Bijuu atau monster berekor merupakan salah satu elemen yang unik yang muncul dalam franchise Naruto. Mereka terbentuk dari chakra yang kemudian diberikan nyawa. Kaguya Otsutsuki adalah sosok yang menciptakan bijuu, di mana pada awalnya dia menciptakan monster ekor sepuluh untuk menghabisi kedua anaknya, Hagoromo dan Hamura. Namun, mereka berdua berhasil mengalahkan sang ibu.

Bukan hanya itu, mereka pun berhasil menyegel monster ekor sepuluh di tubuh Hagoromo. Sebelum meninggal, Hagoromo memutuskan untuk memecah chakra monster ekor sepuluh menjadi sembilan monster berekor lainnya. Dia pun kemudian menyebarkannya ke seluruh dunia. Para monster yang kita kenal saat ini merupakan hasil pecahan dari monster ekor sepuluh tersebut. Berikut adalah para Bijuu yang ada di universe Boruto.

Shukaku/Monster Ekor Satu

Shukaku atau Ichibi adalah nama dari bijuu ekor satu. Shukaku memiliki bentuk seperti seekor tanuki atau rakun. Dia memiliki kekuatan pengendalian pasir, bahkan pertahanan pasir Shukaku sangat kuat dan hampir tidak dapat ditembus oleh lawan. Selain pengendalian pasir, Shukaku juga mampu mengendalikan magnet dan juga memanipulasi angin.

7 Fakta Shukaku, Biju Rivalnya Kurama di Anime Naruto!

Dalam ceritanya, Shukaku selalu berselisih dengan Kurama atau monster ekor sembilan karena iri dengan banyaknya ekor Kurama. Menurut Kurama, kekuatan seekor bijuu bisa dilihat dari berapa banyak jumlah ekornya. Gaara sempat menjadi Jinchuriki bagi Shukaku untuk waktu yang lama, sebelum kemudian Akatsuki berhasil mengeluarkannya dari tubuh Gaara.

BACA JUGA: Boruto: Tanpa Kurama, Ini Kekuatan Andalan Naruto!

Matatabi atau Nibi adalah nama dari bijuu berekor dua. Bijuu ini berasal dari desa Kumogakure. Sosok monster berkor dua ini memiliki wujud yang mirip seperti kucing yang terbuat dari api biru. Wujud kucing tersebut terinspirasi dari legenda hantu kucing Jepang berekor dua. Selain itu, nama Matatabi sendiri merupakan sebuah tanaman yang sangat disukai kucing.

6 Fakta Matatabi, Bijuu Ekor Dua di Seri Naruto!

Berbeda dengan Shukaku, Matatabi adalah sosok Bijuu yang ramah terhadap orang lain. Teknik dahsyat yang Matatabi miliki adalah manipulasi api. Selain itu, Matatabi juga mampu untuk menembakan Bijuu dama. Sosok yang pernah menjadi Jinchuriki dari Bijuu ini adalah Yugito Nii. Seperti halnya Shukaku, Matatabi dan Nii juga menjadi buruan dari Akatsuki dan berhasil mereka rebut.

Isobu/Sanbi

Isobu atau Sanbi adalah sosok monster berekor tiga yang muncul dalam franchise Naruto. Bijuu ini memiliki wujud yang mirip seperti kura-kura, tapi memiliki cangkang yang berduri. Bijuu ini berasal dari desa Kirigakure dan memiliki kemampuan yang tidak kalah dahsyat, yaitu manipulasi air. Selain itu, dia juga bisa berenang dengan cepat dan mengeluarkan asap yang membuat lawannya tidak sadar. Isobu atau Sanbi ini merupakan salah satu Bijuu yang cukup populer di serinya.

SNSNI: Isobu Si ekor tiga (Sanbi)

Selain memiliki desain karakter yang merupakan gabungan dari kepiting dan kura-kura, Bijuu ini juga memiliki sepasang tangan yang mirip seperti manusia. Nama Isobu sendiri terinspirasi dari hantu laut Jepang yaitu Isonade. Ini adalah Bijuu pertama dalam serinya yang muncul dalam keadaan liar atau belum dijinakan. Dua orang karakter yang pernah menjadi Jinchurikinya adalah Rin Nohara dan juga Yagura.

BACA JUGA: Boruto: Naruto Akan Jadi Jinchuriki Juubi?

Son Goku/Yonbi

Son Goku atau Yonbi adalah bijuu ekor empat. Dari segi bentuk atau desain, Son Goku berwujud seperti gorila berbulu merah dengan taring dan tanduk yang besar. Nama Son Goku mungkin terdengar tidak asing. Ada kemungkinan jika Masashi Kishimoto menggunakan nama Son Goku setelah terinspirasi dari karakter di seri Dragon Ball, yaitu Son Goku dan juga master Roshi.

yonbi

Hal ini karena Jinchuriki dari Son Goku sendiri adalah Roshi. Selain itu, Son Goku sendiri adalah pelafalan dari karakter Sun Wukong dalam bahasa Jepang. Bijuu ini memang memiliki sifat yang sombong, namun dia selalu menghargai para Bijuu yang lain. Son Goku berasal dari desa Iwagakure. Dari segi kekuatan, dia memiliki kekuatan fisik yang sangat dahsyat. Selain itu, Bijuu ini juga memiliki kemampuan untuk menembakan lahar dan juga batu berapi.

BACA JUGA: Naruto: Mengapa Bijuu Bisa Mati?

Kokuo/Gobi

Kokuo atau Gobi adalah bijuu berekor lima yang memiliki desain atau bentuk karakter yang unik. Dia memiliki tubuh yang mirip seperti seekor kuda dan kepala lancip seperti seekor lumba-lumba. Yang unik juga adalah ada empat tanduk di atas kepalanya. Nama ‘Kokuo’ sendiri merupakan pelafalan dalam Jepang kuno, yang artinya damai dan indah atau rendah hati dan bermartabat.

5 Fakta Kokuo di Naruto, Si Biju Kuda Lumba-Lumba Ekor Lima!

Hal tersebut memang sesuai dengan sifat dan karakter dari Kokuo dalam cerita di serinya. Setelah berhasil dibebaskan oleh Naruto dan Sasuke, Kokuo memutuskan untuk hidup menyendiri dan tinggal atau hidup dengan damai. Kemampuan Kokuo sendiri adalah memanipulasi teknik pelepasan uap panas. Karakter yang pernah menjadi Jinchuriki dari Bijuu yang berasal dari desa Iwagakure ini adalah Han.

1
2
https://www.greenscene.co.id/author/irvan-sukmaningrat/