga kebal terhadap kekuatan buah iblis Mero Mero no Mi milik Hancock. Mero Mero no Mi adalah buah iblis berjenis Paramecia di mana penggunanya bisa mengubah seseorang menjadi batu. Mero Mero sendiri memiliki kemampuan untuk menyerang musuh dari berbagai jarak dengan menggunakan salah satu emosi dari manusia yaitu hasrat.

Ketika seseorang terkena kemampuan buah iblis ini, dia akan langsung berubah menjadi batu. Biasanya, mereka yang terkena efek dari buah iblis ini merupakan sosok yang tergila-gila atau sangat mengagumi kecantikan dari Hancock. Dan inilah yang kemudian dimaksud dengan kekuatan Mero Mero sangat bergantung kepada hasrat atau nafsu.

one piece - Why didn't Boa Hancock's attack affect Luffy? - Anime & Manga Stack Exchange

Bagaimana dengan Luffy? Yang menarik adalah bagaimana Luffy justru sama sekali tidak terpengaruh oleh kekuatan tersebut. Ada cara untuk menghindari efek buah iblis ini, seperti yang dilakukan oleh wakil admiral Momonga di mana dia menyakiti dirinya sendiri. Atau ada juga hal lain yang mungkin sangat jarang terjadi yaitu di mana mereka sama sekali tidak memiliki nafsu terhadap sosok Hancock.

Ini juga yang terjadi kepada Luffy. Saat Kuma menerbangkannya ke Amazon Lilly, Luffy sempat terjatuh di ruangan yang menjadi tempat mandi Hancock. Dia pun melihat tato Hancock, dan juga tubuh bagian belakangnya. Ketika sang mantan Shichibukai hendak menggunakan kekuatannya kepada Luffy, hal itu nyatanya sama sekali tidak berpengaruh.

BACA JUGA: One Piece: 5 Teknik Tiruan Trafalgar Law!

Mengapa? Selain karena Luffy tidak memiliki nafsu atau hasrat terhadap Hancock, seperti yang Oda katakan dan gambarkan dalam serinya jika Luffy adalah sosok yang bodoh. Dia tidak mengerti uang, cinta, nafsu, atau apa pun itu. Yang dia tahu dan pedulikan hanya makanan dan daging. Jadi, rasanya cukup masuk akal dan wajar jika kemudian Luffy kebal terhadap kekuatan ini. Pertanyaan selanjutnya adalah apakah Luffy kebal terhadap buah iblis lain? Masih harus kita tunggu jawabannya di chapter yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.