She-Hulk: Attorney at Law episode 4 baru saja tayang pada hari Kamis kemarin. Selama empat episode awal, serial ini menghadirkan karakter baru seperti Titania, dan karakter lama seperti Bruce Banner dan Emil Blonsky alias Abomination. Wong sang Sorcerer Supreme pun turut hadir, dimana Jennifer Walters meminta bantuannya untuk menjadi saksi penting dalam pembebasan bersyarat terhadap Abomination.

Pada episode keempat ini, Wong berbalik meminta bantuan Jennifer untuk membantunya menangani kasus seseorang yang menggunakan ilmu Mystic Arts secara sembarangan. Sepanjang cerita, orang tersebut menggunakan nama belakang Blaze, yang tentunya sangat erat dengan identitas superhero Ghost Rider. Lalu, apakah dia benar-benar sosok yang selama ini telah dinantikan oleh penggemar?

BACA JUGA: Villain Black Adam Muncul di Trailer Baru!

Donny Blaze Versi MCU Bukan Ghost Rider

Sebuah poster bertuliskan Johnny Blaze sekilas nampak terpampang dalam cuplikan trailer She-Hulk: Attorney at Law. Hal itu seperti mengisyaratkan jika karakter Ghost Rider kemungkinan akan muncul, dan semakin membuat para penggemar begitu antusias. Tetapi dalam kenyataannya, episode 4 memperkenalkan kita ke karakter baru bernama Donny Blaze, dan sudah jelas tidak terkait dengan Ghost Rider.

Donny Blaze (yang muncul di series She-Hulk) sendiri nampaknya tidak pernah muncul di dalam komik Marvel manapun, dan menjadi karakter asli yang diciptakan oleh Marvel studios untuk serial ini. Donny Blaze diperankan oleh aktor Rhys Coiro, dan ia merupakan seorang pesulap terkenal yang pernah berlatih di Kamar-Taj untuk menjadi Master of the Mystic Arts. Saat ia keluar dari Kamar-Taj, Donny berhasil mencuri salah satu sling ring yang dia gunakan untuk melakukan beberapa trik sulap selama pertunjukannya.

Alih-alih menjadi Ghost Rider yang begitu ikonik, Donny Blaze versi MCU ini diperkenalkan sebagai seorang pesulap yang menyalahgunakan Mystic Arts. Bahkan saat dipertunjukan sulapnya, Donny tidak sengaja membuka portal yang salah, dan malah mendatangkan makhluk asing dari dimensi lain yang berterbangan, dan membuat ancaman. Di saat itu juga, Wong, dan Jennifer pun harus turut andil untuk membereskan masalah yang telah dibuat oleh Donny.

BACA JUGA: Penuh Teka-teki, Simak Trailer Perdana Knives Out 2!

Johnny Blaze Dalam Komik Marvel

Berbeda dengan sosok Donny Blaze yang terlihat sembrono di MCU, Johnny Blaze adalah identitas asli dari salah satu karakter horor yang paling terkenal di dunia komik Marvel. Johnny Dikenal sebagai Ghost Rider, dan ia pertama kali muncul di komik Marvel Spotlight edisi kelima pada Agustus 1972. Sebelum menjadi sosok iblis tersebut, Johnny adalah seorang stuntmant atau pemain akrobat sepeda motor. Ketika ayah kandungnya, Barton Blaze, tewas, ia diadopsi oleh Crash Simpson dan Mona Simpson yang merupakan teman dekat sang ayah.

Bertahun-tahun kemudian, musibah kembali menimpa Johnny karena ayah angkatnya, Crash Simpson, terkena penyakit parah. Tanpa disangka, Johnny memutuskan menjual jiwanya kepada iblis Mephisto untuk menyelamatkan sang ayah. Meski begitu, nyawa Crash tetap tidak bisa selamatkan, dan Mephisto pun menggabungkan jiwa Johnny dengan Zarathos, Roh Pembalasan, hingga akhirnya ia berubah menjadi Ghost Rider.

Selama menjadi Ghost Rider, Johnny bertindak seperti seorang vigilante, dan ia terobsesi untuk membalaskan dendam orang-orang yang tertindas. Dia melakukan hal itu karena sebagai bentuk rasa bersalahnya yang tidak bisa melindungi orang-orang tersayangnya. Dalam aksinya, Ghost Rider kerap menunggangi motor mistik yang mampu bergerak dengan kecepatan tinggi.

Ghost Rider juga sangat tahan terhadap berbagai serangan supernatural, dan memiliki kekuatan untuk mengendalikan Api Neraka yang bisa membakar jiwa manusia. Lalu, ia juga mempunyai rantai panjang yang tidak dapat dihancurkan. Ia sering menggunakan rantai itu untuk mengikat para musuh yang dihadapinya. Selain itu, ia pernah bergabung dalam kelompok superhero supernatural, Midnight Sons, bersama dengan Doctor Strange, Blade, Moon Knight, Iron Fist, dan juga Wong.

BACA JUGA: Ngeri, Desain Awal Valak di Conjuring 2!

Kesimpulan

Nah, Geeks, ternyata sudah jelas jika Donny Blaze, dan Johnny Blaze adalah dua sosok yang sangat berbeda. Meski keduanya menyandang nama belakang yang sama, tetapi karakteristik, dan kekuatan mereka sangat tidak bisa setarakan. Ini memang bukan pertama kalinya MCU mengejutkan para penggemar dengan twist tersebut, sebelumnya di WandaVision ada sosok Quicksilver alias Pietro Maximoff yang ternyata adalah seorang pria bernama Ralph Bohner.

Namun, kemunculan Ghost Rider yang asli masih bisa saja terjadi di masa depan MCU, apalagi rumor terbentuknya kelompok Midnight Sons bisa saja terwujud. Semoga di fase berikutnya kita bisa menyaksikan aksi dari Ghost Rider ya Geeks!