Banyak yang memprediksi bahwa dunia dalam seri One Piece akan terguncang setelah semua yang terjadi di arc Wano selesai. Berbagai hal epik terjadi di Onigashima dan juga arc Wano, seperti pertarungan antara Luffy melawan makhluk paling kuat di dunia, yaitu Kaido. Sebelumnya pasti tidak akan ada yang menyangka jika sosok Kaido akan berhasil dikalahkan.

Namun, seperti yang diperlihatkan dalam ceritanya bahwa bukan hanya Luffy dan kelompok Topi Jerami yang ada di Wano dan terlibat dalam pertempuran di Onigashima. Kita juga melihat adanya Worst Generation lain yang bergabung di pertempuran tersebut, entah sebagai lawan atau pun sebagai kawan. Contohnya adalah Eustass Kid, Trafalgar Law, dan juga Scratchmen Apoo.

Meskipun ada motivasi yang berbeda-beda dari para Worst Generation ini, tetapi ada juga satu motivasi yang sama dari mereka yaitu menjadi raja bajak laut. Motivasi ini khususnya berlaku kepada Eustass Kid dan juga Monkey D. Luffy. Mereka berdua sudah menjadi sorotan banyak pihak sejak pertama kali bertemu di arc Sabaody. Lalu, seperti apa hubungan antara Kid dan Luffy?

Kawan Atau Lawan?

Sebenarnya, hubungan yang muncul antara Luffy dan Kid cukup kompleks. Seperti yang banyak disebutkan bahwa Luffy dan Kid memang dihadirkan untuk menjadi rival satu sama lain. Oda Sensei memang sengaja menghadirkan sosok karakter Kid sebagai pesaing dari Luffy dalam perlombaan untuk menuju pulau terakhir. Dan hal ini bisa kita lihat pasca pertemuan mereka di Sabaody.

Kid nampak ingin melaju terlebih dahulu menuju New World, yang mana memang dia berhasil lakukan. Namun, akibat terburu-buru pada akhirnya dia harus kehilangan lengannya karena dia masih belum terlalu kuat untuk menghadapi seorang Yonko. Dia pun sempat terlihat tidak senang dan iri melihat nilai buruan Luffy dan kru Topi Jerami yang baru pasca peristiwa Marineford.

Bisa kita simpulkan bahwa memang Kid berusaha untuk menyalip Luffy dan tetap unggul dari sang rival. Kid benar-benar menganggap Luffy sebagai saingannya untuk menjadi raja bajak laut dan pergi ke Laugh Tale. Luffy memiliki mimpi untuk menjadi raja bajak laut dan menjadi orang paling bebas di dunia. Hal ini sama dengan Kid yang ingin menjadi raja bajak laut, meskipun dengan cara yang sedikit lebih brutal dibanding Luffy.

Di arc Wano Country kemarin mereka “dipaksa” bersatu untuk menghadapi musuh bersama yaitu Kaido dan juga Big Mom. Mereka pun berada di satu aliansi yang sama. Pasca pertempuran tersebut selesai, mereka pun kemudian memutuskan untuk melanjutkan petualangan. Luffy, Kid, dan Law pergi ke arah yang berbeda. Dan dengan Kaido serta Big Mom yang sudah kalah akhirnya aliansi ini pun bubar.

Bukan Lagi Rival?

Dengan mereka yang sekarang sudah bukan lagi aliansi dan pergi ke arah yang berbeda-beda, keduanya harus kembali bersaing untuk menjadi yang terbaik pasca pertempuran di Onigashima. Meskipun begitu, Kid masih memiliki banyak pekerjaan rumah untuk bisa menyaingi sosok Luffy dalam hal kekuatan. Untuk masalah kekuatan, rasanya Kid memang berada di belakang Luffy.

Apa yang terjadi di pertempuran Onigashima kemarin bisa menjadi bukti perbedaan dari Kid dan Luffy. Contohnya adalah Luffy mampu bertarung sendirian dalam menghadapi Kaido, meskipun dia beberapa kali kalah dan tidak sadarkan diri. Tetapi, pada akhirnya, dia tetap menghadapi Kaido sendirian tanpa bantuan dan bahkan mampu memenangkan pertarungannya.

Di sisi lain, Kid saat harus berhadapan dengan Big Mom dan dia tidak sanggup untuk menghadapinya sendiri. Butuh bantuan dari Law untuk kemudian dia bisa menang menghadapi Big Mom. Jika tidak ada Law, mungkin Kid sudah tewas akibat Big Mom yang  mengamuk dan bertambah kuat. Ini tentunya bisa jadi masalah besar bagi Kid. Meskipun begitu ada satu hal yang kemudian berubah pasca arc Wano.

Persaingan atau rivalitas mereka berdua sedikit memudar setelah semuanya selesai. Hal ini bisa kita lihat bagaimana keduanya saling bertukar informasi. Bahkan, Kid memberikan informasi penting kepada Luffy dan Law tentang sosok penting menuju Laugh Tale dengan ciri-ciri seorang pria dan memiliki bekas luka bakar. Terlepas dari perbedaan kekuatan ini, tentunya akan sangat menarik melihat kembali persaingan diantara para Worst Generation, terutama antara Kid dan Luffy.

Bukan tidak mungkin jika suatu saat mereka akan saling bertarung demi memperebutkan gelar raja bajak laut. Apakah kemudian Kid yang akan lebih dahulu mencapai Laugh Tale? Atau justru Luffy yang akan menang? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.