Dalam cerita One Piece terdapat beberapa kekuatan besar dunia yang sangat berpengaruh. Salah satunya adalah Yonko atau yang biasa kita sebut dengan empat penguasa samudra. Yonko adalah bajak laut yang memiliki kekuatan sangat dahsyat, di mana level kekuatan mereka di atas rata-rata. Mereka menguasai wilayah New World dan tidak ada yang berani untuk mengusik mereka.

Masing-masing Yonko memiliki kerajaan, teritori, atau wilayah cakupannya sendiri. Dan teritori tersebut tidak boleh diganggu gugat, kecuali jika memang mereka ingin berperang. Pemerintah Dunia sendiri cenderung tidak peduli dengan wilayah yang menjadi teritori Yonko. Lalu, wilayah mana saja yang menjadi kekuasaan para Yonko?

Totto Land

Totto Land merupakan salah satu dari beberapa negara atau wilayah yang menjadi kekuasaan Yonko. Tempat ini merupakan hasil kreasi dari sosok yang tidak lain adalah Charlotte Linlin alias Big Mom. Karena kecintaannya kepada makanan, khususnya makanan manis, wilayah Totto Land dibangun dengan “desain” berbentuk makanan. Mulai dari kue tart sampai es krim.  Bahkan, hampir semua bangunan yang ada di wilayah ini terbuat dari makanan dan bisa dimakan.

Totto Land sendiri terdiri dari 36 pulau, yang mana masing-masing pulaunya dikuasai oleh sosok menteri. Sosok menteri tersebut adalah anak-anak dari Big Mom. Sang Yonko tidak akan pernah mau mempercayakan kepemimpinan wilayahnya kepada orang lain. Wilayah utama dari Totto Land sendiri disebut Whole Cake Island, dan dipimpin atau dikuasai oleh Big Mom. Namun, pasca kekalahanya di arc Wano, kemungkinan Totto Land akan menjadi kekuasaan Katakuri dan anak-anak Big Mom lainnya.

Pulau Beehive

Beehive Island atau pulau Beehive/Hachinosu adalah salah satu tempat yang ikonik bagi bajak laut di dunia One Piece. Ini adalah tempat atau wilayah yang terkenal sebagai awal mula dari permainan Davy Back fight dan juga merupakan tempat terbentuknya kru bajak laut Rocks. Hal ini bisa kita lihat dalam chapter 1049 kemarin, di mana kita melihat masa lalu dari Kaido. Dalam chapternya, Kaido sempat datang ke pulau ini sebelum bergabung dengan kelompok bajak laut Rocks.

Selain dari tempatnya yang menyimpan banyak peristiwa, pulau ini juga dianggap sebagai surganya para bajak laut. Karena tentunya semua yang berkaitan dengan bajak laut ada di pulau ini. Sayangnya, tidak terlalu banyak informasi yang Oda bagikan mengenai pulau Beehive. Setelah Rocks tidak lagi menjadi penguasa di wilayah tersebut, saat ini pulau Beehive berada di bawah kekuasaan Blackbeard. Dia bahkan menjadikan pulau ini sebagai markas utamanya. Yang menarik adalah Oda juga memberikan petunjuk bahwa mungkin ini menjadi pulau tempat Road Poneglyph keempat berada.

Pulau Manusia Ikan

Pulau manusia ikan atau pulau duyung tidak ada di atas permukaan air, melainkan di bawah air. Lokasinya berada di 10.000 meter di bawah permukaan laut, tepat di bawah Mary Geoise. Jika seorang bajak laut hendak pergi ke New Wold, maka salah satu jalan utama yang mereka harus melewati adalah pulau ini. Untuk pergi menuju pulau manusia ikan pun sangat sulit, karena mereka harus menyewa jasa khusus untuk melapisi kapal mereka agar tidak hancur oleh tekanan air.

Wilayah pulau manusia ikan dahulunya merupakan teritori yang menjadi kekuasaan dari Whitebeard. Namun, setelah Whitebeard tewas, Charlotte Linlin yang kemudian mengambil alih wilayah ini. Tetapi, semenjak kedatangan Luffy ke pulau ini, dan mengambil alih kekuasaan wilayah ini, sekarang Luffy menjadi sosok yang menjaga pulau tersebut. Luffy sendiri berteman baik dengan Shirahoshi, putri dari kerajaan Ryugu.

Negara Wano

Wanokuni atau negara Wano terletak di New World dan selama empat tahun terakhir menjadi fokus dalam cerita utama di serinya. Wano merupakan satu-satunya tempat yang terisolasi dari dunia luar, di mana sangat sulit untuk keluar atau pun masuk ke wilayah tersebut. Menurut Oden, hal ini merupakan perintah dari klan Kozuki yang terjadi berabad-abad lalu. Karena itulah, tidak ada kekuatan dari luar yang bisa mengintervensi wilayah Wano, termasuk Pemerintah Dunia.

Ketika Orochi muncul sebagai pemimpin baru Wano, dia kemudian beraliansi atau bekerja sama dengan Kaido. Dan secara tidak langsung, Wano dan Onigashima menjadi wilayah yang ada di bawah kekuasan Kaido. Namun, Luffy kemudian berhasil mengalah Kaido. Dan seperti yang kita lihat di chapter 1057 kemarin, Wano sekarang resmi menjadi wilayah kekuasaan Luffy dan kelompok Topi Jerami. Dia bahkan memberikan bendera kelompoknya kepada Momonosuke, yang merupakan Shogun baru negara tersebut.

Ada Wilayah Lainnya?

Satu hal yang menarik adalah sampai saat ini kita masih belum mengetahui wilayah mana yang menjadi kekuasaan dari sosok Shanks si Rambut Merah. Shanks adalah satu-satunya Yonko yang sampai saat ini tidak diketahui apakah dia memiliki wilayah kekuasaan seperti halnya para Yonko lainnya. Di sisi lain, rasanya cukup masuk akal jika kemudian Shanks tidak memiliki wilayah kekuasaan.

Hal ini karena Shanks terkenal sebagai bajak laut yang berkelana ke berbagai penjuru lautan dan tidak pernah menetap di satu wilayah. Meskipun begitu, ada satu pulau yang banyak dispekulasikan berada di bawah perlindungan Shanks. Pulau tersebut tidak lain adalah Elbaf. Terdapat sebuah teori yang menyebutkan bahwa Shanks begitu dihormati di pulau tersebut dan dianggap sosok penting.

Apakah artinya level kekuatan Shanks jauh di atas para raksasa? Bisa jadi. Ada juga spekulasi lainnya di mana Shanks merupakan penjaga dari pulau terakhir, yaitu Laugh Tale. Dia menunggu sosok yang tepat untuk meneruskan tekad dari sang kapten. Yang pasti, Oda Sensei perlu mengungkapkan informasi lebih detail mengenai Shanks terutama apakah dia memang memiliki wilayah kekuasaan.

Dengan kekuasaan yang besar serta pengaruh yang luar biasa, para Yonko memang berhak melakukan apa pun yang mereka inginkan. Mereka bahkan berhak menguasai sebuah wilayah dan menganggapnya sebagai teritori mereka. Hal inilah yang membuat pihak Pemerintah Dunia pun tidak mau berurusan dengan para Yonko karena memang kekuatan mereka yang luar biasa.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.