Dalam cerita di seri Naruto, Doujutsu atau jurus mata biasanya memiliki kekuatan khusus yang sangat dahsyat. Contoh nyata dari hal ini adalah Sharingan, yang menjadi milik klan Uchiha. Doujutsu ini memiliki keunggulan di mana mereka mampu untuk membaca pergerakan musuh. Bahkan, penggunanya juga mampu untuk menirukan teknik atau Jutsu milik lawan seperti yang Kakashi lakukan.

Meskipun Doujutsu memiliki kedahsyatan dalam hal kekuatan, namun Dojutsu juga memiliki keunggulan lainnya. Contohnya adalah melihat masa depan, melihat takdir, atau bahkan mengubah takdir itu sendiri. Sejauh ini memang tidak banyak Doujutsu yang mampu melakukan hal spesial tersebut. Hanya ada beberapa Dojutsu yang ternyata mampu memengaruhi takdir. Apa saja?

Izanami

Izanami merupakan salah satu dari dua Genjutsu rahasia milik klan Uchiha. Menggunakan Doujutsu ini memiliki resiko besar di mana salah satu mata penggunanya akan menghilang. Sejauh ini, hanya Itachi Uchiha yang diperlihatkan cukup mahir untuk menggunakan teknik ini. Izanami sendiri mampu membuat penggunanya menjebak seseorang dalam sebuah dunia ilusi atau Genjutsu.

Kamu Harus Tahu, Ternyata Inilah 5 Fakta Tentang Jurus Terlarang Izanami - Kwikku

Di sana, korbannya akan mengalami sebuah kejadian yang berulang-ulang. Penggunanya bahkan bisa menyiksa korbannya dengan melihat kejadian yang sama terus menerus selamanya. Berbeda dengan Izanagi, Izanami merupakan Doujutsu yang menentukan takdir tersebut. Sang pengguna Izanami (dengan mata sharingannya) dapat menentukan sebuah peristiwa, yang mana kemudian sensasi fisik dari peristiwa tersebut dapat dirasakan oleh sang korban. Satu-satunya cara untuk bisa menghentikan Genjutsu ini adalah menerima dirinya dan juga takdirnya.

BACA JUGA: Naruto: 6 Jutsu Rahasia Kakashi!

Izanagi

Lawan dari Genjutsu kuat Izanami adalah Jutsu Terlarang yang dikenal dengan nama Izanagi. Tekniknya sendiri benar-benar sangat kuat dan bahkan diyakini sebagai Genjutsu paling mengerikan dalam serinya. Teknik ini membuat penggunanya – yang merupakan klan Uchiha – untuk bisa merubah realita yang ada. Mereka pun bisa melawan hukum alam yang berlaku, bahkan merubah ilusi menjadi kenyataan.

Apakah benar Izanagi adalah Jutsu khusus Klan Uchiha? - Quora

Ketika digunakan, penggunanya benar-benar bisa mengendalikan penuh takdir mereka sendiri selama teknik ini aktif. Untuk bisa mengaktifkan teknik terlarang ini, selain harus memiliki Sharingan, seseorang juga harus memiliki unsur genetik dari Hagoromo atau Otsutsuki. Bukti dahsyat dari kekuatan Izanagi adalah bagaimana Madara menggunakan teknik ini untuk membatalkan kematiannya tanpa orang-orang ketahui.

Senrigan

Senrigan merupakan Doujutsu baru yang muncul dalam seri Boruto. Secara harfiah Senrigan memiliki arti “Clairevoyant” atau bisa berarti mata yang bisa/mampu meramal. Dan apa yang Kishimoto hadirkan dalam ceritanya pun memang demikian, di mana Eida mampu melihat apa yang sedang terjadi di dunia ini. Amado yang mengungkapkan kekuatan dari Senrigan secara langsung kepada Shikamaru dalam ceritanya.

Mengenal Senrigan, Dojutsu Mata Milik Eida di Boruto!

Menurut Amado, Senrigan adalah sebuah kemampuan yang membuat Eida bukan hanya mampu melihat apa yang sedang terjadi di seluruh dunia. Senrigan juga mampu membuat Eida bisa melihat ke masa lalu atau pun masa depan. Dengan kemampuan ini, Eida bisa menentukan apa yang kemudian menjadi takdirnya dan kemudian mengubahnya. Contohnya adalah ketika dia melihat rencana Shikamaru.

BACA JUGA: One Piece: Ini Alasan Dibentuknya Cross Guild?

Byakugan

Geeks mungkin heran mengapa kemudian Byakugan menjadi Doujutsu yang bisa memengaruhi masa depan. Byakugan merupakan Kekkei Genkai yang berasal dari klan Hyuuga dan Otsusuki. Biasanya, keturunan atau orang yang memiliki kekkei Genkai ini memiliki bola mata yang berwarna putih. Kekuatan ini merupakan salah satu jutsu yang diturunkan oleh Kaguya Otsutsuki kepada penduduk Konoha dan bumi.

SPOILER] Seram! Inilah 2 Ramalan Momoshiki Kepada Boruto ...

Otsutsuki adalah kata kunci dalam hal ini. Dalam seri Boruto, terungkap bahwa Byakugan ternyata bukanlah Doujutsu biasa. Pasalnya, Doujutsu ini memiliki koneksi dengan klan Otsutsuki. Dan Byakugan pun mampu melihat ke masa depan dan melihat takdir seseorang. Hal ini bisa kita lihat saat Momoshiki mengatakan kepada Boruto bahwa dia bisa melihat takdirnya pada masa depan.

BACA JUGA: Mengenal 10 Bijuu di Boruto!

Kedahsyatan dari sebuah Doujutsu biasanya terbatas pada level ilusi atau pada kekuatan fisik seseorang. Namun, tanpa kita sadari sebenarnya Doujutsu tersebut juga mampu untuk memengaruhi takdir atau bahkan melihat dari takdir itu sendiri. Dan di atas adalah contoh nyata dari bagaimana beberapa Doujutsu tertentu mampu untuk memengaruhi takdir.

https://www.greenscene.co.id/author/irvan-sukmaningrat/