Monkey D. Luffy merupakan karakter protagonis utama dalam seri One Piece. Dia merupakan karakter protagonis dari genre Shonen yang sangat unik, di mana hampir seluruh keluarganya diperlihatkan masih hidup. Kebanyakan protagonis utama di anime atau manga biasanya mengalami sebuah tragedi mengerikan di mana keluarganya tewas karena sebuah peristiwa atau meninggal akibat penyakit. Tapi, hal ini tidak berlaku untuk Luffy.

Sebagian besar keluarga Luffy merupakan sosok yang sangat populer. Mereka merupakan bagian dari karakter yang berpengaruh dalam cerita. Karena tidak banyak informasi tentang keluarga Luffy, membuat banyak fans penasaran akan hal ini. Tentunya sudah waktunya bagi Oda untuk mengungkapkan lebih banyak lagi informasi mengenai keluarga Luffy. Berikut adalah berbagai hal tentang keluarga Luffy yang sejauh ini sudah kita ketahui.

Bagian Dari Klan D

Sejauh ini baru tiga orang saja dari keluarga Luffy yang sudah muncul dalam cerita. Seperti yang mungkin Geeks sadari, ketiganya memiliki huruf “D” di tengah namanya. Klan D memang sedari dulu dianggap musuh bagi para “dewa”, yang mana mereka adalah tidak lain yaitu kaum naga langit. Masih menjadi misteri, apa sebenarnya kepanjangan dari huruf tersebut dan berapa banyak orang yang mewarisi tekad D.

Luffy's Family Tree Explained – Anime Everything Online

Yang pasti ketiga orang dari keluarga Luffy ini sudah membuktikan dirinya bahwa mereka memang layak menjadi seorang D, dan mewarisi tekadnya. Luffy dan Dragon sudah membuktikan kalau mereka merupakan ancaman besar bagi Pemerintah Dunia. Garp sendiri pun sebenarnya sangat membenci kaum naga langit dan Pemerintah Dunia, karena mereka selalu bertindak semena-mena.

Luka di Wajah

Luffy dan Garp sama-sama memiliki bekas luka di bagian wajah mereka. Luffy memiliki bekas luka sayatan di bagian bawah kelopak kiri matanya. Hal itu dia lakukan sebagai bukti kepada Shanks jika sudah dewasa, bukan lagi anak-anak – padahal dia memang masih anak-anak. Sedangkan untuk Garp, masih belum diketahui bagaimana dia mendapatkan bekas luka tersebut.

Kemungkinan besar luka tersebut akibat pertempuran yang pernah dia alami. Lain halnya dengan Dragon, di mana dia justru tidak memiliki bekas luka apa pun. Namun, dia memiliki tato aneh di sepanjang wajahnya. Masih belum diketahui apakah tato tersebut ada kaitannya dengan klan D. Terdapat spekulasi bahwa tato di wajah Dragon tersebut terinspirasi dari suku Indian.

Keluarga Yang Bermasalah

Ketika Sengoku mendengar kabar Luffy yang kembali berbuat Onar, dia langsung mengatakan kepada Garp, yang justru tertawa mendengar hal itu, bahwa keluarganya merupakan keluarga yang bermasalah dan merepotkan. Meskipun Garp adalah seorang perwira angkatan laut, tapi dia adalah orang yang tidak mau patuh terhadap aturan dan tidak akan memandang keadilan absolut.

Garp akan melakukan apa  pun yang dia mau, yang dia rasa nyaman untuknya. Meskipun anak dan cucunya merupakan dua orang paling berbahaya di dunia, tapi dia tidak akan berbuat apa-apa terhadap mereka. Bisa jadi Garp akan bergabung dengan Luffy dan Dragon di akhir cerita untuk meruntuhkan Pemerintah Dunia. Hal ini pun menjadi salah satu spekulasi yang cukup populer di kalangan para fans.

Hubungan Yang Aneh

Luffy dan Dragon memang merupakan ayah dan anak, tapi sepertinya tidak ada dari mereka yang peduli terhadap satu sama lainnya. Luffy selama ini belum pernah melihat wajah ayahnya sama sekali, dan hal itu juga tidak berpengaruh banyak terhadap Luffy. Tapi, meskipun begitu jika ada sebuah kesempatan tentunya mereka akan melakukan sesuatu yang menunjukan kepedulian mereka.

Contohnya saat Dragon menyelamatkan Luffy di Loguetown saat dia hampir saja tewas di tangan Smoker. Hal ini juga sepertinya dianut oleh Dragon dan Garp, yang sepertinya tidak terlalu perduli terhadap hubungan mereka berdua. Banyak dari para fans yang kemudian tidak sabar untuk melihat pertemuan “perdana” dari mereka berdua. Sebelumnya, banyak spekulasi yang menyebutkan bahwa mereka akan saling bertemu di akhir ceritanya saat membantu menghadapi Pemerintah Dunia.

Rival Bagi Raja Bajak Laut

Semua bajak laut yang ada di cerita One Piece pasti memiliki impian untuk menjadi seorang raja bajak laut. Tapi, tidak semua orang bisa mendekati titel tersebut. Sejauh ini, para Yonkolah yang mampu mendekati level seorang raja bajak laut. Diluar para Yonko, ada satu orang yang dianggap mampu menandingi kekuatan dari raja bajak laut dan dia adalah Garp.

Seperti yang terungkap dalam ceritanya, Garp sering kali bertempur melawan Roger di masa keemasannya. Saking seringnya mereka bertikai, Roger sudah menganggap Garp sebagai seorang temannya. Garp juga pernah bekerja sama dengan Roger untuk mengalahkan bajak laut Rocks dan mengakhiri era mereka. Roger dan Garp memiliki banyak perbedaan, namun mereka saling menghormati.

Keluarga Monkey D. merupakan salah satu keluarga yang paling populer di dunia One Piece. Bukan karena mereka adalah bangsawan atau bagian dari keluarga naga langit, namun karena mereka sering membuat kegaduhan dan kehebohan. Belum lagi, mereka juga merupakan sosok yang sangat berpengaruh dalam ceritanya sejauh ini. Wajar jika kemudian mereka banyak mendapatkan sorotan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.