Saat ini House of the Dragon adalah salah satu serial fantasi yang tengah hit di seluruh dunia. Serial prekuel Game of Thrones ini berfokus pada kisah perang saudara Targaryen yang terjadi sekitar 172 tahun sebelum Daenerys Targaryen lahir. Dikenal dengan sebutan Dance of the Dragon, pertempuran berdarah ini melibatkan sejumlah pengendara naga Targaryen dan para naganya. Itulah mengapa serial ini berpotensi untuk lebih populer dari Game of Thrones, karena menampilkan lebih banyak naga dari sebelumnya.

Berdasarkan informasi resmi sebelumnya, terungkap bahwa setidaknya House of the Dragon season 1 ini akan memperkenalkan 9 dari 17 naga di keseluruhan serialnya. Beberapa hari yang lalu, dengan dua episode perdana yang telah rilis kita bisa melihat betapa sangarnya penampilan naga Caraxes milik Daemon dan Syrax milik Rhaenyra. Perbedaan fisiologi dari kedua naga ini secara tidak langsung memicu rasa penasaran penggemar terkait jenis-jenis naga di House of the Dragon. Berikut ini kami akan bahas secara spesial untuk kalian jenis naga apa saja yang ada di mitologi semestanya.

Basic Dragon

Sama seperti penjelasan di mitologi lain, naga yang muncul di novel ciptaan George R.R. Martin juga merupakan makhluk reptil ajaib yang bisa terbang dan juga menyemburkan api. Mereka berasal dari telur naga yang tersebar di benua Westeros dan Essos. Di mana keluarga Targaryen yang menduduki Westeros mempunyai penyimpanan telur dari induk-induk naga spesial milik para leluhur mereka. Setidaknya itu yang terjadi di serial House of the Dragonsebelum naga punah dan baru muncul kembali ratusan tahun kemudian di Game of Thrones. Itupun hanya tiga ekor, yaitu Drogon, Rhaegal, dan Viserion.

Untuk kasus Syrax dan juga Caraxes, alasan mengapa bentuk dan warna mereka berbeda hanyalah karena induk mereka juga memang mempunyai tubuh seperti itu. Selebihnya mereka masih termasuk jenis naga umum yang sama seperti Drogon dan sebagainya. Di mana naga-naga jenis ini mempunyai empat lengan, yaitu dua sayap di bagian depan dan dua kaki biasa di belakang. Selain warna dan bentuk tubuh yang berbeda, naga seperti ini juga mempunyai ukuran yang beragam, dari mulai sebesar kucing sampai yang terbesar adalah Balerion, naga milik Aegon the Conqueror yang panjangnya mencapai 70 meter.

Ice Dragon

Selain naga umum yang eksis di serial House of the Dragon, mitologi ciptaan George R.R. Martin juga mempunyai dua jenis naga lainnya. Sayangnya, mereka hanya sebatas legenda karena sama sekali tidak pernah terlihat sejak Aegon memulai penaklukannya di Westeros. Namun, leluhur Targaryen yaitu bangsa Valyria sudah tidak asing dengan jenis-jenis naga legendaris ini. Jenis naga legenda yang pertama adalah ice dragon alias naga es yang mempunyai habitat di Shivering Sea. Ukuran para naga es jauh lebih besar dari naga-naga Targaryen dan tubuh mereka juga sepenuhnya terlihat seperti gunung es.

Karena hawa dingin di dalam tubuh mereka, naga es terkenal bisa mengeluarkan napas es yang sangat mematikan. Mereka mempunyai mata berwarna biru pucat dan juga sayap yang transparan. Kemudian kulit, cakar, dan gigi mereka juga konon sedingin es. Hal inilah yang sepertinya membuat bangsa Valyria tidak pernah bisa menjinakannya. Menjelang ending Game of ThronesNight King berhasil mengubah Viserion yang awalnya naga biasa menjadi naga es yang dapat menyemburkan napas es. Kekuatannya terlihat ketika napas Viserion versi zombie ini mampu meruntuhkan The Wall dengan mudah.

Sea Dragon

Sea dragon atau naga laut adalah jenis naga legendaris kedua yang bahkan jauh lebih langka dari naga es. Meskipun umumnya para maesters mempertanyakan eksistensi naga jenis ini, tetapi sebagian dari mereka juga meyakini bahwa naga laut masih hidup di pedalaman Sunset Sea. Alasan mengapa mereka tidak pernah terlihat selama ribuan tahun adalah karena tidak banyak yang selamat setelah melihat mereka muncul di permukaan laut. Dengan kata lain, siapa pun yang pernah melihat naga laut pasti akan mati, entah sebagai makanan naga atau tenggelam karena perahu mereka hancur di tengah lautan.

Seperti yang bisa kita lihat pada ilustrasi di atas, Nagga adalah satu-satunya naga laut yang tercatat dalam buku sejarah Westeros. Konon dia adalah naga laut pertama yang hobinya memakan monster laut lain, seperti kraken dan leviathan. Panjang tubuhnya dapat mencapai puluhan bahkan ratusan meter, dengan kulit yang sangat keras serta fisiologi yang mirip seperti belut listrik. Menurut legenda Ironborn, naga laut betina ini mati di tangan Grey King, di mana tulang rusuknya dipakai untuk membangun Grey King’s Hall di Iron Islands, Westeros.

Itulah pembahasan mengenai jenis-jenis naga di mitologi ciptaan George R.R. Martin, termasuk di House of the Dragon dan juga Game of Thrones. Kemunculan para naga ini secara tidak langsung telah membangun mitologi di semestanya menjadi lebih menarik untuk kita ikuti. Apalagi di House of the Dragon yang tidak lama lagi akan memperlihatkan pertempuran antara penunggang naga Targaryen dan juga para naganya. Dari para naga terbaru seperti Syrax dan Caraxes, atau bahkan Drogon, kira-kira mana jagoan kalian? Jangan lewatkan kemunculan naga lainnya di House of the Dragon episode mendatang.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.