She-Hulk: Attorney At Law baru saja menayangkan episode ketiganya yang penuh dengan cameo. Salah satunya yang cukup minor, tetapi masih tetap menarik dan tampaknya akan berdampak pada kisah She-Hulk selanjutnya, adalah kemunculan Wrecking Crew. Tim supervillain kelas teri dari Marvel Comics ini terlihat tiba-tiba muncul di dekat kediaman She-Hulk dan mencoba menyerangnya.

Meskipun She-Hulk menang dengan kekuatannya, tetapi dalam salah satu adegannya salah satu anggota Wrecking Crew bernama Thunderball terlihat mencoba menyuntikan sesuatu padanya. Untungnya upaya tersebut gagal, dan ketika mereka kabur, salah satu anggota Wrecking Crew lain, yaitu Wrecker, mengatakan “Sial! Bos pasti akan marah.” Dengan berakhirnya She-Hulk episode 3, sekarang yang jadi pertanyaan, siapa sebenarnya bos mereka? Sebelum membahasnya, mari selami terlebih dahulu sejarah Wrecking Crew di Marvel Comics.

Tim Supervillain Kelas Teri di Marvel Universe

Wrecking Crew adalah tim supervillain yang melakukan debutnya di komik The Defenders #17 (1974). Pendiri sekaligus anggota pertama tim kelas teri ini adalah Dirk/Wrecker, Eliot/Thunderball, Henry/Bulldozer, dan Brian/Piledriver. Kisah mereka bermula dari komik Thor #148-150 (1967), di mana Dirk secara tidak sengaja mendapatkan kekuatan sihir Asgard saat mencoba mencuri di kamar hotel yang tengah disewa oleh Loki. Tidak lama setelah itu, dengan kekuatan barunya dia mencoba menantang Thor, sebelum akhirnya sang God of Thunder berhasil mengalahkannya dan menjebloskannya ke penjara.

Setelah kekuatannya hilang dan dipenjara untuk waktu yang cukup lama, Dirk akhirnya berhasil kabur dari penjara bersama teman-teman satu selnya, yang tidak lain adalah para calon anggota Wrecking Crew. Di komik Thor #171 (1969), Dirk yang menyadari bahwa kekuatan lamanya tersimpan di senjata linggis miliknya, kemudian mentransfer kekuatan Asgard pada teman-temannya tersebut. Pada titik inilah Wrecking Crew lahir, di mana masing-masing anggota mempunyai seperempat kekuatan Asgard. Sejak saat itu mereka menjadi musuh bersama bagi para superhero Marvel.

Umumnya setiap tindak kejahatan para Wrecking Crew ini berhubungan dengan hancurnya fasilitas umum atau bangunan pribadi. Di mana mereka meminta tebusan uang kepada para korbannya jika tidak ingin bangunannya dihancurkan. Dalam sejarah Marvel, Wrecking Crew juga pernah bergabung dengan sejumlah tim supervillain lainnya, mulai dari Masters of Evil sampai pasukan kriminal Hood. Walapun begitu, setiap kali mereka beraksi, Dirk alias Wrecker sering bertindak sebagai pemimpin. Menariknya, berdasarkan episode terbaru serial She-Hulk, tampaknya Wrecking Crew mempunyai bos yang lebih tinggi lagi di MCU.

Siapa Bos Wrecking Crew di MCU?

Dengan berakhirnya She-Hulk episode 3 setelah para Wrecking Crew kabur, para penggemar sangat penasaran dengan identitas bos asli mereka. Apalagi mereka mempunyai kisah origin yang berbeda di MCU, di mana para Wrecking Crew mendapatkan senjatanya setelah mencuri peralatan milik pekerja bangunan Asgardian. Marvel Studios sendiri sampai saat ini masih belum mengungkapkan siapa sebenarnya bos mereka. Ada sejumlah kandidat yang berpotensi menjadi bos mereka, salah satunya mungkin adalah orang tua Runa, Light Elf dari New Asgard yang menyamar sebagai Megan Thee Stallion.

Pada saat persidangan Dennis Bukowski dan Runa, She-Hulk sempat menjadi saksi yang pada akhirnya memenangkan tuntutan Dennis pada Runa. Mungkin orang tua Runa yang kabarnya adalah seorang diplomat di New Asgard, menyuruh Wrecking Crew untuk menyerang She-Hulk sebagai bentuk balas dendam sekaligus mengambil sampel darahnya untuk tujuan misterius. Jika mengacu pada kisah komiknya, kandidat lainnya adalah Baron Zemo, pemimpin Masters of Evil. Zemo (Daniel Brühl) sendiri memang sudah sejak lama ada di MCU, di mana saat ini dia tengah ditahan di penjara RAFT.

Dengan kembalinya karakter Emil Blonksy/Abomination (Tim Roth), bukan tidak mungkin MCU juga akan membawa villain lama lainnya dari film The Incredible Hulk (2008). Yaitu The Leader yang kepalanya sempat terkena darah Hulk di credit scene filmnya. Di komik, dia adalah villain yang sangat cerdas dan sangat menginginkan kekuatan Hulk. Siapa pun bos Wrecking Crew dan apa pun motivasinya, yang jelas para penggemar sudah tidak sabar ingin segera melihat bagaimana She-Hulk menghadapi karakter misterius ini. Semoga saja jawabannya bisa kita temukan di She-Hulk episode selanjutnya pada Kamis mendatang.