Seperti yang kita tahu, Justice League adalah tim superhero terbaik DC yang tujuan utamanya adalah melindungi Bumi beserta semua isinya. Sayangnya, tujuan tersebut tidak berlaku untuk semua versi alternatif Justice League yang tersebar di multiverse. Karena pada kenyatannya, di beberapa universe alternatif justru para anggota Justice League-nya adalah simbol kejahatan dan kekacauan. Di mana ketika mereka bergabung sebagai tim, maka sudah tidak ada lagi yang bisa menyelamatkan Buminya. Dari mulai versi jahat yang tidak menyeramkan, sampai yang moralnya terlampau keji, berikut ini sepuluh versi jahat Justice League yang pernah DC ceritakan!

Super Enemies

Meskipun secara penampilan para anggota Super Enemies tidak begitu menyeramkan, tetapi mereka adalah versi Justice League yang terbilang sangat jahat. Muncul pertama kali di serial animasi Superfriends (1979), kemunculan mereka bermula dari Superman yang secara tidak sengaja mengunjungi sebuah universe alternatif, di mana Justice League-nya terdiri dari para orang jahat. Seperti versi jahat Superman, Batman, Wonder Woman, Robin, Aquaman, Zan, Jayna, dan Gleek. Yang lebih mengerikannya lagi, umumnya mereka semua mempunyai pistol kryptonite yang dapat membuat Superman kewalahan.

Justice League of Assassins

Justice League of Assassins adalah versi alternatif Justice League yang berbasis di dunia pasca kiamat, yaitu Earth-14. Bedanya dengan Justice League asli, Superman dari Earth-14 ini terlihat seperti memimpin pasukan bersenjata. Tim ini terdiri dari Superman, Wonder Woman, Aquaman, Flash, Batman, Harley Quinn, dan Green Lantern, yang kekuatan supernya berasal dari senjata serta perlengkapan canggih. Perbedaan lainnya terletak pada moral mereka yang bersedia membunuh siapa pun demi mencapai tujuannya.

The Conglomerate

The Conglomerate adalah versi jahat Justice League International yang pertama kali muncul di komik Justice League Quarterly #8 (1992). Kemunculan mereka bermula dari para konglomerat yang mencoba mendirikan tim super dengan para manusia super dari universe alternatif. Tim ini terdiri dari Deadeye (Green Arrow), Fiero (Fire), Frostbite (Ice), Elasti-Man (Elongated Man), Element Man (Metamorpho), Scarab (Blue Beetle), dan Slipstream (Flash). Awalnya mereka menantang Justice League untuk sebuah kompetisi persahabatan. Namun, pada akhirnya kompetisi tersebut berubah menjadi pertempuran yang brutal.

Squadron Sinister

Pada tahun 1969, Marvel Comics pernah memperkenalkan Justice League versi mereka sendiri di komik The Avengers #69, yaitu Squadron Sinister. Bedanya, karena di Marvel Universe sudah ada tim superhero Avengers, maka Squadron Sinister hadir sebagai tim supervillain yang anggota dan juga kekuatannya mirip seperti para superhero DC. Termasuk Doctor Spectrum (Green Lantern), Hyperion (Superman), Nighthawk (Batman), dan Whizzer (Flash). Setelah sempat beberapa kali muncul sebagai ancaman multiverse, mereka juga bahkan pernah mencoba menguasai Battleworld di komik Secret Wars (2015).

The Justice Lords

Muncul pertama kali di serial animasi Justice League, Justice Lords adalah tim supervillain yang berasal dari universe alternatif. Kemunculan mereka di semestanya bermula dari kematian Flash oleh Lex Luthor yang pada saat itu telah berhasil menjadi presiden. Tragedi tersebut lantas membuat Superman membunuh Lex dan akhirnya mengambil alih pemerintahan dunia bersama para anggota Justice Lords. Tujuan mereka di universe utama adalah ingin membuat Justice League Bumi mengambil jalan yang sama seperti Justice Lords.

1
2