Guy Gardner

Dari Marvel Universe, sekarang kita beralih ke DC Universe mulai dengan karakter Guy Gardner, salah satu anggota Green Lantern Corps yang juga sempat bergabung dengan Justice League. Terlepas dari semua perbuatan baiknya sebagai superhero, sejak awal Guy memang terkenal sebagai sosok yang sombong. Suatu hari, dia pernah menantang Hal Jordan alias Green Lantern pertama di Justice League, untuk membuktikan bahwa hanya dialah yang layak menjadi Green Lantern Bumi. Dalam prosesnya, Guy ternyata kalah, sehingga dia harus menerima ketika semua kekuatan Green Lantern-nya dicabut.

Hal Jordan

Meskipun Hal mempunyai karakteristik yang lebih baik dari Guy, bukan berarti dia tidak luput dari masalah yang akhirnya menghilangkan semua kekuatan supernya. Pada kenyataannya di kisah Final Crisis, Hal Jordan pernah diceritakan tiba-tiba terbangun sambil dikelilingi oleh para Alpha Lanterns. Mereka menuduh Hal telah melakukan kejahatan yang sama sekali tidak pernah dia lakukan. Sebagai hukumannya, para Alpha Lanterns kemudian mencabut statusnya sebagai seorang Green Lantern. Di mana hal ini langsung membuat semua kekuatan super Hal menghilang.

Batgirl

Batgirl versi Barbara Gordon ini sejak awal memang tidak mempunyai kemampuan super seperti superhero lain. Walaupun begitu, sama seperti Batman, dia telah berhasil membuktikan kelayakannya untuk bisa bersanding dengan para manusia super lain, melalui kecerdasan dan juga keahliannya dalam bertarung. Sayangnya, statusnya sebagai Batgirl ternyata tidak bertahan lama, karena suatu malam dia pernah ditembak oleh Joker sampai akhirnya lumpuh. Tragedi ini pada akhirnya membuat dia hanya bisa aktif di balik layar, untuk membantu Batman sebagai Oracle.

Wonder Woman

Dari sekian banyak superhero wanita di komik Amerika, mungkin Wonder Woman adalah yang paling terkenal di kalangan penggemar. Dia adalah penjuang Themyscira sekaligus anak dari Dewa Yunani Zeuz, yang mampu mengimbangi kekuatan superhero pria seperti Superman. Menariknya, pada tahun 70-an, sebagai upaya untuk memanfaatkan gerakan feminis dalam memperjuangkan hak-hak wanita, DC pernah dengan sengaja mengubah kekuatan Wonder Woman. Di mana dia menjadi manusia biasa bernama Diana Prince yang sama sekali tidak mempunyai kekuatan super dan bekerja sebagai agen rahasia.

Superman

Dari dahulu hingga sekarang, Superman adalah salah satu superhero yang terkenal di seluruh dunia. Kekuatan supernya memungkinkan dia melakukan banyak hal yang tidak bisa dilakukan oleh superhero lain. Termasuk membunuh supervillain ‘mahakuasa’ bernama Mister Mxyzptlk di kisah ‘Whatever Happened To The Man Of Tomorrow?’. Karena merasa bersalah, dia akhirnya memutuskan untuk menyentuh Gold Kryptonite yang dapat menghilangkan semua kemampuan super kryptonian. Terlahir sebagai sosok baru, dia lantas mulai menjalani kehidupannya sebagai seorang orang biasa.

Itulah sepuluh superhero dari DC dan Marvel yang pernah kehilangan kemampuan supernya. Terlepas dari sengaja atau tidak, tetapi perubahan mereka menjadi sosok yang tidak mempunyai kekuatan, secara tidak langsung telah membuktikan bahwa seorang superhero memang seharusnya mempunyai kemampuan super. Karena jika tidak, mereka tidak lebih dari sekadar manusia biasa yang seharusnya tidak ikut campur dalam urusan superhero. Memang ada beberapa orang luar biasa yang berhasil membatalkan fakta tersebut, tetapi tidak dengan para superhero di daftar ini.

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.