Injustice League

Pada tahun 1989, DC pernah memperkenalkan tim supervillain Injustice League di komik Justice League International #23. Yang terdiri dari para villain, seperti Cluemaster, Major Disaster, Clock King, Big Sir, Multi-Man, dan Mighty Bruce. Namun, karena pada saat itu kemunculannya kurang begitu berkesan, DC akhirnya kembali menghadirkan Injustice League di komik Silver Age: The Showcase #1 (2000) dengan komposisi anggota yang lebih kuat. Mereka adalah Lex Luthor, Black Manta, Bizarro, dan Joker. Sejak saat itu tim ini menjadi jauh lebih efektif karena sempat berhasil menggantikan posisi Justice League di muka Bumi.

Injustice Syndicate

Satu lagi versi alternatif Justice League yang muncul di serial animasi adalah Injustice Syndicate. Tim yang terdiri dari orang jahat, seperti Owlman (Batman), Blue Bowman (Green Arrow), Scarlet Scarab (Blue Beetle), dan Silver Cyclone (Red Tornado) ini pertama kali muncul di tayangan Batman: The Brave and the Bold (2009). Kisah mereka bermula saat Batman dari universe utama tidak sengaja masuk ke universe lain dan bertemu dengan para Injustice Syndicate. Setelah mengetahui rencana mereka yang ingin menghancurkan universe lain, mau tidak mau Batman harus mencoba meringkus mereka dengan segenap kemampuannya.

The Joker League

Ketika Joker berhasil mencuri kekuatan Mister Mxyzptlk di komik Superman: Emperor Joker (2007), dia langsung menggunakan kekuatan barunya untuk mengubah realitas sesuai dengan keinginannya. Di realitas baru ini dia lantas mendirikan versi jahat Justice League yang dia beri nama The Joker League of Anarchy yang terdiri dari para supervillain. Seperti Bizarro, Poison Ivy, bersama para villain baru bernama Gilly, Scorch, Ignition, Skism, dan Bounty. Sebagai anak buah Joker, satu-satunya tujuan The Joker League adalah menciptakan kekacauan dan kehancuran di mana pun mereka berada.

Injustice

Berbeda dengan versi komiknya, Injustice League muncul di vidoe game Injustice: Gods Among Us ini terdiri dari para superhero utama. Di mana moral mereka menjadi kacau setelah Superman mengambil alih dunia dengan cara paksa. Semuanya bermula dari Joker yang berhasil menipu Superman untuk membunuh Lois Lane. Sejak saat itu Superman berubah menjadi sosok yang tak kenal ampun ketika berhadapan dengan musuh-musuhnya, termasuk Batman yang tidak setuju dengan cara pandangnya. Adapun anggota Injustice League versi game ini terdiri dari Superman, Wonder Woman, Hawkgirl, Cyborg, Killer Frost, Black Adam, Solomon Grundy, Doomsday, dan masih banyak lagi.

Crime Syndicate

Setelah peristiwa Crisis on Infinite Earths, Crime Syndicate adalah versi jahat Justice League yang pertama kali bangkit untuk menciptakan kekacauan di universe sendiri, yaitu Earth-3. Alasan mengapa mereka bisa mencapai tujuannya adalah karena Earth-3 merupakan dunia alternatif di mana kejahatan selalu menang. Menariknya, Crime Syndicate ini terdiri dari versi terbalik para superhero di universe utama. Seperti Ultraman (Superman), Owlman (Batman), Johnny Quick (Flash), Superwoman (Supergirl), Power Ring (Green Lantern), dan masih banyak lagi.

Itulah sepuluh versi jahat Justice League yang pernah muncul di berbagai media DC, yang terbentang dari komik, animasi, sampai video game. Kehadiran dari berbagai tim supervillain ini membuktikan bahwa tidak semuanya yang berbasis Justice League mempunyai moral yang sama baiknya seperti para superhero di semesta utama. Pada kenyataannya mereka justru malah berbuat sebaliknya, yaitu menciptakan kekacauan dan kehancuran di mana pun mereka menginjakan kakinya, di semestanya sendiri maupun ketika mereka tiba di universe utama.

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.