House of the Dragon adalah serial terbaru HBO yang proses pembuatannya telah melibatkan banyak sekali kru dan jajaran pemeran berbakat. Salah satunya adalah Miguel Sapochnik yang sebelumnya sempat menjadi sutradara di Game of Thrones. Di serial prekuel ini, dia kembali bertindak sebagai showrunner yang menggarap sejumlah episodenya. Termasuk episode perdana ‘The Heirs of the Dragon‘ yang telah berhasil memecahkan rekor penayangan di saluran streaming HBO.

Di House of the Dragon sendiri Sapochnik telah bekerja sama dengan pencipta serialnya, George R.R. Martin dan Ryan Condal, selama kurang lebih dua tahun. Waktu yang cukup lama tersebut mereka pakai untuk mengembangkan sekaligus memproduksi serialnya sampai akhirnya menjadi seperti sekarang. Di mana House of the Dragon telah menayangkan dua episode perdananya dan berhasil kembali menarik perhatian penggemar yang ingin menyelami kisah Dance of the Dragon alias perang saudara Targaryen.

Sapochnik Memutuskan Hengkang dari House of the Dragon

Sutradara Hengkang, Begini Nasib House of the Dragon!, Greenscene

Sayangnya, setelah menghabiskan waktu bersama para kreator, baru-baru ini Sapochnik mengumumkan bahwa dia telah keluar dari serial House of the Dragon. Berita ini pertama kali disampaikan oleh The Hollywood Reporter, yang juga mengungkapkan bahwa serialnya telah menemukan veteran GOT lain, yaitu Alan Taylor, untuk menggantikan Sapochnik sebagai sutradara season selanjutnya. Simak penuturan lengkap Sapochnik di bawah ini:

“Mengerjakan Thrones universe selama beberapa tahun terakhir telah menjadi suatu kebanggaan dan keistimewaan bagi saya. Khususnya untuk dua tahun terakhir bersama para pemeran dan kru yang luar biasa dari House of the Dragon. Saya sangat senang dengan pencapaian season 1 dan juga reaksi menyenangkan dari para penonton. Meskipun sulit untuk memutuskan pergi, tetapi saya tahu ini adalah keputusan yang tepat untukku. Namun, saat saya melakukannya, saya juga sangat terhibur setelah mengetahui bahwa Alan akan bergabung. Saya berharap Ryan [Condal] dan timnya selalu sukses, begitu juga dengan season 2 dan seterusnya”

HBO sendiri belum lama ini memang sempat mengumumkan bahwa serial House of the Dragon akan terus berlanjut dengan season kedua. Meskipun kepergian Sapochnik cukup berat, tetapi masuknya Alan Taylor telah menjadi angin segar bagi para penggemar. Karena Taylor juga merupakan sutradara veteran Game of Thrones, sama seperti Sapochnik. Jadi, walaupun Sapochnik hengkang, tetapi musim keduanya tetap akan berjalan dengan sutradara baru. Sebelum melihat karyanya di season 2 nanti, saat ini kita bisa menyaksikan terlebih dahulu serial House of the Dragon season 1 yang tengah tayang di saluran steraming HBO.